Rikako Ikee Raih Gelar Most Valuable Player Asian Games 2018

Rikako memboyong enam medali emas di cabang renang

Jakarta, IDN Times - Dewan Olimpiade Asia (OCA) memberikan gelar Most Valuable Player kepada satu atlet terpilih dan berprestasi luar biasa selama penyelenggaraan Asian Games 2018. OCA kemudian memilih Rikako Ikee atlet renang asal Jepang sebagai Most Valuable Player Asian Games 2018. Penghargaan itu diberikan di ruang konferensi pers utama Asian Games 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Terpilihnya Rikako sebagai MVP bukan tanpa alasan, karena atlet yang masih berusia 18 tahun itu berhasil memboyong enam medali emas di kategori individu, termasuk 100 meter gaya kupu-kupu dan 4X100 meter gaya bebas. 

Lalu, apa komentar Rikako usai ia meraih penghargaan tersebut?

“Terima kasih banyak, saya sangat senang dan terkejut mendapatkan penghargaan ini,” kata Rikako usai menerima penghargaan dari OCA pada Minggu (2/9). 

Lalu, berapa hadiah yang ia terima karena terpilih menjadi MVP?

 

 

1. Atlet perempuan pertama yang memenangkan MVP

Rikako Ikee Raih Gelar Most Valuable Player Asian Games 2018(Rikako Ikee ketika menerima hadiah sebagai Most Valuable Player) IDN Times/Margith Juwita Damanik

Ikee Rikako menjadi atlet perempuan pertama yang memenangkan penghargaan Most Valuable Player (MVP) sepanjang sejarah Asian Games. Atlet renang asal Jepang ini menorehkan prestasi membanggakan dan mengumpulkan medali emas terbanyak. 

Rikako semula sudah kembali ke Jepang. Akhirnya atlet perempuan keren satu ini kembali terbang menuju Jakarta untuk menerima penghargaan Most Valuable Player dalam Asian Games 2018.

2. Menerima trofi dan hadiah uang

Rikako Ikee Raih Gelar Most Valuable Player Asian Games 2018Perenang Jepang Rikako Ikee melambaikan tangan usai menjadi pemenang final 50 meter Gaya Bebas Putri Asian Games ke-18 Tahun 2018) ANTARA FOTO/INASGOC/M Risyal

Presiden OCA, Sheikh Ahmad Al-Fahad Al Sabah menunjuk Raja Randhir Singh untuk menjadi ketua komite pemilihan MVP Asian Games 2018. Rikako menerima beberapa hadiah usai memenangkan MVP Asian Games 2018.

Rikako menerima trofi penghargaan dan juga hadiah uang sebesar US$ 50.000 (setara 733juta). Ia juga menerima kumpulan pin dari penyelenggaraan Asian Games sejak Asian Games pertama hingga Asian Games 2018. Usai menerima hadiah itu, Rikako melempar senyum merekah. Ia seolah tidak percaya bisa terpilih menjadi MVP Asian Games 2018. 

 

3. Kali ke-6 MVP diadakan di Asian Games 2018

Rikako Ikee Raih Gelar Most Valuable Player Asian Games 2018(Perenang Jepang Rikako Ikee) ANTARA FOTO/INASGOC/M Risyal

Tahun ini merupakan kali ke-6 tradisi MVP Asian Games diadakan. Pertama kali gelar MVP diberikan saat Asian Games 1998 diadakan di Bangkok. Nama atlet-atlet ternama seperti Lin Dan dan Park Tae-hwan pernah menerima gelar tersebut.

Nama pemenang MVP sejak tahun 1998 berturut-turut ialah: Koji Itu (Renang, Jepang) pada Asian Games di Bangkok 1998, Kosuke Kitajima (Renang, Jepang) pada Asian Games Busan 2002, Park Tae-hwan (Renang, Korea) pada Asian Games Doha 2006, Lin Dan (Bulutangkis, China) pada Asian Games Guangzhou 2010, dan Kosuke Hagino (Renang, Jepang) pada Asian Games Incheon 2014.

Baca Juga: Mau Datang ke Penutupan Asian Games 2018, Baca 3 Hal Penting Ini Dulu!

Topik:

Berita Terkini Lainnya