Tak Hanya Liliyana Natsir, Berikut Deretan Rekan Duet Tontowi Ahmad

Sepanjang kariernya, Owi berduet dengan 6 atlet putri

Jakarta, IDN Times - Keputusan Tontowi Ahmad gantung raket diumumkannya pada Senin (18/5) pagi. Atlet ganda campuran Indonesia ini mantap meninggalkan dunia yang sudah membesarkan namanya.

Mengenang perjuangan Tontowi Ahmad di bulu tangkis Indonesia, nama Liliyana Natsir seolah tak terpisahkan dari rangkaian kisahnya. Tapi tahukah kamu, Liliyana bukan satu-satunya pasangan Owi, panggilan akrab Tontowi, selama berkarier.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut deretan nama mantan rekan Owi di lapangan.

1. Putri Yulianti

Tak Hanya Liliyana Natsir, Berikut Deretan Rekan Duet Tontowi AhmadTontowi Ahmad/Apriyani Rahayu lolos ke babak kedua Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Peran sosok Putri Yulianti tak bisa dipisahkan dari kisah perjalanan dan perjuangan Tontowi di dunia bulu tangkis. Yulianti tak jarang membawa Tontowi menaiki podium demi podium turnamen.

Dipasangkan pada 2006 lalu, duet Tontowi/Yulianti sukses meraih posisi runner up di Malaysia Satellite, Cheers Asian Satellite, dan Vietnam International. Keduanya juga berhasil mengambil gelar juara di Smiling Fish International 2007, Indonesia International 2007, dan Vietnam Open 2007.

Baca Juga: Tontowi Ahmad Pensiun, Ini 5 Fakta Hebat yang Pernah Diukirnya

2. Shendy Puspa Irawati

Tak Hanya Liliyana Natsir, Berikut Deretan Rekan Duet Tontowi AhmadShendy Puspa Irawati mantan pasangan Tontowi Ahmada (bwfbdminton.com)

Pada 2008, Tontowi sempat dipasangkan dengan Shendy Puspa Irawati. Di tahun mereka dipasangkan pula, keduanya sukses meraih gelar Vietnam Open 2008.

Sayangnya, duet Tontowi/Shendy tak berjalan lama, di mana pada 2009 Tontowi tak lagi berlaga bersama Shendy. Diketahui Shendy sempat berpasangan dengan Fran Kurniawan dan masuk dalam ranking 10 besar dunia kala itu

3. Richi Puspita Dili

Tak Hanya Liliyana Natsir, Berikut Deretan Rekan Duet Tontowi AhmadRichi Puspita Dili mantan rekan Tontowi Ahmad (bwfbdminton.com)

Setelah tak lagi dipasangkan dengan Shendy, Tontowi dipasangkan dengan Richi Puspita Dili. Duet keduanya dimulai pada 2009 dan berhasil membawa pulang gelar juara Vietnam International Challenge. Richi juga menjadi pasangan terakhir Tontowi sebelum akhirnya berlabuh dengan Liliyana Natsir selama lebih dari sewindu. Richi sendiri diketahui sudah lebih dulu gantung raket.

Baca Juga: Pensiun dari Bulu Tangkis, Tontowi Ahmad: Selamat Tinggal 

4. Winny Oktavina Kandow

Tak Hanya Liliyana Natsir, Berikut Deretan Rekan Duet Tontowi AhmadIDN Times/PBSI

Usai delapan tahun lebih berpasangan dengan Liliyana Natsir, Owi dipasangkan dengan pemain muda berbakat asal Manado, Winny Oktavina Kandow. Setahun berpasangan, prestasinya bisa dikategorikan lumayan meski tak segemilang saat Tontowi bersama Butet.

Setahun dipasangkan, duet Owi/Winny ikut bubar sama seperti nasib duet Owi dengan pasangannya yang lain. Tak selanggeng duetnya dengan Butet, gema dukungan Owi/Winny seolah tak cukup mendorong pasangan ini untuk bertahan lebih lama.

5. Apriyani Rahayu

Tak Hanya Liliyana Natsir, Berikut Deretan Rekan Duet Tontowi AhmadDebut pasangan ganda campuran baru Indonesia, Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Wakil ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu sempat merasakan berlaga sebagai pasangan Tontowi Ahmad di sektor ganda campuran. Keduanya hanya sempat berduet satu kali dalam turnamen Indonesia Masters 2020, Januari lalu.

Langkaah Owi/Apriyani kandas saat bertemu pasangan Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock.

"Terima kasih juga udh pernah mau di lapangan bareng meskipun cuman sekali, dan itu kebanggaan tersendiri untuk saya," tulis Apriyani dalam unggahan Instagram story-nya (@r.apriyanig) mengucapkan salam perpisahan atas keputusan pensiun Tontowi hari ini (18/5). 

Apriyani dapat dikatakan sebagai pasangan terakhir Owi di dunia bulu tangkis.

6. Liliyana Natsir

Tak Hanya Liliyana Natsir, Berikut Deretan Rekan Duet Tontowi Ahmadinstagram.com/badminton.ina

Sosok Liliyana Natsir tak bisa dilepaskan dengan nama besar Tontowi Ahmad di dunia bulu tangkis. Keduanya bak duet serasi yang sukar dipisahkan satu sama lain. Dipasangkan sejak 2010 lalu, lebih dari delapan tahun keduanya berlaga bersama mengibarkan bendera Merah -Putih di tiang tertinggi pada berbagai kejuaraan yang dilakoni.

Teriakan "Owi/Butet" selalu menggema ketika keduanya turun berlaga. Bersama Butet, begitu Liliyana akrab disapa, Tontowi sukses membawa pulang medali emas Olimpiade Rio de Janeiro pada tahun 2016 lalu. Prestasi ini juga menjadi puncak dari rentetan prestasi kedua legenda bulu tangkis Indonesia ini.

Baca Juga: Melepas Owi, Melepas Si Tukang Gebuk

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya