Comscore Tracker

5 Fakta Lee Chong Wei, Legenda Badminton Malaysia yang Divonis Kanker 

Atlet legenda tunggal putra yang kini telah gantung raket

Lee Chong Wei merupakan pemain badminton profesional asal Malaysia yang mampu membawa harum nama bangsanya dengan pernah menjadi tunggal putra peringkat 1 dunia. Atlet kelahiran Penang, 21 Oktober 1982 ini merupakan satu-satunya pemain badminton asal Malaysia yang mampu memegang peringkat teringgi tersebut selama lebih dari setahun.

Namun, lama tak terdengar namanya, kini Lee Chong Wei dikabarkan sedang sakit. Sakit keras yang ia hadapi mengharuskannya mundur dari dunia badminton yang telah meninggikan namanya.

Berikut fakta tentang Lee Chong Wei, sang legenda badminton asal Malaysia.

1. Bercita-cita menjadi pebasket

5 Fakta Lee Chong Wei, Legenda Badminton Malaysia yang Divonis Kanker hype.my

Pada saat Lee Chong Wei kecil dulu, ia sangat menyukai olahraga basket dan bercita-cita menjadi atlet basket. Namun sang ibu, Khor Kim Choi tidak menginginkan anaknya menggeluti basket. Pada saat usia 10 tahun, Lee Chong Wei kecil dibawa oleh ayahnya ke sekolah khusus bulu tangkis. Sejak saat itu ia mulai menyukai dan serius dengan olahraga tersebut hingga ia mampu menjadi atlet kebanggaan Malaysia.

2. Memiliki gelar “Datuk”

5 Fakta Lee Chong Wei, Legenda Badminton Malaysia yang Divonis Kanker Success Stories

Sebagai atlet kebanggaan Malaysia yang telah mengharumkan nama bangsa, Lee Chong Wei dianugerahi gelar Datuk oleh Darjah Setia Pangkuan Negeri (DSPN) pada Agustus 2008 setelah ia berhasil mengantongi medali perak di Olimpiade Beijing.

Gelar Datuk merupakan gelar yang diberikan oleh pemerintah Malaysia bagi warganya yang memberikan kontribusi besar bagi negara dimana gelar ini hanya diberikan kepada 800 orang saja.

Baca Juga: Legenda Bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, Gantung Raket

3. Raja Super Series

5 Fakta Lee Chong Wei, Legenda Badminton Malaysia yang Divonis Kanker The Independent Singapore

Lee Chong Wei mengakhiri karir bulu tangkisnya dengan status raja super series dimana ia berhasil memenangkan 47 gelar super series. Tidak hanya itu saja, ia juga berhasil memperoleh 3 medali perak olimpiade, serta 3 medali perak dalam kejuaraan dunia.

4. Termasuk dalam 4 legenda bulu tangkis dunia

5 Fakta Lee Chong Wei, Legenda Badminton Malaysia yang Divonis Kanker Badminton Planet

Dunia pernah mengenal 4 legenda bulu tangkis yang mampu membuat era terbaik bagi sejarah tunggal putra. Mereka adalah Taufik Hidayat, Lin Dan, Peter Gade, dan Lee Chong Wei.

Peter Gade terlebih dahulu pensiun pada tahun 2012 yang kemudian disusul Taufik Hidayat pada tahun 2013. Dan pada Juni 2019 Lee Chong Wei resmi menyatakan gantung raket sehingga dari legenda-legenda ini hanya tersisa Lin Dan saja yang masih berkiprah di dunia bulu tangkis.

5. Divonis sakit kanker

5 Fakta Lee Chong Wei, Legenda Badminton Malaysia yang Divonis Kanker www.xinhuanet.com

Pada tahun 2018, Lee Chong Wei divonis kanker hidung dimana kanker ini menyerang rongga hidung dan sinus pranasal. Sempat dinyatakan sehat, Lee Chong Wei kembali ke kamp pelatihan pada Januari 2019. Ia pun menargetkan untuk tampil kembali di Malaysia Open 2019. Namun ketika itu dokter meminta Lee Chong Wei untuk benar-benar berhenti dari badminton agar penyakitnya tidak kambuh.

Akhirnya, walaupun berat karena harus berpisah dengan olahraga yang telah ia geluti selama lebih dari dua puluh tahun, Lee Chong Wei menyatakan menggantung raketnya pada Kamis, 13 Juni 2019.

Walaupun ia tidak bisa tampil dan menyumbang emas dalam olimpiade Tokyo 2020, namun Lee Chong Wei telah berusaha yang terbaik dan menjadi legenda bulu tangkis  yang akan selalu dikenang oleh dunia. Terimakasih Lee Chong Wei!

Baca Juga: [FOTO] Air Mata Iringi Keputusan Pensiun Lee Chong Wei

Monica Agustina Wijaya Photo Community Writer Monica Agustina Wijaya

Still waters run deep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You