Tim Pelapis PBSI Batal ke China Masters 2023 Gara-gara Visa

Turnamen di Osaka jadi pengganti

Jakarta, IDN Times - Tim bulu tangkis muda Indonesia dipastikan batal mentas di ajang China Masters 2023 yang akan berlangsung pada 14-19 Maret 2023 mendatang. Keputusan ini diambil setelah anggota skuad Indonesia bermasalah dengan visa.

"Kami sudah berusaha melalui kedutaan, tapi belum ada jawaban, ya akhirnya mundur semua," kata Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung pada Selasa (7/3/2023).

1. Alihkan fokus ke Osaka

Tim Pelapis PBSI Batal ke China Masters 2023 Gara-gara VisaAlvi Wijaya Chairullah dalam Mola TV PBSI Home Tournament (Dok. IDN Times/PBSI)

Sebagai gantinya, tim muda Indonesia akan diberangkatkan ke Osaka International Challenge pada 29 Maret - 2 April 2024 mendatang. Namun, dia mengatakan tidak akan banyak pemain yang dibawa ke turnamen tersebut. Ini lantaran beberapa pemain muda masih harus melakoni International Challenge lainnya di Thailand.

"Kami akan alihkan ke Osaka. Gak banyak yang ke Osaka. Cuma enam atau tujuh orang," kata Rionny.

Baca Juga: Lucu, Ada Tradisi Kepala Plontos Ganda Putra PBSI

2. Antisipasi kejadian serupa terulang

Tim Pelapis PBSI Batal ke China Masters 2023 Gara-gara VisaKepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Rionny Mainaky (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Kak Oni (sapaannya) mengakui agak sulit mengurus visa ke China atau negara lainnya dalam beberapa waktu belakangan. Bahkan, ketika hendak ke Inggris, skuad Indonesia sempat terbentur masalah.

Tim PBSI lantas berupaya mencari solusi termasuk berdiskusi dengan BWF terkait hal ini agar kesulitan serupa tak terulang lagi.

"Soalnya, untuk tahun depan kalau terjadi seperti ini saat perburuan tiket Olimpiade, bahaya juga," ujar Rionny.

3. Akhirnya fokus ke Thailand

Tim Pelapis PBSI Batal ke China Masters 2023 Gara-gara VisaJafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata (pbsi.id)

Ketimbang Osaka, PBSI nyatanya lebih fokus untuk menempa bibit mudanya di Thailand. Buktinya, ada 32 wakil Indonesia yang berlaga di turnamen itu.

Sektor tunggal putra dan putri jadi yang paling banyak mengirimkan wakil, masing-masing delapan.

Baca Juga: Jafar/Aisyah Buat Kejutan, Tekuk Wakil Malaysia di Indonesia Masters

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya