Piala Sudirman di Depan Mata, Wiranto: Ayo Tiru Semangat Susy Susanti!

Minta doa restu masyarakat Indonesia untuk Piala Sudirman

Jakarta, IDN Times - Atlet bulutangkis Indonesia akan terbang ke Nanning, China, pada Rabu (15/5) mendatang untuk mengikuti perhelatan Piala Sudirman 2019. Ketua Umum PP PBSI, Wiranto, menyampaikan beberapa hal ketika memberangkatkan tim Indonesia secara simbolis di Hotel Century, Senayan, pada Sabtu (11/5).

Dilansir dari badmintonindonesia.org, tim Indonesia akan berada di bawah pimpinan kapten Hendra Setiawan. Wiranto menyampaikan harapannya kepada para atlet dan meminta doa restu masyarakat Indonesia.

1. Meminta doa restu masyarakat Indonesia

Piala Sudirman di Depan Mata, Wiranto: Ayo Tiru Semangat Susy Susanti!IDN Times/PBSI

Wiranto meminta doa restu dari masyarakat Indonesia. Ia meminta masyarakat mendoakan sebaik-baiknya agar tim Indonesia dapat membawa Piala Sudirman kembali ke Tanah Air.

"Kami mohon doa restu dari seluruh masyarakat Indonesia agar atlet-atlet kita yang berjuang di China, mudah-mudahan dapat membawa kembali Piala Sudirman ke Indonesia," kata Wiranto dikutip dari badmintonindonesia.org.

Baca Juga: 7 Pemain Indonesia yang Baru Debut di Piala Sudirman 2019

2. Wiranto sebut atlet harus punya semangat seperti Susi Susanty

Piala Sudirman di Depan Mata, Wiranto: Ayo Tiru Semangat Susy Susanti!badmintonindonesia.org

Kepada para atlet yang akan bertanding, Wiranto berharap para atlet memiliki semangat juang seperti seorang Susy Susanti. Sosok Susy dikenal sebagai salah satu pahlawan Indonesia dalam Piala Sudirman 1989.

Kala itu, Indonesia tertinggal 0-2. Turun di partai ketiga, Susy membalikkan keadaaan dan memenangkan pertandingan. Hal ini berhasil menjaga asa tim Indonesia yang akhirnya juga terbakar semangat dan merebut Piala Sudirman.

"Pada saat tertinggal 0-2, kan teorinya satu poin lagi kalah. Tapi tunggal putri penentu bisa main kesetanan, sehingga membalikkan keadaan dan menang. Bukan hanya teknik permainan, tapi juga mental. Jadi para pemain di Piala Sudirman ini harus punya mental seperti Susy di tahun 1989. Apalagi persaingan sekarang semakin ketat," kata Wiranto.

3. Rindu bawa pulang Piala Sudirman ke Tanah Air

Piala Sudirman di Depan Mata, Wiranto: Ayo Tiru Semangat Susy Susanti!IDN Times/PBSI

Mewakili tim Indonesia, Wiranto menyampaikan kerinduan publik Indonesia untuk kembali membawa pulang Piala Sudirman ke Tanah Air. Piala Sudirman terakhir dimenangkan Indonesia dalam penyelenggaraan pertamanya 30 tahun yang lalu.

"Kerinduan untuk membawa kembali Piala Sudirman sudah sedemikian dalam. Bukan hanya kami yang merindukan Piala Sudirman, tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia," kata Wiranto.

Baca Juga: Hendra Setiawan Jadi Kapten, Indonesia Siap Bawa Pulang Piala Sudirman

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya