Tantangan Baru Buat Loh Kean Yew Usai Jadi Juara Dunia

Loh Kean Yew bersiap hadapi ekspektasi dan tekanan

Jakarta, IDN Times - Tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew, dihadapkan pada tantangan baru di musim 2022. Usai mencetak sejarah untuk Singapura dengan menjadi juara dunia, Kean Yew kini mengemban beban baru, yang tentunya lebih berat.

Memang, 2021 menjadi tahunnya Kean Yew. Tampil di Huelva, Spanyol, Kean Yew berhasil menjadi juara dunia dan merupakan kejutan terbesar sepanjang tahun lalu.

Dengan statusnya sekarang, Kean Yew sadar kalau sudah makin disorot. Dia tak mau berlama-lama larut dalam euforia dan ingin membangun dinastinya di tunggal putra pada 2022.

"Ini awal yang baru, saya mencoba untuk memulai dari nol lagi," kata Kean Yew dilansir laman resmi BWF.

1. Diselimuti ekspektasi dan tekanan

Tantangan Baru Buat Loh Kean Yew Usai Jadi Juara DuniaTunggal putra Singapura, Loh Kean Yew rebut gelar Juara Dunia 2021. (instagram.com/lohkeanyew)

Kean Yew sebenarnya begitu bahagia bisa meraih status juara dunia. Tapi, di sisi lain dia merasa kini ada yang beda.

Beban ketika berlaga, jadi sedikit berat buat Kean Yew. India Open 2022 akan menjadi ujian pertama Kean Yew sebagai seorang juara dunia.

"Saya selalu bermain sebagai underdog. Ini menjadi kali pertama buat saya bertanding sebagai unggulan, tekanan dan ekspektasi di sekeliling jadi sesuatu yang perlu saya pelajari untuk bisa ditangani," ujar Kean Yew.

Baca Juga: Cetak Sejarah, Loh Kean Yew Juara Dunia Bulu Tangkis Pertama Singapura

2. Ada peran Viktor Axelsen

Tantangan Baru Buat Loh Kean Yew Usai Jadi Juara DuniaViktor Axelsen berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 (bwfbadminton.com)

Keberhasilan Kean Yew jadi juara dunia juga tak terlepas dari bintang Denmark, Viktor Axelsen. Selama ini, Kean Yew memang jadi rekan uji coba Axelsen selama berlatih di Dubai, Uni Emirat Arab.

Kean Yew mengaku banyak belajar dari momen tersebut. Kemampuannya berkembang pesat selama berlatih bersama Axelsen di Dubai.

"Saya akan kembali berlatih dengan Viktor. Sepanjang 2022 akan jadi periode yang sibuk dan banyak turnamen besar, saya akan berjuang scara bertahap," kata Kean Yew.

3. Kean Yew nyaris terjungkal di India Open 2022

Tantangan Baru Buat Loh Kean Yew Usai Jadi Juara DuniaTunggal putra Singapura, Loh Kean Yew rebut gelar Juara Dunia 2021. (instagram.com/lohkeanyew)

Kean Yew sudah membuktikan kapasitasnya sebagai juara dunia di India Open 2022. Sempat dibuat repot sang lawan, Xiadong Sheng (Kanada), Kean Yew pada akhirnya lolos dari lubang jarum. 

Sempat keok di game pertama, Kean Yew berhasil bangkit. Dia membalaskan kekalahan di game pertama dengan meraih kemenangan pada dua periode selanjutnya. Kean Yew menang dengan skor 16-21, 21-4, 21-13.

"Saya merasa bermain begitu lambat dan dia mengontrol momen. Di game kedua saya mencoba melawan dan mengambil kendali permainan. Cara itu berhasil," ujar Kean Yew.

Baca Juga: Update Ranking BWF: Loh Kean Yew Naik 7 Peringkat

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya