Kalahkan Juara Bertahan, Tim Uber Thailand Cetak Sejarah

Masuk final untuk pertama kalinya dalam sejarah

Kejutan terjadi di semifinal Piala Uber tahun ini. Tim tuan rumah Thailand muncul sebagai kuda hitam dengan mengalahkan juara bertahan Tiongkok. Tampil sebagai juara bertahan dan unggulan kedua, Tiongkok difavoritkan menang dan melaju ke final untuk ke-18 kalinya. Namun, Thailand tampil perkasa dan memaksa Tiongkok mengakui keunggulan Thailand setelah dikalahkan 3-2. Berikut fakta-fakta pertandingan Tiongkok vs Thailand.

1. Masuk final untuk pertama kalinya dalam sejarah

Kalahkan Juara Bertahan, Tim Uber Thailand Cetak SejarahBWF Badminton

Dalam sejarah panjang perhelatan Piala Uber, Thailand belum pernah menjejakkan kaki di final. Prestasi terbaik mereka adalah mencapai semifinal pada tahun 2012. Tahun ini, tampil di depan publik sendiri, tentu Thailand ingin memberikan yang terbaik.

Kemenangan Ratchanok Intanon atas Chen Yufei menjadi pembuka jalan bagi Thailand. Sempat terjadi susul menyusul poin hingga partai terakhir dimainkan, Busanan Ongbamrungphan melengkapi perjuangan Thailand dengan mengalahkan peraih medali emas olimpiade, Li Xuerui, sekaligus memastikan membawa Thailand menuju final untuk pertama kalinya.

2. Memutuskan rekor Tiongkok 32 tahun selalu masuk final

Kalahkan Juara Bertahan, Tim Uber Thailand Cetak SejarahThe Star

Dalam 32 tahun terakhir, Tiongkok selalu konsisten masuk final. Dengan koleksi sebanyak 14 kali juara dan 3 kali runner-up, Tiongkok begitu perkasa di turnamen beregu putri. Namun Thailand mematahkan rekor tersebut. Kekalahan mereka hari ini merupakan kekalahan pertama yang mereka derita di semifinal dalam 32 tahun terakhir.

3. Memecahkan rekor durasi pertandingan terlama

Kalahkan Juara Bertahan, Tim Uber Thailand Cetak SejarahBWF Badminton

Pertandingan semifinal Thailand vs Tiongkok menjadi pertandingan terlama sepanjang perhelatan Thomas Uber Cup 2018 yaitu 335 menit. Ini memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Tim Thomas Denmark vs Malaysia sepanjang 293 menit.

Melihat hasil ini, membuktikan bahwa kekuatan tim Thailand sudah mengalami kemajuan dan tidak dapat dipandang sebelah mata. Thailand sangat solid di beregu dan status tim tuan rumah menambah semangat mereka. Luar biasa Thailand! Selamat berjuang di final Uber Cup vs Jepang dan cetaklah sejarah untuk pertama kalinya!

Michelle Layanto Photo Writer Michelle Layanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya