Target PBSI di All England 2023: Ganda Putra All Indonesia Final

Bagas/Fikri bermain sebagai juara bertahan

Jakarta, IDN Times - Indonesia pasang target tinggi untuk lima sektor yang diturunkan pada ajang All England 2023 yang bakal digelar di Utilita Arena Birmingham, Inggris, pada 14-19 Maret 2023 mendatang.

Untuk sektor ganda putra, terang-terangan PBSI menargetkan laga All Indonesia Finals.

Indonesia menurunkan 16 wakil untuk bertanding dalam ajang Super 1000 ini. Tiga di antaranya merupaka pemain nonpelatnas.

Baca Juga: Drawing All England 2023, Indonesia Langsung Perang Saudara

1. Targetkan All Indonesian Final di ganda putra

Target PBSI di All England 2023: Ganda Putra All Indonesia FinalLeo Rolly Carnando/Daniel Marthin memenangkan gelar juara dari Thailand Masters 2023 (dok. PP PBSI)

Ganda putra Indonesia mengantongi gelar juara All England 2022 lalu lewat pasangan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Kini, PBSI beranggapan skuad ganda putra terbilang lebih kuat. Terlebih melihat pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang sukses mengunci dua kemenangan pada awal tahun serta pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang kini berstatus ranking satu dunia.

Ini membuat PBSI percaya diri untuk tak sekadar menargetkan gelar dari sektor ganda putra, tapi juga laga All Indonesian Final di All England 2023.

"Pasti di ganda putra kita harapkan gak hanya gelar, tapi kalau bisa All Indonesia final. Karena kan kita kuat," kata Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky, ditemui di Pelatnas PBSI pada Rabu (23/2/2023).

Baca Juga: Ganda Putra Indonesia Perkasa di 4 Turnamen Pertama 2023

2. Tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putri diyakini bisa tembus final

Target PBSI di All England 2023: Ganda Putra All Indonesia FinalApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti amankan kemenangan di babak perempat final Malaysia Open 2023 (dok. PP PBSI)

Target besar juga dibebankan kepada sektor tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putri. Rionny berharap sektor ini bisa menembus babak final di gelaran All England 2023.

"Tunggal putra kita punya ranking 2 dan 3 dunia. Ada Chico dan Shesar. Kita berpeluang juga ke final," kata Rionny.

Sementara itu, giatnya persiapan yang dilakukan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti diyakini Rionny bisa membawa keduanya menembus babak puncak.

"Kita targetkan mungkin final, karena Apriyani kan pernah juara Olimpiade, kita bukan bicara kosong," kata Rionny

Hal serupa juga diutarakan untuk sektor tunggal putri. Rionny tak ragu akan kemampuan Gregoria Mariska Tunjung. Apalagi, tunggal putri Indonesia itu disebut Rionny punya motivasi besar untuk tampil di All England 2023.

"Dia pernah main ngalahin pemain-pemain top yang udah pernah juara. Saya rasa dia bisa untuk All England ini punya motivasi sendiri untuk masuk final," ujar Rionny.

Baca Juga: Keren! Apriyani/Fadia Tembus 20 Besar Dunia Ganda Putri

3. Tak berharap banyak pada ganda campuran

Target PBSI di All England 2023: Ganda Putra All Indonesia FinalRinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari kalah di babak 32 besar Malaysia Open 2023 (dok. PP PBSI)

Sementara itu, Rionny tak mau terlalu banyak berharap pada sektor ganda campuran. Bagi dia, yang terpenting saat ini adalah ganda campuran menunjukkan semangat juang yang lebih besar.

"Mixed, berjuanglah kita dulu. Saya harapkan menunjukkan fighter dulu lah," kata Rionny.

Baca Juga: Dinilai Menurun, 9 Pencapaian Bagas/Fikri Usai Juara All England 2022

4. Skuad Indonesia untuk All England 2023

Target PBSI di All England 2023: Ganda Putra All Indonesia FinalJonatan Christie di perempat final Indonesia Masters 2023 (dok. PP PBSI)

Berikut daftar skuad Indonesia untuk ajang All England 2023:

Tunggal putra: Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Chico Aura Dwi Wardoyo, Shesar Hiren Rhustavito

Tunggal putri: Gregoria Mariska Tunjung

Ganda putra: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

Ganda putri: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Ganda campuran: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Baca Juga: Ada Peluang Minions Dipisah, Marcus: Saya Nurut Saja

Baca Juga: Kevin/Marcus Waspadai Ancaman Ganda India di All England

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya