Targetkan Perak, Timnas Basket Bawa 12 Pemain ke SEA Games 2021 

Sebanyak 23 pemain mengikuti pelatnas basket

Jakarta, IDN Times - Timnas Basket Indonesia menggelar pemusatan latihan (TC) di GBK Arena, Jakarta pada 12-23 Mei 2022. Sebanyak 23 ambil bagian dalam persiapan menuju SEA Games 2021.

Mereka bakal berusaha menunjukkan penampilan terbaiknya dalam pelatnas. Sebab, hanya 12 pemain yang bakal dibawa di ajang dua tahunan yang digelar di Hanoi, Vietnam pada 12-23 Mei 2022 mendatang.

Manajer timnas Basket Indonesia, Jeremy Imanuel Santoso, menjelaskan jika Indonesia memasang target lolos ke babak final dalam ajang ini. Tak berambisi merebut emas, mereka hanya berusaha membawa pulang medali perak.

1. Indonesia targetkan amankan medali perak

Targetkan Perak, Timnas Basket Bawa 12 Pemain ke SEA Games 2021 Pelatnas Basket 5x5 Indonesia (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Ditemui di tengah TC timnas Basket Indonesia, Jeremy mengungkapkan asalan kenapa hanya mengusung target meraih medali perak saja di ajang multievent ini. Menurut dia, tim berusaha bersikap realistis mengingat negara-negara lawan seperti Filipina dan Vietnam terbilang jadi pesaing terberat di ajang ini

"Kenapa kami bisa percaya diri (pede) juga dengan silver medal atau bisa dibilang masuk final, karena kami menjadi tim satu-satunya yang punya pemain di NBA, yakni Marques Bolden," ujar Jeremy. 

Baca Juga: Timnas Indonesia Siap Menuju Piala Dunia Basket 2023

2. Mengembalikan kondisi fisik untuk persiapan ke SEA Games 2021

Targetkan Perak, Timnas Basket Bawa 12 Pemain ke SEA Games 2021 Pelatnas Basket 5x5 Indonesia (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Dalam TC pekan ini, Timnas Basket Indonesia fokus dalam program pengembalian kondisi fisik para pemain. Maklum, mayoritas pebasket Indonesia baru menyelesaikan musim reguler di ajang IBL 2022.

"Di minggu depan baru kita mulai masuk ke teknik-teknik nanti yang akan kita eksekusi di SEA Games," ujar Jeremy.

3. Ada 23 atlet di pelatnas

Targetkan Perak, Timnas Basket Bawa 12 Pemain ke SEA Games 2021 Pelatnas Basket 5x5 Indonesia (IDN Times/Margith Juita Damanik)

TC yang digelar Timnas Basket Indonesia kali ini, diperkuat 23 atlet. Namun, tak semuanya bakal dibawa ke Vietnam. Tercatat, hanya 12 orang saja yang akan dibawa bertanding di SEA Games 2021.

Marques Bolden yang membela klub NBA G-League, Salt Lake City Stars, jadi salah satu pemain naturalisasi yang diproyeksikan tampil di EA Games 2021. Dia sudah tiba di tanah air agar bisa segera membela skuad Garuda.

Timnas Basket Indonesia juga masih menantikan kedatangan Derrick Michael dari Australia untuk melengkapi tim. Setahun ini dia disibukkan dengan berlatih bersama NBA Akademi.

Timnas Basket Indonesia baru bakal menentukan 12 pemain yang dibawa ke ajang SEA Games 2021 pada akhir bulan mendatang. Diharapkan, pemain yang terpilih nanti bisa memberikan kontribusi maksimal untuk bisa mewujudkan target medali perak.

Baca Juga: Menakar Roster Timnas Basket Indonesia untuk SEA Games 2021

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya