Rinov/Pitha Babak Belur Melawan Siwei/Yaqiong di WTF 2022

Asa menuju semifinal untuk Rinov/Pitha masih terbuka

Jakarta, IDN Times - Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menelan kekalahan di hari kedua babak penyisihan Grup A BWF World Tour Finals 2022. Bersua pasangan China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong, mereka babak belur.

Walau sempat memberikan perlawanan saat set kedua, Rinov/Pitha akhirnya menyerah dari Siwei/Yaqiong 9-21, 20-22 dalam duel yang digelar di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand, Kamis (8/12/2022).

Meski menelan kekalahan, asa Rinov/Pitha menembus semifinal masih terjaga. Sebab, mereka masih punyua modal satu kemenangan yang sudah diraih dalam laga sebelumnya.

1. Rinov/Pitha tak berdaya di gim pertama

Rinov/Pitha Babak Belur Melawan Siwei/Yaqiong di WTF 2022Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di Denmark Open 2022 (Twitter.com/INABadminton)

Rinov/Pitha tak berkutik menghadapi Siwei/Yaqiong di babak pertama. Serangan-serangan lawan yang mengacak-acak pertahanan ganda campuran tanah air, membuahkan angka bagi pasangan China dalam gim ini.

Rinov/Pitha tertinggal 8-11 di interval gim pertama. Setelah jeda turun minum, Rinov/Pitha hanya mampu menambah satu angka sebelum gim poin membuat keduanya tertinggal 9-20.

Babak belur diserang dari depan dan belakang oleh Siwei/Yaqiong, pasangan Rinov/Pitha keok 9-21 di gim pertama.

Baca Juga: Hasil BWF World Tour Finals 2022: Apriyani/Fadia Kalah di Laga Kedua

2. Berusaha melawan, Rinov/Pitha tumbang di gim kedua

Rinov/Pitha Babak Belur Melawan Siwei/Yaqiong di WTF 2022Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di Kejuaraan Dunia 2022 (dok. PP PBSI)

Rinov/Pitha meladeni serangan Siwei/Yaqiong dengan lebih baik di gim kedua. Pitha beradu permaiann depan net dengan Yaqiong dan sukses menciptakan beberapa angka krusial.

Rinov/Pitha kembali tertinggal 8-11 di interval game kedua. Usai jeda turun minum, pasangan Indonesia ini lebih fokus ke pertahanan. Hingga akhirnya, Rinov/Pitha mampu menyamakan kedudukan jadi 13-13.

Sempat berusaha melawan, Rinov/Pitha kembali tertinggal 16-20. Namun, peletakan bola apik dari Rinov/Pitha membuat keduanya sukses mengejar hingga deuce 20-20.

Ada di momen-momen kritis, pengalaman jadi penentu. Bermain lebih tenang, Siwei/Yaqiong kunci dua angka dan mencatat kemenangan. Rinov/Pitha menelan kekalahan dengan skor 20-22 di game kedua.

3. Masih punya peluang lolos ke semifinal

Rinov/Pitha Babak Belur Melawan Siwei/Yaqiong di WTF 2022Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di Kejuaraan Dunia 2022 (dok. PP PBSI)

Pertandingan ini merupakan kali kedua Rinov/Pitha bertemu dengan Siwei/Yaqiong. Juga menjadi kekalahan kedua beruntun bagi Rinov/Pitha berduel dengan Siwei/Yaqiong.

Meski menelan kekalahan hari ini, peluang Rinov/Pitha ke semifinal masih terbuka. Ini karena Rinov/Pitha sudah mengunci kemenangan melawan pasangan Malaysia, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (21-12, 21-15) kemarin.

Di hari ketiga, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari akan berduel melawan pasangan Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue di laga terakhir babak penyisihan Piala Dunia.

Baca Juga: Rinov/Pitha Amankan Kemenangan Pertama di World Tour Finals

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya