Jelang Pensiun, Dani Pedrosa Resmi Dinobatkan Sebagai Legenda MotoGP

Gimana perasaan kalian, fans Dani Pedrosa?

Menjelang seri terakhir Kejuaraan Dunia MotoGP musim 2018, pebalap senior MotoGP Dani Pedrosa akhirnya resmi dinobatkan sebagai Legenda MotoGP di Hall of Fame pada tanggal 14 November 2018.

Resmi berakhir kontraknya setelah 13 tahun lamanya membela tim Repsol Honda dan hampir 18 tahun secara keseluruhan di Honda Racing Company, Dani Pedrosa mengakhiri karirnya sebagai pebalap mulai tahun 2019.

1. Nama Dani Pedrosa akhirnya tertulis di Hall of Fame bersanding dengan nama para legenda MotoGP lainnya.

Jelang Pensiun, Dani Pedrosa Resmi Dinobatkan Sebagai Legenda MotoGPinstagram.com/motogp

Presiden FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) Vito Ippolito dan CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta memberikan penghargaan dan meresmikan gelar Legenda MotoGP langsung kepada Dani Pedrosa di Hall of Fame. Dengan dilantiknya Pedrosa, kini total ada 27 Legenda MotoGP yang mendapatkan kehormatan namanya tercatat dalam sejarah balapan motor paling bergengsi di dunia.

Sebelumnya CEO Dorna, Ezpeleta menegaskan bahwa Pedrosa akan mendapatkan gelarnya di penghujung seri MotoGP 2018.

2. Karir Pedrosa dan sejumlah kemenangan yang pernah diraihnya

Jelang Pensiun, Dani Pedrosa Resmi Dinobatkan Sebagai Legenda MotoGPinstagram.com/motogp

Dani Pedrosa mengakhiri karirnya sebagai pebalap MotoGP dengan menorehkan sejumlah prestasi. Pedrosa memulai debutnya dengan Honda di kejuaraan dunia 125cc pada tahun 2001. Setelah memenangkan kelas 125cc tahun 2003 dan kelas 250cc tahun 2004-2005, pebalap yang memiliki julukan The Little Samurai ini bergabung dengan tim Repsol Honda pada kelas premier MotoGP tahun 2006.

Pebalap Spanyol ini memiliki tubuh mungil dengan tinggi 160cm dan berat 51kg. Meski berbadan kecil, Pedrosa dikagumi karena kepiawaiannya mengendarai motor balap bersaing dengan para pemegang titel juara dunia dan berhasil meraih posisi runner up pada tahun 2007, 2010, dan 2012. Walaupun belum pernah menjadi juara dunia MotoGP, Pedrosa terhitung banyak merperoleh podium. Total secara keseluruhan berkarir di MotoGP hingga saat ini, Pedrosa sudah menjadi juara seri 31 kali dan finish balapan dengan memperoleh podium 112 kali (dilansir dari crash.net). 

Rekor prestasinya ini menjadi salah satu yang terbanyak dan dedikasinya selama ini begitu besar sehingga diputuskan oleh FIM dan Dorna Sport, Pedrosa layak menyandang Legenda MotoGP walaupun belum memiliki gelar juara dunia. Keputusan ini mirip dengan yang terjadi pada Legenda MotoGP sebelumnya, Randy Mamola.

Baca Juga: Ternyata 4 Pasang Pembalap MotoGP Ini Bersaudara, Sudah Tahu Belum?

3. Sejumlah rider MotoGP berkebangsaan Spanyol datang menghadiri penobatan Pedrosa

Jelang Pensiun, Dani Pedrosa Resmi Dinobatkan Sebagai Legenda MotoGPinstagram.com/9326champs

Beberapa nama rider MotoGP papan atas antara lain Jorge Lorenzo, Maverick Vinales, dan tentu saja teman satu timnya, Marc Marquez hadir menyaksikan pemberian gelar legenda di Hall of Fame. Dihadiri juga oleh orangtua dan sahabat Pedrosa untuk memberikan support.

Momen penuh haru nampak saat konferensi pers digelar dan Marc Marquez memberikan pertanyaan seputar perasaan Pedrosa menjelang akhir karirnya di MotoGP. Walau nampak berat, Pedrosa menjawab pertanyaan Marquez dengan senyuman. Untungnya di akhir sesi tanya jawab, Lorenzo melontarkan pertanyaan lucu kepada Pedrosa untuk kembali mencerahkan suasana.

4. Walau tidak balapan lagi, Pedrosa masih akan muncul di sirkuit sebagai test rider Redbull-KTM tahun depan.

Jelang Pensiun, Dani Pedrosa Resmi Dinobatkan Sebagai Legenda MotoGPinstagram.com/dee_ashray

Pensiun dari MotoGP bukan berarti Pedrosa benar-benar menghilang dari dunia balap yang digelutinya sejak tahun 1999. Dilansir dari motorsport.com, Pedrosa akan menjadi test rider selama dua musim (dua tahun) untuk perusahaan pesaing KTM yang baru bergabung dua tahun di MotoGP.

"Mendapatkan pebalap yang berpengalaman dan memiliki keahlian seperti Dani dalam proyek MotoGP kami adalah sebuah pertanda kuat bahwa tim kami berjalan menuju arah yang benar. Dan kami akan terus berjuang sekuat yang kami bisa.", kata Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer.

Dani Pedrosa bersama Mika Kalio akan mengembangkan motor tim KTM yang tahun depan akan dibela oleh tandem Johann Zarco dan Pol Espargaro. Beirer berharap keberadaan mereka dapat membantu tim Redbull-KTM mengejar ketertinggalan dengan perusahaan motor balap papan atas.

Manajer Tim Redbull-KTM, Mike Leitner menambahkan "Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Dani. Menjadi tiga kali juara dunia (di kategori 125 dan 250cc) dan tiga kali runner-up MotoGP. Saya mengenalnya dengan baik sejak kami pernah bekerja bersama. Dia masih sangat kompetitif dan saya percaya dia akan membantu proyek besar kami dan mengembangkan motor."

Terima kasih telah memberikan kami tontonan MotoGP yang menarik, Dani Pedrosa. Semoga sukses selalu ke depannya.

Baca Juga: Sirkuit MotoGP Bakal Dibangun di Mandalika, Berikut Spesifikasinya

muezzatika Photo Writer muezzatika

It's a must to work hard, but don't forget to pray harder ^-^

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya