Comscore Tracker

Sederet Fakta Menarik Medali Olimpiade Tokyo 2020

Medali Olimpiade berbahan dasar barang elektronik bekas

Jakarta, IDN Times - Terhitung enam hari dari hari ini, gelaran Olimpiade Tokyo 2020 akan dimulai. Perhelatan olahraga akbar dunia ini akan digelar mulai 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Meraih medali di ajang olimpiade adalah impian seluruh atlet yang berpartisipasi. Medali emas, perak, dan perunggu yang akan diberikan kepada para atlet tidak hanya bernilai tinggi bagi atlet, namun jadi kesempatan Jepang untuk menunjukkan budaya dan pesonanya pada dunia.

Berikut deretan fakta menarik dari medali Olimpiade Tokyo 2020:

Baca Juga: Jadwal Lengkap Cabor Sepak Bola di Olimpiade Tokyo 2020

1. Berbahan dasar barang elektronik bekas milik orang Jepang

Sederet Fakta Menarik Medali Olimpiade Tokyo 2020Warga dengan msaker pelindung menjaga dari penularan virus COVID-19, mengantre berjarak untuk menyaksikan api Olimpiade saat tur Reli Api Olimpiade Tokyo 2020 di Fukushima, Jepang, Selasa (24/3/2020). ANTARA FOTO/Kyodo via REUTERS

Melansir dari laman resmi Olimpiade, untuk menghasilkan medali berharga ini, panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 mengadakan "Tokyo 2020 Medal Poject".

Panitia mengumpulkan perangkat elektronik kecil seperti ponsel bekas dari seluruh Jepang. Ini jadi kali pertama dalam sejarah Olimpiade dan Paralimpiade pembuatan medali melibatkan warga dengan menggunakan logam daur ulang.

Kisaran lima ribu medali dihasilkan dari perangkat elektronik yang disumbangkan warga Jepang. Upaya ini dilakukan sebagai wujud Jepang memberi kontribusi pada masyarakat yang ramah lingkungan untuk jadi warisan dari Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga: Perang Bintang di Olimpiade Tokyo 2020

2. Desain medali diraih dari sayembara

Sederet Fakta Menarik Medali Olimpiade Tokyo 2020Monumen Cincin Olimpiade terlihat di depan kantor pusat Komite Olimpiade Jepang (JOC) dekat Stadion Nasional, stadion utama untuk perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 yang ditunda ke 2021 akibat pandemi virus corona (COVID-19), di Tokyo, Jepang, Rabu (23/6/2021), di hari yang menandai satu bulan menjelang pembukaan Olimpiade. ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato.

Desain medali Olimpiade Tokyo 2020 menggambarkan perjuangan keras dan kemenangan tiap hari yang harus diraih para atlet untuk mencapai kejayaan. Medali olimpiade mengambil tema besar ringan dan cemerlang.

Desain medali bermaksud untuk menggambarkan keragaman dan mewakili dunia dimana orang-orang dihormati karena sudah bersaing dalam olahraga dan bekerja keras.

Penyelenggara mengadakan kompetisi terbuka untuk para designer profesional dan mahasiswa desain untuk berpartisipasi dalam desain medali.

3. Spesifikasi medali Olimpiade

Sederet Fakta Menarik Medali Olimpiade Tokyo 2020Ilustrasi medali untuk Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Tokyo2020.org

Berikut spesifikasi medali Olimpiade Tokyo 2020:

  • Diameter: 85mm
  • Ketebalan: Bagian paling tebal 12,1mm, bagian paling tipis 7,7mm
  • Berat: Emas (kisaran 556g), Perak (kisaran 550g), Perunggu (kisaran 450g)
  • Komposisi: Emas (lebih dari 6 gram lapisan emas pada perak murni), Perak (perak murni), Perunggu (kuningan merah yang terdiri dari 95 persen tembaga dan 5 persen seng)
  • Pita: Terlampir di bagian atas medali
  • Nama acara akan diukur dalam bahasa Inggris.

Baca Juga: Jonatan Christie Jadi Kuda Hitam di Olimpiade Tokyo 2020

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya