SEA Games 2019 Selesai, Sampai Jumpa di Vietnam 2021!

Thank you, Philippines!

Jakarta, IDN Times - Gelaran SEA Games 2019 Filipina mencapai hari terakhir. Rabu (11/12) kemarin, SEA Games 2019 resmi ditutup di Manila, Filipina. Bendera SEA Games resmi dipindahtangankan ke tuan rumah yang baru, Vietnam.

Penutupan SEA Games 2019 juga diisi dengan pemberian penghargaan kepada Fairplay Athlete, Roger Casugay.

1. Gemerlap kembang api meriahkan penutupan

SEA Games 2019 Selesai, Sampai Jumpa di Vietnam 2021!Penyerahan bendera SEA Games kepada tuan rumah SEA Games 2021 (Twitter.com/BadmintonTalk)

Gemerlap kembang api dengan parade drone yang membentuk berbagai macam pola memeriahkan penutupan SEA Games 2019. Acara digelar di Stadion New Clark City, Capas, Tarlac, Filipina.

Band Black Eyed Peas menjadi bintang utama dalam acara penutup. Warga Filipina berbangga, karena tak hanya mengakhiri peran sebagai tuan rumah dengan baik, Filipina kembali menjadi juara umum dengan capaian 149 medali emas, 117 medali perak, dan 121 medali perunggu.

Gelar serupa terakhir diraih Filipina pada SEA Games 2005 lalu.

Baca Juga: Inilah Roger Casugay, Peselancar Filipina Penyelamat Atlet Indonesia

2. Atlet selancar Filipina dapat penghargaan khusus

SEA Games 2019 Selesai, Sampai Jumpa di Vietnam 2021!Roger Casugay tercatat sebagai salah satu altet selancar berprestasi dari Filipina (Instagram.com/roger_casugay)

Atlet selancar angin asal Filipina, Roger Casugay menerima penghargaan khusus di malam penutupan gelaran SEA Games 2019 Filipina hari ini (11/12). Roger diberi penghargaan sebagai Fairplay Athlete.

Pada gelaran SEA Games 2019 Filipina, Roger melakukan aksi heroik dengan menyelamatkan nyawa atlet Indonesia. Dia merelakan medali emas yang sangat mungkin dengan mudah diraihnya demi menyelamatkan nyawa atlet lain.

Kala itu, atlet selancar angin Indonesia Arip Nurhidayat diketahui terlepas dari papan selancarnya dan hampir hanyut tergulung ombak.

3. Penyerahan bendera SEA Games ke Vietnam sebagai tuan rumah

SEA Games 2019 Selesai, Sampai Jumpa di Vietnam 2021!Vietnam akan menjadi tuan rumah SEA Games 2021 (Twitter.com/BadmintonTalk)

Pada acara penutupan dilakukan juga serah terima bendera SEA Games kepada tuan rumah SEA Games 2021 mendatang. Hanoi, Vietnam dipilih menjadi tuan rumah gelaran olahraga terbesar se-alAsia Tenggara tersebut.

Dilansir dari Antara, acara penutupan, juga diisi dengan menyanyikan lagu kebangsaan Vietnam. Ada pula hiburan dari tari tradisional asal Vietnam, dan dihibur dengan lagu yang berlirik "Welcome to Vietnam".

Dalam catatan penyelenggaraan SEA Games, Vietnam pernah sekali menjadi tuan rumah, pada 2003 yang dipusatkan di dua kota, yakni Ibu Kota Hanoi dan Kota Ho Chi Minh.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini
http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Hasil Akhir Perolehan Medali SEA Games 2019

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya