Comscore Tracker

Unik, Laga Badminton Internasional Tanpa Juara Tunggal Putra

Duel rekan senegara batal bergulir

Jakarta, IDN Times - Keputusan tak biasa tercipta di ajang Syed Modi India International 2022. Tak ada juara yang muncul di sektor tunggal putra dalam turnamen ini, kok bisa?

Usut punya usut,  Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengumumkan final tunggal putra yang digelar di digelar di Babu Banarasi das Indoor Stadium, Lucknow, India, harus dibatalkan menyusul salah satu finalis terkonfirmasi positif COVID-19 pada Minggu (23/1/2022).

1. Duel rekan senegara batal bergulir

Unik, Laga Badminton Internasional Tanpa Juara Tunggal PutraTunggal Putra prancis, Arnaud Merkle (Instagram.com/arnaudmerkle)

Final tunggal putra seharusnya menyuguhkan duel dua wakil Prancis, Arnaud Merkle kontra Lucas Claerbout. Keduanya tampil di turnamen ini sebagai non-unggulan.

Arnaud Merkle mulus ke final usai tumbangkan wakil-wakil tuan rumah, India. Termasuk unggulan kelima, Pranoy H.S di perempat final.

Sementara Lucas menembus final usai menumbangkan sederet wakil non-unggulan lainnya. Termasuk pebulu tangkis Irlandia, Nhat Nguyen di semifinal.

Baca Juga: Daftar Lengkap Juara India Open 2022, Ada Kejutan

2. BWF batalkan final tunggal putra

Unik, Laga Badminton Internasional Tanpa Juara Tunggal PutraLogo BWF (Website/bwfbadminton.com)

Melansir dari laman resmi BWF, laga final tunggal putra terpaksa dibatalkan. Final tak mungkin ditunda, karena turnamen memang sudah seharusnya selesai.

"BWF mengonfirmasi salah satu finalis positif COVID-19 pagi ini. Finalis lainnya terindikasi sebagai kontak erat juga harus mundur dari turnamen," ujar BWF dalam keterangan resminya.

Dalam kondisi normal, jika salah satu pemain dinyatakan mundur, maka pemain lain yang tidak mundur akan otomatis menjadi juara. Namun, hal ini tidak dapat dilakukan mengingat kedua finalis menyatakan diri mundur.

"Status juara, peringkat dunia, dan hadiah selengkapnya akan disampaikan kemudian," tulis BWF.

3. Angka COVID-19 India

Unik, Laga Badminton Internasional Tanpa Juara Tunggal PutraSeorang pasien dengan gangguan pernapasan berbaring di dalam mobil sambil menunggu untuk masuk rumah sakit COVID-19 untuk perawatan, di tengah penyebaran penyakit virus corona (COVID-19), di Ahmedabad, India, Kamis (22/4/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Amit Dave

Melansir dari laman Worldometers, India mencatat penambahan 306.064 kasus baru COVID-19 per Minggu (23/1/2022). Angka kematian imbas pandemik di India bertambah 474 orang dalam 24 jam.

India tercatat memiliki 2.249.287 kasus COVID-19 aktif. Sejak gelaran turnamen BWF Super 500 India Open 2022 dua pekan lalu, sederet bintang bulu tangkis terkonfirmasi positif COVID-19.

Baca Juga: [BREAKING] Hendra/Ahsan Jadi Runner Up India Open 2022

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya