Taufik Hidayat Sentil Mental Anthony Ginting

Ginting gak kalah kalau bicara talenta, tapi mentalnya...

Jakarta, IDN Times - Legenda bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat, angkat bicara soal performa tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting. Menurut Taufik, Ginting harus memperbaiki kekuatan mentalnya saat bertanding.

Secara kualitas, Ginting sebenarnya tak kalah dengan bintang tunggal putra lainnya. Hanya saja, menurut Taufik, Ginting belum bisa mengendalikan emosinya dengan baik. 

"Ginting, sorry to say, secara mental naik-turun. Secara potensi, tidak ada masalah dengannya," kata Taufik dalam tayangan YouTube The Badminton Experience, Selasa (21/6/2022).

1. Axelsen pemain yang komplet

Taufik Hidayat Sentil Mental Anthony GintingTaufik Hidayat dalam The Badminton Experience (YouTube.com/The Badminton Experience0

Terkait kekuatan di tunggal putra, secara tegas Taufik menilai saat ini Viktor Axelsen tak ada tandingannya. Sebab, bagi Taufik, Axelsen pemain yang punya atribut lengkap. Kento Momota saja, dianggap bukan tandingan Axelsen.

"Sekarang, yang punya atribut lengkap cuma Axelsen, benar kan," ujar Taufik.

Baca Juga: Anthony Ginting Takkan Lelah Mencari Kelemahan Viktor Axelsen

2. Soroti beberapa tunggal putra dunia

Taufik Hidayat Sentil Mental Anthony Gintinginstagram.com/viktoraxelsen

Menyenggol Momota, Taufik menilai kalau kekurangannya adalah masalah tenaga dan stamina. Pun, tunggal putra lainnya belum menemukan stabilitas terkait performa dan mental di atas lapangan.

"Seperti tunggal Malaysia, Lee Zii Jia, juga naik dan turun. Bukan pemain yang stabil," kata peraih medali emas Olimpiade Athena 2004 tersebut.

3. Ginting mulai bangkit sejak Piala Thomas

Taufik Hidayat Sentil Mental Anthony GintingAnthony Sinisuka Ginting di 32 besar East Ventures Indonesia Open 2022 (dok. PP PBSI)

Memang, Ginting sempat jadi sorotan. Sejak akhir 2021, pencapaian Ginting merosot tajam. Bahkan, dia lebih sering gugur di fase awal turnamen.

Ginting juga sempat disorot ketika Piala Thomas 2022. Sebab, kala itu dia sering kalah dan membuat fans di Indonesia jantungan.

Namun, setelahnya Ginting mulai menemukan kembali sentuhannya. Sayang, pada Indonesia Masters dan Open 2022, Ginting tak mampu melaju hingga final. Lagi-lagi, dia terdepak akibat dikalahkan Axelsen.

Baca Juga: Saat Ginting Berkelakar 'Teuing, Ah' di Indonesia Open 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya