Sejarah dan Fakta Piala Presiden: Arema FC Paling Sering Juara

Kembali digelar setelah absen panjang

Jakarta, IDN Times - Turnamen Piala Presiden kembali digelar. Di edisi 2022 ini, empat kota akan menjadi tuan rumah dari ajang yang berlangsung pada 11 Juni hingga 17 Juli 2022 tersebut.

Arema FC berstatus juara bertahan di ajang ini setelah menyabet gelar juara pada 2019 lalu. Edisi 2020 dan 2021 Piala Presiden tak digelar imbas pandemik COVID-19.

Baca Juga: Bawa 32 Pemain, Persebaya Siap Uji Kualitas di Piala Presiden 2022

1. Sejarah Piala Presiden

Sejarah dan Fakta Piala Presiden: Arema FC Paling Sering JuaraPesepakbola PSM Makassar Maldini Pali (tengah) berusaha melewati dua pemain Persipasi Bandung Raya (PBR) pada penyisihan Group D Piala Presiden di Stadion Mattoanging Gelora Andi Mattalatta Makassar, Jumat (4/9/2015). (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)

Piala Presiden pertama kali digelar pada 2015. Kala itu, sepak bola Indonesia sedang menjalani sanksi dari FIFA.

Demi kembali aktifnya sepak bola Indonesia di tengah masa hukuman, sejumlah pihak mendorong terbentuknya turnamen pra musim ini. Selain Piala Presiden, di tahun yang sama juga digelar Piala Jendral Sudirman.

Baca Juga: Malam Ini PSM Berjumpa Arema di Piala Presiden

2. Daftar juara Piala Presiden

Sejarah dan Fakta Piala Presiden: Arema FC Paling Sering JuaraArema FC saat akan menghadapi Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/ Alfi Ramadana

Persib Bandung menjadi juara Piala Presiden pertama yang digelar pada 2015 lalu. Setahun setelahnya, giliran Arema FC menyabet gelar juara.

Piala Presiden 2018 mempertemukan Persija Jakarta kontra Bali United di babak final. Gelar juara diamankan Macan Kemayoran kala itu.

Pada 2019, Arema FC kembali menjadi juara di ajang Piala Presiden setelah mengalahkan Persebaya Surabaya.

Baca Juga: Piala Presiden 2022: Pelatih PSM Tak Sabar Uji Kekuatan Arema FC

3. Kembali digelar setelah absen panjang

Sejarah dan Fakta Piala Presiden: Arema FC Paling Sering JuaraPemain PSM Makassar Ferdinand Sinaga (kanan) berebut bola dengan pemain Persipasi Bandung Raya (PBR) Nova Arianto (kanan) pada penyisihan Group D Piala Presiden di Stadion Mattoanging Gelora Andi Mattalatta Makassar, Jumat (4/9/2015). (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)

Piala Presiden 2020 dan 2021 absen digelar imbas pandemik COVID-19 yang melanda. Pada 2022, turnamen Piala Presiden kembali digelar dan akan diikuti 18 klub Liga 1.

Seluruh klub akan terbagi dalam empat grup yang akan bertanding secara round-robin.Turnamen akan dimulai pada 11 Juni hingga 17 Juli 2022 mendatang.

Kampiun Piala Presiden 2022 akan menerima hadiah sebesar Rp3 miliar. Samarinda, Solo, Malang, dan Bandung akan menjadi tuan rumah dari perhelatan ini.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya