Setelah 28 Tahun, Indonesia Harapkan Medali dari Cabang Renang

Siap bersaing untuk Asian Games 2018

Jakarta, IDN Times - Ajang Asian Games 2018 yang akan digelar 18 Agustus 2018 sampai dengan 2 September 2018 menjadi pertaruhan sendiri bagi cabang akuatik atau renang. Bagaimana persiapan mereka menghadapi event besar ini? Berikut penjelasannya.

1. Mengharapkan medali setelah 28 tahun

Setelah 28 Tahun, Indonesia Harapkan Medali dari Cabang RenangIDN Times/Margith Damanik

Medali terakhir yang didapatkan oleh Indonesia dalam cabang olahraga akuatik terjadi 28 tahun yang lalu. Sejak saat itu, timnas akuatik Indonesia seolah mengalami krisis prestasi.

Dari cabang olahraga akuatik, Indonesia menargetkan bisa membawa setidaknya satu medali emas dan satu perunggu.

Mantan atlet renang Richard Sambera berharap krisis medali di cabang akuatik segera berakhir. "Pada dasarnya apapun medali yang berhasil dibawa nanti menjadi kabar baik untuk Indonesia," kata Richard. Pada tahun 1990 silam, Richard menjadi salah satu penyumbang medali untuk Indonesia pada cabang olahraga akuatik.

2. Intensif training di China

Setelah 28 Tahun, Indonesia Harapkan Medali dari Cabang RenangIDN Times/Margith Damanik

Demi merealisasikan target, para atlet cabang olahraga akuatik ini akan diberangkatkan ke China untuk pelatihan. Fasilitas terlengkap dengan mentor yang profesional di bidangnya disediakan bagi timnas akuatik Indonesia.

Direncanakan pada Rabu (6/6), tiga atlet prioritas cabang olahraga akuatik akan diberangkatkan menuju China. Lima atlet lainnya akan menyusul diperkirakan selang 10-20 hari setelah atlet prioritas diberangkatkan.

Meski kini memiliki stadion akuatik terbaik di Asia, persiapan dan renovasi yang dilakukan di stadion akuatik membuat beberapa fasilitas belum siap digunakan. Selain itu, atlet akan diminta untuk berfokus hanya pada latihan tanpa gangguan sekitar lainnya. Dua hal tersebutlah yang membuat timnas akuatik Indonesia harus melakukan pelatihan ke luar negeri.

3. Mulai petakan negara pesaing

Setelah 28 Tahun, Indonesia Harapkan Medali dari Cabang RenangIDN Times/Margith Damanik

Pada cabang akuatik, Indonesia akan mengikuti tiga pertandingan. Mulai dari renang, loncat indah, dan polo air. Dari ketiga pertandingan tersebut diharapkan putra-putri terbaik bangsa dapat mempersembahkan dua medali bagi Indonesia.

Sampai saat ini, Kemenpora mencatat China, Jepang, Kazakstan, Singapura, dan Malaysia menjadi pesaing terberat bagi Indonesia.

Setelah 28 tahun menanti, besar harapan atlet-atlet yang terpilih kembali mempersembahkan medali lewat cabang olahraga akuatik ini.

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya