Tuan Rumah Piala Dunia Panjat Tebing, Indonesia Targetkan Medali Emas 

Indonesia turunkan 42 atlet panjay tebing untuk berlaga

Jakarta, IDN Times - Indonesia mengirim total 42 atlet untuk turun bertanding ISFC World Cup 2022 atau Piala Dunia Panjat Tebing 2022. Gelaran diagendakan berlangsung di kawasan SCBD, Jakarta pada 24-26 September 2022 mendatang.

Ajang ini merupakan salah satu dari 13 rangkaian turnamen ISFC tahun ini. Indonesia memasang target lumayan tinggi di gelaran Piala Dunia 2022 ini.

1. Target Indonesia di Piala Dunia Panjat Tebing 2022

Tuan Rumah Piala Dunia Panjat Tebing, Indonesia Targetkan Medali Emas Instagram/@syahidbasith

Indonesia punya tiga target besar di ajang Piala Dunia Panjat Tebing 2022. Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) meyakini Indonesia punya peluang besar dalam mencapai target-target tersebut.

"Kita ingin dapat medali emasnya sebagai tuan rumah," kata Pelatih Panjat Tebing Indonesia, Hendra Basir dalam konferensi pers di kawasan SCBD, Jakarta pada Sabtu (10/9/2022).

FPTI berharap ada rekor pribadi yang dipecahkan para atlet sepanjang gelaran. FPTI juga berharap secara timnas, Indonesia mampu menjadi yang terbaik di Piala Dunia Panjat Tebing 2022.

"Kami pengen juga timnasnya ada di podium utama," ujar Hendra lagi.

Baca Juga: Mantap! Kiromal Katibin Pecahkan Rekor Panjat Tebing Dunia Lagi

2. Diikuti lebih dari 190 atlet dari 27 negara

Tuan Rumah Piala Dunia Panjat Tebing, Indonesia Targetkan Medali Emas ANTARA FOTO/INASGOC/Hendra Nurdiyansyah

Ajang ini akan diikuti 27 negara. Hingga saat ini tercatat 197 atlet akan turun bertanding di Piala Dunia Panjat Tebing 2022.

Indonesia akan menurunkan 22 atlet di nomor speed (12 putra, 10 putri) dan 20 atlet di nomor lead (10 putra, 10 putri).

China dianggap sebagai pesaing terberat Indonesia saat ini. Selain itu, sederet negara Eropa juga diwaspadai seperti Spanyol dan Prancis.

3. Pertama dalam sejarah Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia Panjat Tebing

Tuan Rumah Piala Dunia Panjat Tebing, Indonesia Targetkan Medali Emas Optimisme membutuhkan daya juang dan pengorbanan. (Pexels.com/Allan Mas)

Ini akan jadi kali pertama dalam sejarah Indonesia menjadi tuan rumah ajang Piala Dunia Panjat Tebing. Persiapan dilakukan serapi mungkin.

FPTI bahkan mendatangkan dua tembok dari Eropa demi terselenggaranya kegiatan ini. Skuad Indonesia juga tak berpartisipasi dalam gelaran ISFC World Cup Edinburgh, Skotlandia yang tengah berlangsung pekan ini.

Hal ini dilakukan agar para atlet berfokus mencapai prestasi terbaik saat menjadi tuan rumah.

Baca Juga: Atlet Panjat Tebing Indonesia Kembali Pecahkan Rekor Dunia di Swiss!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya