Tok! Paripurna DPR Setujui Shayne Pattynama Jadi WNI

Belum tentu bela timnas di Piala AFF 2022

Jakarta, IDN Times - DPR RI resmi menyetujui hasil pembahasan Komisi III dan Komisi X DPR RI mengenai permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama Shayne Elian Jay Pattynama. Persetujuan tersebut disampaikan dalam rapat paripurna DPR RI yang disiarkan langsung di kanal YouTube DPR RI pada Kamis (17/11/2022).

Shayne menjadi pesepak bola ketiga Indonesia yang mendapat naturalisasi setelah Sandy Walsh dan Jordi Amat. Sandy dan Jordi dipastikan akan melakukan angkat sumpah WNI hari ini.

Baca Juga: Naturalisasi Shayne Pattynama Direstui Komisi III DPR

1. Diumumkan dalam rapat Paripurna DPR RI

Tok! Paripurna DPR Setujui Shayne Pattynama Jadi WNIPemain Viking Fk, Shayne Pattynama, merupakan pemain keturunan Indonesia-Belanda yang siap melakukan proses nanturalisasi dan sudah mengirimkan dokumen penunjang demi bisa bela Timnas Indonesia. (Instagram/@s.pattynama)

Nama Shayne Elian Jay Pattynama disebut dalam rapat paripurna DPR RI hari ini. Permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia kepada Shayne disetujui berdasarkan Surat Presiden Nomor 36 Perihal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan atas nama Shayne Elian Jay Pattynama.

“Kami sampaikan bahwa sesuai dengan hasil rapat konsultasi pengganti rapat Bamus antara pimpinan DPR RI dengan pimpinan fraksi fraksi tanggal 16 November menyetujui hasil pembahasan komisi III dan komisi X dalam rangka pemberian pertimbangan kewarganegaraan republik Indonesia kepada saudara Shayne Elian Jay Pattynama,” ujar Ketua DPR RI, Puan Maharani dalam rapat paripurna.

Setelah persetujuan disepakati anggota DPR, ketok palu dilakukan. Puan menegaskan, persetujuan itu akan ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Baca Juga: Shayne Pattynama Selangkah Lagi Jadi WNI, Susul Sandy Walsh

2. Tidak bisa bela timnas di Piala AFF 2022

Tok! Paripurna DPR Setujui Shayne Pattynama Jadi WNIInstagram

Meski demikian, proses naturalisasi Shayne belum sepenuhnya rampung. Ada beberapa tahapan yang masih harus dilakukan sebelum Syahne disumpah menjadi WNI.

Dengan begitu artinya, Shayne besar kemungkinan tidak masuk dalam daftar skuad Timnas Indonesia untuk ajang Piala AFF 2022. Maklum, pendaftaran pemain untuk Piala AFF 2022 akan ditutup pada 20 November 2022 mendatang dan Shayne belum tentu sudah melakukan angkat sumpah WNI sampai waktu tersebut.

Baca Juga: Shayne Pattynama Pamerkan Kemampuan Bahasa Indonesia

3. Sandy dan Jordi angkat sumpah hari ini

Tok! Paripurna DPR Setujui Shayne Pattynama Jadi WNIJordi Amat dan Sandy Walsh. (pssi.org)

Sementara itu, dua pesepak bola lainnya, Sandy Walsh dan Jordi Amat akan resmi berstatus WNI. Keduanya akan disumpah dengan pihak Kementarian Hukum dan HAM (Kemenkumham) hari ini (17/11/2022).

Surar Keputusan Presiden (Keppres) untuk Sandy dan Jordi keluar per 9 November 2022 dengan rincian atas nama Sandy bernomor lima (5) sedangkan Jordi dengan nomor enam (6). Keppres tersebut telah diserahkan ke Menpora Zainudin Amali dan Kemenkumham Yasonna Hamonangan Laoly untuk ditindaklanjuti.

Usai pengambilan sumpa, keduanya sah menjadi seorang WNI. Keduanya berpeluang masuk dalam skuad timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya