Comscore Tracker

Wow, Perenang Muda Indonesia Elysha Pribadi Pecahkan 3 Rekornas

Elysha pecahkan tiga rekor dalam kurun waktu satu bulan

Jakarta, IDN Times - Kabar baik datang dari atlet renang Indonesia, Elysha Chloe Pribadi. Di masa pandemik COVID-19 ini, Elysha yang baru berusia 15 tahun itu berhasil memecahkan tiga rekor nasional hanya dalam kurun waktu satu bulan.

Tiga rekor nasional yang di dipecahkan Elysha yaitu 100 m dan 200 m gaya dada saat tampil pada 2020 McDonald's QLD Short Course Championship di Brisbane Aquatic Center, Australia, 26-27 September 2020 lalu. Dia juga memecahkan nomor 50 meter gaya dada pada 2020 Speedo Short Course Meet di tempat yang sama pada Agustus 2020.

1. Catatan waktu yang ditorehkan Elysha dan sukses mencatat rekor nasional

Wow, Perenang Muda Indonesia Elysha Pribadi Pecahkan 3 RekornasAtlet renang Indonesia, Elysha Chloe Pribadi (Instragram/elyypribadi)

Nomor pertandingan 100 m gaya dada, Elysha mencatat waktu 1 menit 10,56. Detik angka ini membawanya memecahkan rekor milik Ressa Kania Dewi yang sebelumnya mencatatkan diri selama 1 menit 10,57 detik.

Angka ini juga membawa Elysha membawa pulang medali perak dalam pertandingan tersebut.

Di nomor 200 meter gaya dada Elysha mencatat waktu 2 menit 37,56 detik. Capaian tersebut membawa gadis 15 tahun ini memecahkan rekor yang sebelumnya dimiliki Felicia Tjandra selama 14 tahun.

Dalam 2020 Speedo Short Course Meet yang berlangsung di Brisbane Aquatic Center pada 29 agustus 2020 lalu, Elysha mencatatkan rekor di nomor 50 meter gaya dada dengan perolehan waktu 33,12 detik.

Catatan waktu Elysha memutus rekor yang dipegang oleh Margareta Kreptadani (33,61 detik) yang diraih Margareta di Asian Indoor Martial Arts Games 2013 di Incheon, Korea Selatan kala itu.

Baca Juga: 10 Kolam Renang Terbaik di Jakarta, Cocok buat Hiburan Akhir Pekan

2. Elysha sempat merasa down menjalani persiapan di masa pandemik

Wow, Perenang Muda Indonesia Elysha Pribadi Pecahkan 3 RekornasAtlet renang Indonesia, Elysha Chloe Pribadi (Instragram/elyypribadi)

Elysha sendiri mengaku sempat merasa cukup down saat menjalani masa persiapan di tengah pandemi COVID-19 yang masih mewabah secara global.

"Di masa sulit ini, jujur saya cukup down dan banyak merenungkan masa depan saya," kata Elysha mengutip dari ANTARA pada Kamis (1/10/2020).

"Waktu mulai latihan kembali, saya merasa berat sekali dan benar-benar harus memulai semuanya lagi dari awal," lanjut dia.

Untuk meraih rangkaian prestasi cetakan rekor nasional yang dibuatnya, Elysha berlatih di Australia. Dia sempat berhenti latihan selama 10 pekan lantaran kebijakan lockdown di negara tersebut.

3. Elysha berlatih renang di laut setelah rehat 10 minggu

Wow, Perenang Muda Indonesia Elysha Pribadi Pecahkan 3 RekornasAtlet renang Indonesia, Elysha Chloe Pribadi (Instragram/elyypribadi)

Sempat tertahan waktu latihannya karena kebijakan lockdown di Australia, Elysha mengaku terpaksa berlatih di laut. Latihan ini dipilih untuk dilakukan sebagai upaya dari ayahnya, Reza Pribadi, guna mengembalikan kemampuan fisik Elysha Setelah rehat cukup lama.

"Saya berhenti berenang selama 10 minggu sebelum akhirnya latihan 3 bulan dan ikut lomba," ujar Elysha.

"Saya juga latihan di laut setiap dua hari sekali," lanjut dia.

Selama selama menjalani latihan di laut, Elysha didampingi sang ayah. Dia mengaku memaksa ayahnya ikut berenang di laut karena khawatir laut Australia banyak hiu. Elysha merasakan tantangan tersendiri berlatih renang di laut karena dirinya kerap harus berenang melawan arus.

4. Lama masuk dalam pantauan, Elysha dibidik untuk SEA Games 2021

Wow, Perenang Muda Indonesia Elysha Pribadi Pecahkan 3 RekornasAtlet renang Indonesia, Elysha Chloe Pribadi (Instragram/elyypribadi)

Terlepas dari capaian rekornya sekarang Elysha ternyata sudah ah dalam incaran Indonesia.

Wakil ketua umum PB Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Harlin Rahardjo menyebutkan Elysha sebenarnya sudah dipantau sejak awal. Dia menyebutkan Elysha sudah dipantau sejak mengikuti Indonesia Open Aquatic Championship hingga tingkat Asia Tenggara.

Menurut Harlin, bukan tidak mungkin atlet junior seperti Elysha masuk dalam kandidat Timnas di ajang SEA Games 2021 mendatang.

"Menatap SEA Games 2021 PRSI fokus untuk regenerasi," ujar Harlin.

Harlin menyampaikan, kini para perenang lapis dua Indonesia mulai menunjukkan taringnya.

"Semoga hasil dari Elysha ini bisa menginspirasi para perenang junior Indonesia yang lain untuk naik ke level yang lebih tinggi," ujar Harlin.

Baca Juga: Jadi Atlet Renang di Film Terbaru, 10 Potret Shin Min Ah Makin Glowing

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya