Mengintip Langsung Pembuatan Sepeda Polygon, Lokal Pride!

Potret pembuatan sepeda Polygon langsung dari pabrik!

Jakarta, IDN Times - Siapa yang tak kenal merek sepeda ternama Polygon? Brand kenamaan lokal asal Indonesia ini ternyata bisa memproduksi hingga ribuan sepeda per hari.

Sepeda yang dibuat pun memiliki jenis berbeda-beda, mulai dari roadbike, gravel bike, mountain bike, hingga hybrid bike. Permintaan sepeda Polygon disebut-sebut terus meningkat di masa pandemik COVID-19.

“Dalam beberapa tahun terakhir, ada pandemi COVID-19 dan memang sangat sulit untuk kami. Tapi sekarang kami membuka pabrik kembali, pandemi semakin membaik, tren sepeda juga terus diminati,” kata Direktur Polygon, Steven Wijaya.

Bagaimana sebenarnya proses produksi sepeda Polygon secara massal?

1. Berawal dari beberapa frame alloy dan karbon

Mengintip Langsung Pembuatan Sepeda Polygon, Lokal Pride!Bahan baku frame Polygon terbuat dari alloy atau karbon. (IDNTimes/Melani Putri)

Bahan baku rangka atau frame sepeda Polygon terbuat dari alloy, chromoly, atau karbon, bergantung pada jenis sepeda. Bahan dasar yang masih berbentuk pipa tersebut akan dibentuk melalui beberapa proses.

Kebanyakan produksi sepeda Polygon dilakukan oleh tenaga manusia, termasuk proses membuat rangka sepeda. 

2. Rangka yang sudah dibentuk masih melalui beberapa proses dan quality control

Mengintip Langsung Pembuatan Sepeda Polygon, Lokal Pride!Contoh rangka sepeda Polygon yang sudah dibentuk. (IDNTimes/Melani Putri)

Rangka sepeda yang telah dibentuk melalui proses pemotongan dan di-press dengan mesin, rangka sepeda akan melalui proses las agar terbentuk segitiga. Setelah proses ini, rangka akan masuk tahap quality control.

Baca Juga: Sepeda Gunung Polygon, Harga Mulai Rp4 Jutaan

3. Proses quality control oleh beberapa ahli

Mengintip Langsung Pembuatan Sepeda Polygon, Lokal Pride!Proses pengelasan rangka sepeda Polygon. (IDNTimes/Melani Putri)

Beberapa bagian rangka yang sudah terbentuk masih melalui proses quality control. Rangka sepeda itu kemudian kembali disambungkan antara bagian depan dan belakang. 

Tak sembarangan, setiap tahapannya begitu diperhatikan ahli. Alhasil, Polygon acap menghasilkan sepeda-sepeda berkualitas, yang tak kalah dengan merek luar.

5. Proses pengelasan sepeda Polygon

Mengintip Langsung Pembuatan Sepeda Polygon, Lokal Pride!Quality control rangka sepeda Polygon. (IDNTimes/Melani Putri)

Masih di tahap pengelasan, rangka sepeda akan dicek sudut kemiringan dan proporsinya untuk memastikan kekuatan dan ketahanan dari sepeda. Tahapan ini dilakukan berkali-kali dalam setiap proses pembuatan sepeda Polygon jenis apa pun, baik itu roadbike, gravel bike, mountain bike, mau pun hybrid bike.

Baca Juga: Sejarah Sepeda Polygon, Merek Lokal yang Berkibar di Dunia

5. Mesin las robotics milik Polygon

Mengintip Langsung Pembuatan Sepeda Polygon, Lokal Pride!Mesin las menggunakan teknologi robot. (IDNTimes/Melani Putri)

Polygon juga mempunyai robot las untuk membantu mempercepat produksi massal sepeda. Robot ini memiliki kecerdasan buatan sehingga bisa dirancang untuk proses las bagian sepeda apa pun sesuai kebutuhan. 

Produksi menggunakan robotic ini bisa menghasilkan pengelasan sebanyak 1.400 rangka per 20 jam. Namun tak semua sepeda Polygon dilas menggunakan robot.

6. Rangka sepeda dipanaskan untuk kualitas terbaik

Mengintip Langsung Pembuatan Sepeda Polygon, Lokal Pride!Oven untuk memanaskan rangka yang sudah melalui proses las. (IDNTimes/Melani Putri)

Rangka yang sudah disatukan (join) bagian depan dan belakang akan dipanaskan dalam oven 545 derajat celcius selama 45 menit. Hal ini bertujuan agar rangka molekul baja mengecil dan lebih kuat. 

7. Frame dicuci dengan fosfat

Mengintip Langsung Pembuatan Sepeda Polygon, Lokal Pride!Frame dicuci dengan fosfat dan air agar cat menempel. (IDNTimes/Melani Putri)

Rangka dicuci dengan fosfat dan H20 satu persatu agar tak ada debu dan kotoran yang menempel. Tujuan pencuci juga agar proses pengecatan lebih mudah dan tahan lama. 

8. Tahap pengecatan sepeda Polygon

Mengintip Langsung Pembuatan Sepeda Polygon, Lokal Pride!Proses pengecatan sepeda Polygon. (IDNTimes/Melani Putri)

Proses pengecatan sepeda Polygon melalui beberapa tahapan mulai dari clearing, penempelan cat sesuai kebutuhan, dan proses penempelan stiker. 

Polygon memiliki beberapa teknik untuk menempelkan stiker dengan tujuan stiker lebih timbul, atau bersatu dengan cat. 

9. Proses cat sepeda Polygon dilakukan oleh tenaga manusia

Mengintip Langsung Pembuatan Sepeda Polygon, Lokal Pride!Proses pengecatan sepeda Polygon. (IDNTimes/Melani Putri)

Proses cat sepeda Polygon dilakukan oleh beberapa kali oleh sejumlah pekerja. Dalam tahap ini juga dilakukan quality control sebelum sepeda dirakit dan digunakan.

10. Proses stiker di sepeda Polygon

Mengintip Langsung Pembuatan Sepeda Polygon, Lokal Pride!Penempelan stiker di sepeda Polygon. (IDNTimes/Melani Putri)

Penempelan stiker pada sepeda Polygon dilakukan satu persatu oleh setiap pegawai. Sepeda yang sudah dicat dan distiker akan mendapatkan barcode sesuai nomor rangka sepeda.

Barcode dan nomor rangka sepeda ini berguna untuk quality control dan memastikan keasilan sepeda Polygon. Nomor rangka sepeda juga digunakan untuk keperluan service

11. Pemasangan komponen sepeda

Mengintip Langsung Pembuatan Sepeda Polygon, Lokal Pride!Penyimpanan komponen sepeda Polygon. (IDNTimes/Melani Putri)

Rangka sepeda yang sudah melalui proses cat dan penomoran akan melalui proses pemasangan komponen berupa rantai, stang, hingga ban sepeda. 

12. Proses pengetesan sebelum dipasarkan

Mengintip Langsung Pembuatan Sepeda Polygon, Lokal Pride!Salah satu rangka sepeda yang dites oleh Polygon. (IDNTimes/Melani Putri)

Sebelum dipasarkan, setiap batch produksi sepeda akan melalui beberapa tahap pengetesan. Pengetesan ini dilakukan menggunakan mesin untuk menguji ketahanan sepeda terhadap guncangan dan manuver di lapangan.

13. Dipasarkan lewat gerai-gerai

Mengintip Langsung Pembuatan Sepeda Polygon, Lokal Pride!Sepeda listrik Polygon Sage V3 (polygonbikes.com)

Sepeda yang sudah lolos quality control akan dipasarkan melalui gerai retail Polygon. Harga sepeda Polygon bervariasi sesuai jenis dan modelnya. 

Baca Juga: Tim Polygon Bikes Raih Podium Kedua di Trophy of Nations

Topik:

  • Rendra Saputra
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya