Catat Tanggalnya! 5 Olahraga Balap yang Paling Dinanti Tahun 2018

#What'sIn2018 Indonesia bahkan dipilih untuk menggelar balapan internasional lho

Menonton olahraga balap memang seru. Menyaksikan para pebalap saling adu cepat menjadi nomor 1 di sirkuit akan memberikan kepuasan tersendiri bagi penonton yang menonton langsung atau di televisi.

Buat kamu penggemar olahraga adu cepat, setiap memasuki tahun baru berarti musim balapan baru. Tentu musim baru juga menjadi harapan baru buat kamu yang punya pebalap favorit, dan sudah tak sabar pastinya menunggu ajang balap kesukaanmu dimulai.

Berikut ini ada lima olahraga balap yang paling dinanti tahun 2018. Manakah yang menjadi favoritmu? Catat tanggal pembukaannya, supaya kamu bisa menyaksikan semua seri balapannya dari awal!

1. Dakar Rally (6 Januari 2018)

Catat Tanggalnya! 5 Olahraga Balap yang Paling Dinanti Tahun 2018dakar.com

Dulunya ajang balapan ini dikenal dengan nama Paris Dakar Rally, karena mengacu pada tempat penyelenggaraan yang diadakan sejak tahun 1978 di Paris, Prancis menuju Dakar, Senegal.

Namun karena kondisi keamanan di Afrika, tahun 2008 balapan ini ditiadakan. Tahun 2009 balapan ini kembali diadakan namun tempat penyelenggaraan di pindah ke Amerika Selatan.

Seperti dilansir dari situs resmi Dakar.com, untuk tahun 2018 Dakar Rally akan diadakan di Peru, Bolivia, dan Argentina. Meskipun etape pertama sudah bergulir 6 Januari, tapi kamu bisa tetap menyaksikan etape lain yang akan terus berlangsung sampai tanggal 20 Januari 2018.

Balapan ini adalah balapan yang paling menantang. Karena lintasannya yang panjang dan medannya selalu menyulitkan. Selain itu, mobil kendaraan lain juga ikut balapan ini seperti sepeda motor, UTV, buggy dan truk!

2. MXGP (4 Maret 2018)

Catat Tanggalnya! 5 Olahraga Balap yang Paling Dinanti Tahun 2018mxgp.com

MXGP adalah kelas tertinggi di balapan Motocross. Meskipun tidak sepopuler MotoGP, bukan berarti balapan yang satu ini bisa dilupakan begitu saja. Balapan yang berlangsung di sirkuit tanah liat ini tetap layak ditonton. Kondisi trek dengan tantangannya, membutuhkan skill dan fisik yang prima dari para pembalap.

Dilansir dari situs resmi Mxgp.com, tahun 2018 ini akan ada 20 seri balapan MXGP yang akan diselenggarakan di 16 negara berbeda di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ya, Indonesia akan mengelar event balapan Internasional ini.

Tak tanggung-tanggung. Dua seri langsung digelar di Indonesia. Pangkal Pinang dan Semarang adalah dua lokasi yang bakal mengelar seri balapan MXGP secara berurutan pada tanggal 1 dan 8 Juli 2018. 

Sementara untuk seri pertamanya MXGP akan dihelat di Argentina pada tanggal 4 Maret 2018.

3. MotoGP (18 Maret 2018)

Catat Tanggalnya! 5 Olahraga Balap yang Paling Dinanti Tahun 2018motogp.com

Tak perlu banyak penjelasan untuk mengambarkan balapan yang menjadi kegemaran tua dan muda ini. Rata-rata dari kamu juga pasti sudah memiliki pebalap favorit di MotoGP yang akan selalu dinantikan aksinya di tiap seri balapan.

Untuk tahun 2018, Thailand untuk pertama kalinya akan menggelar MotoGP di Sirkuit Internasional Buriram pada seri ke 15. 

Sementara untuk seri pembuka akan di adakan di Sirkuit Internasional Losail Qatar pada tanggal 18 Maret 2018. Catat tanggal balapan perdanannya, dan saksikan pembalap favoritmu dari awal sampai akhir seri ke-19.

4. F1 (25 Maret 2018)

Catat Tanggalnya! 5 Olahraga Balap yang Paling Dinanti Tahun 2018formula1.com

Walaupun dianggap balapan ini tak menarik, dan mulai ditinggalkan oleh para penonton. Ajang balapan jet darat ini tetap menarik untuk disaksikan. Apalagi di musim 2018 nanti akan ada sejumlah perubahan baik dari sisi regulasi dan sejumlah pembalap baru yang akan meramaikan ajang balapan yang satu ini.

Tahun 2018 adalah musim ke 69 balapan ini digelar, akan ada 21 seri atau yang biasa disebut Grand Prix. Australian Grand Prix adalah balapan perdana F1 yang akan digelar pada 25 Maret 2018.

5. Tour de France (7 Juli 2018)

Catat Tanggalnya! 5 Olahraga Balap yang Paling Dinanti Tahun 2018letour.fr

Kejuaraan balap sepeda Tour de France menjadi ajang balap sepeda yang paling bergengsi di dunia. Tour de France adalah balapan jalanan jarak jauh untuk pembalap sepeda profesional dan sudah diadakan sejak tahun 1903. 

Untuk tahun 2018, Tour de France akan diadakan pada tanggal 7-29 Juli 2018, dengan jarak tempuh 3.329 km dan berakhir pada etape ke 21. Balapan sepeda ini akan diikuti oleh 176 rider dari seluruh dunia.

Nah, itu dia lima ajang balapan di tahun 2018. Ada yang jadi favoritnya kamu?

Mirza Fahmi Photo Verified Writer Mirza Fahmi

Pencinta kopi dan air hangat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya