Siman Sudartawa Pasang Target Pertahankan Emas di ISG 2021

Siman Sudartawa akan turun di 2 nomor pertandingan

Jakarta, IDN Times - Atlet renang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa, bakal menjadi salah satu wakil Indonesia di ajang Islamic Solidarity Games (ISG) 2021 yang akan berlangsung di Konya, Turki, pada 9-18 Agustus 2022.

Perenang berusia 27 tahun tersebut bertekad pertahankan medali emas dari multi-event yang akan diikuti oleh negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam tersebut.

1. Siman pasang target pertahankan medali emas

Siman Sudartawa Pasang Target Pertahankan Emas di ISG 2021Instagram.com/simansudartawa

Siman bertekad untuk mempertahankan medali emasnya dari ajang ISG 2021 mendatang. Wajar saja, pada edisi 2017, Siman sukses bawa pulang dua medali emas dari kelas gaya punggung nomor 50 meter dan 100 meter.

Kali ini, Siman akan turun di nomor dan kelas yang sama. Namun, Siman menegaskan akan berfokus hanya pada nomor 50 meter.

"Fokusnya ke 50 meter saja sekarang.Kalau 100 meter mungkin semaksimal mungkin berusaha. Targetnya medali saja," kata Siman ditemui usai bertanding di Kejurnas Akuatik 2022, Rabu (27/7/2022).

Baca Juga: Tercepat Kedua di Indonesia, Perenang Ini Incar Emas SEA Games

2. Belum mencapai catatan waktu yang diinginkan

Siman Sudartawa Pasang Target Pertahankan Emas di ISG 2021Atlet renang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa di Kejurnas Akuatik 2022 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Siman punya target waktu 25 detik untuk kelas gaya punggung nomor pertandingan 50 meter yang dilakoninya.

Hingga turun di ajang Kejurnas 2022, Siman belum berhasil meraih catatan tersebut.

"Waktunya (di Kejurnas 2022) 26,00 detik. Lumayan tapi gak happy sih," ujar Siman. Namun, catatan itu disebut pelatih timnas renang Indonesia, Michael Piper sudah lebih baik ketimbang capaian Siman di Budapest beberapa waktu lalu.

3. Siman turun ke Kejurnas untuk dukung juniornya

Siman Sudartawa Pasang Target Pertahankan Emas di ISG 2021Kejuaraan Nasional Akuatik 2022 di Stadion Akuatik GBK, Jakarta (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Turun di ajang Kejurnas Akuatik 2022, Siman tak berfokus pada penampilannya. Dia menyebut ajang ini sekaligus jadi ajang latihan untuk dia dan skuad yang akan berangkat ke ISG 2021 mendatang.

Selain itu, Siman juga ingin mendukung juniornya yang tampil di Kejurnas Akuatik 2022.

"Sekarang kan sudah rame banget yang ikut, sudah bisa pertandingan besar juga, rekor-rekor kelompok umur juga banyak yang pecah di sini. Jadi yang gede-gede (senior) ke sini buat support yang junior," kata Siman.

Baca Juga: 5 Fakta Terwelu Sepatu Salju, Si Perenang Ulung dari Amerika Utara

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya