Tai Tzu Ying Jadi Satu-satunya Peringkat Satu Dunia di Tur Asia 

COVID-19 membuat para pemain terbaik mundur

Jakarta, IDN Times - Tunggal putri asal Taiwan, Tai Tzu Ying, menjadi satu-satunya pemain peringkat satu dunia yang akan berlaga di tur Asia pada Januari 2021 ini. Sementara peringkat satu dunia dari nomor ganda putra dan tunggal putra mundur karena COVID-19. 

Tai Tzu Ying diketahui sudah bertolak dari negara asalnya ke Bangkok, Thailand, untuk mengikuti turnamen yang akan berlangsung tiga pekan beruntun.

Posisi Tai Tzu Ying sebagai satu-satunya pemain nomor wahid dunia di tiga turnamen ini menyusul kabar mundurnya seluruh skuat Tiongkok dan Jepang dari turnamen, serta absennya pasangan ganda putra terbaik dunia asal Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

1. Kevin positif COVID-19, The Minions mundur dari turnamen

Tai Tzu Ying Jadi Satu-satunya Peringkat Satu Dunia di Tur Asia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Kevin Handoko)

Skuad Indonesia berangkat dari Jakarta menuju Bangkok pada Senin (4/1/2021).  Namun keberangkatan tim Garuda tidak bersama dengan pasangan ganda putra terbaik dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

The Minions, begitu pasangan ini akrab disapa, mundur dari tiga turnamen yang akan digelar di Bangkok karena Kevin Sanjaya positif COVID-19.

Artinya turnamen akan berlangsung tanpa pasangan ganda putra nomor satu dunia ini. Meski demikian pasangan ganda putra peringkat 2 dunia yang juga asal Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dipastikan turun berlaga.

Baca Juga: Kevin Sanjaya Positif COVID-19, Minions Mundur dari Turnamen Bangkok

2. Jepang tarik mundur skuatnya usai kabar Kento Momota positif COVID-19

Tai Tzu Ying Jadi Satu-satunya Peringkat Satu Dunia di Tur Asia bwfworldchampionships.bwfbadminton.com

Jepang menarik mundur seluruh timnya dari tiga turnamen yang akan digelar di di Bangkok usai peringkat 1 tunggal putra dunia asal Jepang, Kento Momota, positif COVID-19. Hasil ini diketahui sesaat sebelum Momota dan tim Jepang berangkat ke Bangkok.

Kabar ini membuat turnamen akan berjalan tanpa pemain peringkat satu dunia sektor tunggal putra. Selain itu bintang-bintang sektor tunggal putri,  ganda putra, ganda putri dan ganda campuran asal Jepang juga absen dari laga.

3. Tiongkok mundur dari turnamen karena COVID-19

Tai Tzu Ying Jadi Satu-satunya Peringkat Satu Dunia di Tur Asia Zheng Siwei/Huang Yaqiong ikut bertanding di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Asosiasi Bulu Tangkis Tiongkok (CBA) mengumkan tidak akan mengirim Kontingen untuk berlaga ke Tour Asia di Thailand sejak Selasa (29/12/2020) lalu.

Tiongkok beralasan masih khawatir dengan kondisi pandemik COVID-19  yang masih mewabah di dunia. Padahal turnamen Tur Asia menjadi turnamen pertama setelah cabang olahraga bulu tangkis tidak mengadakan turnamen sejak Maret 2020.

Tiongkok sendiri saat ini mempunyai dua wakil yang menempati peringkat satu dunia. Yakni Zheng Siwei/Huang Yaqiong (ganda campuran) dan Chen Qingchen/Jia Yifan (ganda putri).

Baca Juga: 3 Turnamen Bulu Tangkis yang Digelar Sepanjang Januari 2021

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya