Comscore Tracker

Sejarah! Indonesia Juarai Kejuaraan Dunia Junior untuk Kali Pertama!

Indonesia bawa pulang Piala Suhandinata

Jakarta, IDN Times - Indonesia berhasil menjuarai ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2019. Berhadapan dengan Tiongkok di babak final beregu campuran, Indonesia menang dengan skor 3-1.

Babak final beregu campuran berlangsung di Kazan, Rusia, pada Sabtu (5/10).

Poin pertama Indonesia dipersembahkan oleh wakil ganda campuran, Daniel Marthin/ Indah Cahya Sari Jamil. Keduanya berhadapan dengan Feng Yanzhe/Lin Fangling dan menaklukkan pertandingan yang berjalan dalam rubber set tersebut dengan skor 21-18, 18-21, 21-11.

Kemenangan Daniel/Indah menjadi pembuka jalan untuk tim Indonesia. Wakil Merah-Putih selanjutnya yang menyumbang poin kedua adalah sektor tunggal putri, Putri Kusuma Wardani.

Putri menjalani pertandingan panjang dan berhasil menaklukkan Zhou Meng dalam rubber set dengan skor 21-18, 20-22, 21-14. Kedudukan menjadi 2-0 untuk Indonesia.

Tunggal putra Indonesia, Bobby Setiabudi, gagal menjadi penentu kemenangan Indonesia. Bobby berhadapan dengan Liu Liang.

Pertandingan berlangsung panjang, sempat unggul di set pertama, Bobby harus juga menjalani pertandingan rubber set. Pertandingan berlangsung sengit.

Berkejar-kejaran poin di set ketiga, pertandingan berakhir dengan skor 21-17, 17-21, 20-22 kemenangan untuk Tiongkok.

Kekalahan Bobby menutup peluang Indonesia memenangkan babak final beregu campuran dengan angka 3-0 melawan Tiongkok.

Sektor ganda putri memainkan wakil Indonesia Putri Syaikah/Febriana Dwipuji Kusuma melawan Li Yi Jing/Tan Ning. Pertandingan berlangsung dalam rubber set dengan skor 16-21, 25-23, dan 21-13. Ganda putri Indonesia menjadi penentu kemenangan Indonesia.

Wakil Garuda Muda memastikan Piala Suhandinata pulang ke Tanah Air. Sejarah baru tercatat, ini jadi kali pertama Indonesia meraih Piala Suhandinata. 

Baca Juga: Siap Rebut Gelar, Ini Skuat Indonesia di Final Kejuaraan Dunia Junior

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya