Comscore Tracker

Selain Kento Momota, 7 Bintang Bulu Tangkis Ini Bertangan Kidal!

Semua punya catatan prestasi mendunia

Jakarta, IDN Times - Pebulu tangkis kidal atau yang lebih dominan menggunakan kekuatan tangan kiri, disebut-sebut punya cara bermain yang membuat lawan kerap kewalahan. Tak sedikit pula bintang bulu tangkis dunia yang ternyata memiliki kemampuan tersebut.

Sebut saja legenda bulu tangkis asal Tiongkok Lin Dan atau peringkat satu dunia tunggal putra asal Jepang Kento Momota. Keduanya memiliki performa yang bagus di atas lapangan. Jika bertanya bagaimana prestasinya, tentu saja mereka merupakan pemain-pemain peringkat satu dunia.

Selain kedua pemain tersebut, sebetulnya masih banyak lagi bintang yang menggunakan tangan kiri. Berikut deretan nama pebulu tangkis kidal yang prestasinya mendunia dan namanya masih dikenal hingga saat ini:

1. Lin Dan

Selain Kento Momota, 7 Bintang Bulu Tangkis Ini Bertangan Kidal!olympics.bwfbadminton.com

Sosok legenda bulu tangkis dunia asal Tiongkok ini tentu sudah tak asing di telinga penikmat bulu tangkis.

Super Dan, begitu Lin Dan dijuluki, menjadi salah satu atlet bulu tangkis tersukses di sektor tunggal putra. Bagaimana tidak, semua gelar sudah pernah didapat Lin Dan. Termasuk dua kali beruntun mendapat emas perhelatan olahraga akbar, Olimpiade.

Lin Dan terkenal jadi pemain kidal. Kekuatan tangan kirinya pantang diragukan. Dia bahkan didapuk sebagai pebulu tangkis kidal terbaik sepanjang sejarah, lho.

2. Kento Momota

Selain Kento Momota, 7 Bintang Bulu Tangkis Ini Bertangan Kidal!(Pemain unggulan asal Jepang, Kento Momota yang dikalahkan Anthony Ginting) AFP PHOTO

Kento Momota saat ini jadi nama besar di sektor tunggal putra dunia. Wakil Jepang ini kokoh bertahan di peringkat satu dunia dan punya poin jauh diatas pesaingnya.

Sejumlah rekor ditorehkan Momota. Termasuk menyabet 11 gelar dalam satu tahun turnamen. Capaian ini mengalahkan capaian legenda bulu tangkis aal Malaysia, Lee Chong Wei.

Menggunakan tangan kirinya, Momota sering kali menaklukan lawan dan meraih kemenangan, melalu pukulan-pukulan yang acap kali menyulitkan.

3. Carolina Marin

Selain Kento Momota, 7 Bintang Bulu Tangkis Ini Bertangan Kidal!Tunggal putri Spanyol, Carolina Marin di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Tunggal putri Spanyol, Carolina Marin tercatat sebagai salah satu pebulu tangkis putri terbaik dunia saat ini. Meski demikian, Marin tak menempati peringkat satu dunia.

Peraih emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 ini merupakan pemain kidal. Marin kini kembali ke performa terbaiknya usai sempat absen panjang dari lapangan akibat cedera di awal tahun.

Pemain yang cukup energik di lapangan ini sering mempertontonkan smash keras yang mematikan lewat pukulan tangan kirinya.

4. Flandy Limpele

Selain Kento Momota, 7 Bintang Bulu Tangkis Ini Bertangan Kidal!Flandy Limpele (Website/bwfbadminton.com)

Siapa yang masih ingat dengan nama pebulu tangkis Flandy Limpele. Ya, sosok satu ini jadi salah satu kebanggaan Indonesia pada masanya. Dia merupakan salah satu pemain yang punya penampilan sama bagusnya di dua sektor berbeda.

Flandy berjaya ketika dipasangkan dengan Vita Marissa di sektor ganda campuran. Di sektor ganda putra, dia juga punya prestasi apik dengan Eng Hian.

Pemain spesialis ganda Indonesia ini dikenal sebagai pemain kidal. Sejumlah gelar bergengsi pernah diraih oleh Flandy.

5. Mathias Boe

Selain Kento Momota, 7 Bintang Bulu Tangkis Ini Bertangan Kidal!bwfbadminton.com

Pemain ganda putra Denmark, Mathias Boe juga dikenal sebagai salah satu atlet bulu tangkis kidal yang punya prestasi mendunia. Dipasangkan dengan Carsten Morgensen, sosok Boe cukup diperhitungkan.

Dia pernah menjuarai sejumlah Kejuaran Eropa dan Super Series. Boe juga sudah pernah dua kali keluar sebagai juara dari ajang bulu tangkis tertua dunia, All England.

Baca Juga: 8 Pebulu Tangkis Indonesia di Peringkat 10 Besar Dunia

6. Poul-Erik Hoyer Larson

Selain Kento Momota, 7 Bintang Bulu Tangkis Ini Bertangan Kidal!Legenda bulu tangkis Denmark, Poul-Erik Høyer Larsen. (badminton.dk).

Tunggal putra Denmark Poul-Erik Hoyer adalah salah satu pemain kidal yang prestasinya tak kalah mendunia. Sosok yang satu ini punya momentum come back yang selalu dikenang BWF.

Momen ini terjadi saat Hoyer berhadapan dengan wakil Tiongkok, Dong Joing dalam babak semifinal Thomas Cup 1996.

Tertinggal 1-13 di set kedua, Hoyer bangkit dan justru mengamankan gim terebut. Dia memenangkan pertandingan dengan skor 15-11 dan membuat Denmark imbang melawan Tiongkok.

Kemenangan Hoyer mengantarkan Denmark melenggang ke babak final Thomas Cup 1996 setelah menang 3-2 melawan Tiongkok.

7. Zhao Jianhua

Selain Kento Momota, 7 Bintang Bulu Tangkis Ini Bertangan Kidal!Zhao Jianhua (Website/bwfbadminton.com)

Zhao Jianhua adalah salah satu pebulu tangkis putra berbakat asal Tiongkok. Dia bahkan jadi tunggal kidal putra pertama dari negaranya.

Jinhua berhasil melanjutkan estafet medali emas dari negaranya pada ajang Kejuaraan Dunia 1991. Gelar ini diraih Jinhua usai mengalahkan legenda bulu tangkis Indonesia, Alan Budikusuma di perempat final dengan skor 18-13, 15-4.

 

Demikian lah nama-nama pemain kidal yang memiliki prestasi besar di dunia bulu tangkis. Kalian pilih yang mana?

Baca Juga: 6 Moment Greatest Comebacks di Lapangan Bulu Tangkis, Ada Lin Dan

Topic:

  • Margith Juita Damanik
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya