Hasil Positif Timnas U23 3x3 di Ajang Nations League di Ulan Bator

Indonesia raih 2 perak

Timnas 3x3 baru saja melakoni kompetisi bertajuk Nations League di Ulan Bator, Mongolia pada 1 dan 3 Juni 2018. Turnamen tersebut diadakan sebanyak dua kompetisi yaitu Stop 1 pada tanggal 1 Juni 2018, dan Stop 2 pada tanggal 3 Juni 2018.

Turnamen ini diikuti oleh 6 tim yaitu Mongolia (Tuan rumah), Uganda, Sri Langka, Cina, Indonesia dan Mongolia U-18. Sebagai informasi, turnamen ini merupakan ajang uji coba timnas 3x3 menghadapi Asian Games 2018 nanti.

Indonesia sendiri mengirimkan satu tim putra dan satu tim putri. Tim Putra diperkuat Muhammad Reza Fahdani Guntara, Erick Jonathan Gosal, Kevin Moses Eliazer Poetiray dan Nuke Tri Saputra.

Sedangkan Tim Putri diperkuat Jovita Elizabeth, Christie Apriyani, Dewa Ayu Made Sriartha, dan Regita Pramesti.

1. Hasil stop 1

Hasil Positif Timnas U23 3x3 di Ajang Nations League di Ulan Batorhttp://www.fiba.basketball

Kabar menggembirakan ditorehkan Timnas Putri 3x3 yang berhasil menyabet posisi runner up, setelah di babak final timnas putri 3x3 tidak mampu mengimbangi permainan tim Cina. Pertandingan final tersebut berakhir dengan keunggulan yang cukup telak, yaitu 21-9 untuk tim putri Cina. Sebelum melangkah ke babak final, timnas putri 3x3 Indonesia mampu menghempaskan perlawanan tim putri tuan rumah pada babak semifinal dengan skor 21-9.

Nasib timnas putra 3x3 pada gelaran Stop 1 tidak seberuntung Tim Putri. Pada babak penyisihan grup, di mana Indonesia tergabung bersama Cina dan Uganda, Indonesia hanya mampu menjadi runner up grup. Hasil tersebut setelah Timnas Putra Indonesia ditaklukkan tim putra Cina dengan skor 21-10.

Posisi runner up grup membuat Tim Putra Indonesia harus berhadapan dengan juara grup yaitu Mongolia. Di babak semifinal tersebut, tim putra belum mampu meredam ketangguhan tim tuan rumah, dan harus menyerah 21-15.

Dengan demikian di Stop 1, hasil yang diraih Indonesia adalah Tim Putri juara 2 dan Tim Putra juara 4.

2. Hasil stop 2

Hasil Positif Timnas U23 3x3 di Ajang Nations League di Ulan Batorhttp://www.fiba.basketball

Perjuangan belum berakhir. Setelah menuai hasil yang cukup positif pada Stop 1 tanggal 1 juni 2018, timnas 3x3 Indonesia kembali berlaga pada Stop 2 tanggal 3 juni 2018. Timnas 3x3 putra lebih termotivasi untuk meraih hasil yang lebih baik dari Stop 1.

Pada gelaran Stop 2, timnas putra tergabung dengan tim Mongolia dan Mongolia U-18. Hasil dari penyisihan grup Timnas Putra mampu mengalahkan duo Mongolia dengan skor masing-masing 21-19 (mongolia U-18), dan 21-13 saat berhadapan dengan Mongolia Senior.

Sedangkan pada babak semifinal Timnas Putra mampu meredam Timnas Uganda dengan skor tipis 11-10. Pada babak final, Timnas Putra kembali berhadapan dengan Tim Mongolia Senior.

Meskipun di penyisihan grup, Timnas Putra mampu memenangkan pertandingan. Namun pada babak final, Timnas Putra tidak mampu mengulanginya dan harus takluk dengan skor 22-14.

Hasil kurang memuaskan ditorehkan timnas 3x3 putri. Timnas Putri tidak mampu memperbaiki prestasi runner up pada Stop 1 dan bahkan Timnas Putri hanya mampu duduk di peringkat 4 pada Stop 2.

Hasil tersebut ditorehkan setelah Timnas putri hanya mampu duduk diposisi 2 pada saat penyisihan grup dan kalah telak (17-8) pada babak semifinal melawan Cina.

3. Semoga siap saat menghadapi Asian Games 2018

Hasil Positif Timnas U23 3x3 di Ajang Nations League di Ulan Batorfiba.basketball

Secara keseluruhan kompetisi Nations League Ulan Bator Stop 1 dan Stop 2 Indonesia berhasil meraih 2 medali perak yang diperoleh timnas putra dan putri. Semoga hasil positif ini bisa terus dipertahankan sampai penyelenggaraan Asian Games 2018.

MMaS Aji Photo Writer MMaS Aji

Pemerhati Sosial, Ekonomi dan Olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya