Comscore Tracker

Viktor Axelsen: Padepokan Dubai Terbuka untuk Lee Zii Jia

Kemana Lee Zii Jia akan berlabuh setelah keluar dari BAM?

Jakarta, IDN Times - Polemik yang dihadapi tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, usai memutuskan keluar dari pelatnas Malaysia menjadi perhatian sesama atlet bulu tangkis. Tunggal putra nomor satu dunia asal Denmark, Viktor Axelsen, salah satunya.

Setelah resmi mengundurkan diri dari Federasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM), Lee Zii Jia mendapat hukuman tak boleh turun bertanding selama dua tahun. Hal ini memicu amarah publik.

Memutuskan berkarier secara profesional, di mana nantinya Lee Zii Jia akan berlatih dan bernaung menjadi pertanyaan.

1. Axelsen sebut 'padepokan' Dubai terbuka untuk Lee Zii Jia

Viktor Axelsen: Padepokan Dubai Terbuka untuk Lee Zii JiaViktor Axelsen berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 (bwfbadminton.com)

Lebih dulu mengambil langkah menjadi pebulu tangkis profesional, Viktor Axelsen kini berlatih di kompleks olahraga mewah, Nad Al Sheba Sports Complex (NAS) Dubai. Pencinta bulu tangkis Indonesia menjulukinya dengan 'Padepokan' Dubai.

Peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu berlatih bersama pebulu tangkis profesional lainnya. Juara Dunia 2021, Loh Kean Yew asal Singapura, salah satunya.

Melihat kondisi Lee Zii Jia, Axelsen terang-terangan mengatakan 'padepokan' Dubai selalu terbuka untuk Lee Zii Jia.

"Lee Zii Jia sangat diterima. Dia diterima di sini (di Dubai). Saya patah hati melihat pemberitaan beberapa hari ini soal Lee Zii Jia dan Goh jin Wei," ujar Axelsen dalam video wawancara dengan Astro Arena.

2. Polemik panjang kasus Lee Zii Jia dan BAM

Viktor Axelsen: Padepokan Dubai Terbuka untuk Lee Zii Jiainstagram.com/leeziijia

Permasalahan yang mengikat Lee Zii Jia dan BAM belum menemukan jalan keluar. Keputusan BAM untuk melarang Lee Zii Jia turun bertanding nyatanya hanya memicu amarah publik.

Dukungan terus membanjiri Lee Zii Jia. Mulai dari dukungan dari sesama pebulu tangkis, hingga dukungan dari pencinta bulu tangkis.

3. Lee Zii Jia mengundurkan diri dari BAM

Viktor Axelsen: Padepokan Dubai Terbuka untuk Lee Zii Jiainstagram.com/leeziijia

Lee Zii Jia dikabarkan menyerahkan surat pengunduran dirinya dari BAM. Presiden BAM, Tan Sri Norza Zakaria mengatakan rangkaian pertemuan telah dilakukan bersama dengan pebulu tangkis peringkat 7 dunia ini.

Melansir dari The Star, Lee Zii Jia mengajukan surat pengunduran dirinya pada 11 Januari 2022. Segala upaya BAM untuk membujuk Lee Zii Jia bertahan disebut gagal.

"Kami melihat Lee Zii Jia sebagai aset kami dan kami mencoba membujuknya (untuk bertahan) karena kami sudah merawatnya sejak dia berusia 13 tahun," kata Norza mengutip The Star.

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya