Sumbang Emas, Ini Perjalanan Jonatan Christie hingga Final

Hanya sekali yang menang dua set langsung

Jakarta, IDN Times - Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie memenangi final bulu tangkis Asian Games 2018 untuk nomor individu dengan skor akhir 21-18 , 20-22, dan 21-15. Bagaimana perjalanan atlet setinggi 175 sentimeter (cm) ini ke final? Berikut IDN Times rangkumkan:

1. Dua rubber gim di 32 besar dan 16 besar

Sumbang Emas, Ini Perjalanan Jonatan Christie hingga FinalIDN Times/Margith Damanik

Perjalanan Jonatan diawali di 32 besar. Melawan Shi Yuqi dari China, Jonatan harus bermain rubber gim 21-19, 19-21, 21-17.  Kemenangan ini mengantarkan Jonatan ke babak 16 besar untuk bertemu pemain Thailand Phetpradab Khositphetpradab. Pada laga ini Jonatan kembali harus bermain rubber gim dengan hasil 17-21, 21-18, 21-18.

Baca Juga: Hebat! Jonatan Christie Persembahkan Emas Bulu Tangkis

2. Perempat final yang sedikit rileks, kembali rubber gim di semifinal

Sumbang Emas, Ini Perjalanan Jonatan Christie hingga FinalIDN Times/Margith Damanik

Melalui dua laga dengan rubber gim Jonatan melalui laga perempat final dengan sedikit lebih rileks. Melawan pebulu tangkis asal Hong Kong Wong Wung Ki Vincent, pebulu tangkis 20 tahun ini memenangi laga dua set langsung 21-11, 21-18. 

Setelah melalui perempat final dengan sedikit santai Jonatan Christie harus kembali melalui rubber gim di semifinal. Ia dipaksa bermain rubber saat mengalahkah pebulu tangkis Jepang Kenta Nishimoto dengan hasil 21-15, 15-21, 21-19.

3. Akhirnya emas Asian Games

Sumbang Emas, Ini Perjalanan Jonatan Christie hingga FinalIDN Times/Margith Damanik

Emas Asian Games 2018 akhirnya dipersembahkan Jojo, sapaan akrabnya, usai mengandaskan lawannya asal China Taipei Chou Tienchen 21-18, 20-22, 21-15.

Sejumlah pejabat negara tampak menghadiri pertandingan final tunggal putra bulutangkis Asian Games 2018. Presiden Republik Indonesia kelima Megawati Soekarnoputri tampak hadir didampingi Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

Selain itu, Menko Polhukam Wiranto, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, serta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga ikut mendukung perjuangan atlet 20 tahun itu di Istora Senayan. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga tampak hadir.

Bersama dengan ribuan pendukung Indonesia lainnya, para petinggi negara turut berteriak dan bertepuk tangan mendukung Jonatan Christie.

 

Baca Juga: 10 Transformasi Jonatan Christie, dari Imut Sampai Raih Emas

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya