Comscore Tracker

Tommy Sugiarto Gagal Susul Jojo dan Ginting di Indonesia Open 2019

Tommy dikalahkan Chen Long dalam rubber set game

Jakarta, IDN Times - Tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, gagal melangkah ke babak kedua Indonesia Open 2019 usai dikalahkan pemain unggulan asal Tiongkok, Chen Long, dalam rubber set game dengan skor 20-22, 21-14, dan 17-21.

Gagal menyusul dua wakil tunggal putra Indonesia lainnya, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, Tommy memilih untuk tetap berfokus menghadapi turnamen-turnamen selanjutnya.

1. Tommy sejatinya berhasil mengimbangi permainan Chen Long

Tommy Sugiarto Gagal Susul Jojo dan Ginting di Indonesia Open 2019IDN Times/Margith Juita Damanik

Tommy dan Chen Long bermain selama lebih kurang 90 menit dalam tiga set atau rubber set game. Melawan unggulan kelima, Tommy dinilai berhasil mengimbangi permainan Chen Long.

Hal ini disampaikan oleh Chen Long usai pertandingan di Istora Senayan, Jakarta Selatan pada Rabu (17/7). Menurutnya, dirinya dan Tommy berada di level kemampuan yang sama.

"Permainan hari ini sangat susah. Karena boleh dilihat mainnya sampai 90 menit, dari Tommy dan saya sendiri masing-masing punya kemampuan yang levelnya hampir sama," kata Chen Long. "Performa Tommy jujur sangat bagus," tambah dia.

Baca Juga: Dapat Semangat dari Teriakan Penonton, Jojo: Telinga Saya Sampai Sakit

2. Batal susul Jojo dan Ginting

Tommy Sugiarto Gagal Susul Jojo dan Ginting di Indonesia Open 2019Dok.IDN Times/Istimewa

Tommy batal menyusul dua rekan tunggal putranya, Jonatan Christie alias Jojo dan Anthony Sinisuka Ginting alias Ginting. Keduanya berhasil menaklukkan lawan dalam putaran pertama yang diselenggarakan pada Selasa (16/7) kemarin.

Kekalahan Tommy berhadapan dengan Chen Long bukan kali pertama. Setidaknya, 12 kali sudah Tommy tercatat gagal menundukkan wakil Tiongkok ini.

"Dari jangkauan, tenaga dia lebih efisien dibanding saya," kata Tommy usai bertanding. "Saya menyerang harus fokus, fokus sama serangan sambungannya juga," lanjut dia.

3. Bersiap untuk rentetan turnamen selanjutnya

Tommy Sugiarto Gagal Susul Jojo dan Ginting di Indonesia Open 2019IDN Times/Margith Juita Damanik

Baca Juga: Ini Line Up Pertandingan Indonesia Open 2019 Hari Kedua

Tak mau patah arang usai kalah di putaran pertama Indonesia Open 2019, Tommy memilih untuk bersiap menghadapi turnamen selanjutnya.

Ada Japan Open 2019 dan Thailand Open 2019 yang menunggu di depan mata. Tommy mengaku sudah memprediksi rentetan turnamen berturut-turut akan menguras tenaga, tidak hanya untuknya tapi juga seluruh atlet.

"Rentetan turnamen yang menyambung pasti membuat terkuras habis tenaganya," kata Tommy. Ia menyebutkan dirinya masih memilih fokus pada capaian tiap turnamen dibandingkan poin Olimpiade.

"Tidak mudah sekarang untuk masuk poin Olimpiade, tapi saya fokus turnamen demi turnamen dulu," kata Tommy.

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You