5 Pebasket Serbia yang Bermain di NBA 2021/2022

Warisan besar dari cerita Yugoslavia

Pada masa lalu, Yugoslavia merupakan negara raksasa di dunia bola basket. Namun, saat ini, mereka telah terpecah menjadi tujuh negara berbeda. Negara-negara ini memiliki kekuatannya masing-masing.

Serbia, sebagai pusat pemerintahan Yugoslavia masa lalu, juga punya torehan hebat di dunia bola basket saat ini. Dalam berbagai ajang, tim nasional bola basket Serbia kerap ditakuti layaknya Amerika Serikat, Prancis, dan Spanyol.

Soal bakat, mereka juga memiliki segalanya. Puluhan pemain asal Serbia hilir mudik masuk NBA sejak lama. Musim ini, setidaknya ada lima pemain berkebangsaan Serbia yang aktif bermain untuk tim NBA. Siapa sajakah mereka?

1. Nemanja Bjelica

5 Pebasket Serbia yang Bermain di NBA 2021/2022Nemanja Bjelica (nba.com)

Nama yang pertama ialah Nemanja Bjelica. Pada NBA Draft 2010, ia terpilih di urutan ke-35 oleh Washington Wizards. Kendati terpilih pada 2010, kariernya di NBA baru dimulai pada 2015 bersama Minnesota Timberwolves.

Secara prestasi, Nemanja Bjelica memang tidak memiliki torehan menarik dari segi individu maupun tim selama bermain di NBA. Walaupun begitu, Bjelica dikenal sebagai seorang power forward yang dapat diandalkan dan jago mencetak poin dari kesempatan tembakan tiga poin.

Selain Minnesota Timberwolves, Nemanja Bjelica juga pernah membela Sacramento Kings dan Miami Heat di NBA. Kini, ia tengah bermain untuk Golden State Warriors.

2. Boban Marjanovic

5 Pebasket Serbia yang Bermain di NBA 2021/2022Boban Marjanovic (nba.com)

Gagal terpilih pada NBA Draft 2010 membuat Boban Marjanovic baru mencicipi NBA pada 2015. Pada tahun tersebut, ia mendapatkan kontrak dari San Antonio Spurs yang berstatus sebagai juara musim sebelumnya.

Sama seperti Nemanja Bjelica, Marjanovic juga belum berhasil mendapatkan torehan menarik selama bermain di NBA. Dari kelima tim yang pernah ia bela, yakni San Antonio Spurs, Detroit Pistons, LA Clippers, Philadephia 76ers, dan Dallas Mavericks, Boban justru lebih sering bermain sebagai pelengkap.

Center dengan tinggi 221 cm ini sering dimainkan menjelang akhir laga. Marjanovic memang sangat dominan di bawah rim dan juga punya kemampuan dalam bertahan. Namun, karena geraknya yang lambat, membuat ia kurang efektif jika dimainkan dengan banyak menit bermain.

Baca Juga: 5 Pebasket Aktif yang Memiliki Postur Tertinggi di NBA Saat Ini

3. Bogdan Bogdanovic

5 Pebasket Serbia yang Bermain di NBA 2021/2022Bogdan Bogdanovic (nba.com)

Di timnas bola basket Serbia, Bogdan Bogdanovic merupakan motor serangannya. Musim ini, Bogdanovic bermain untuk Atlanta Hawks dan telah memasuki musim ke-4 di NBA. Sama seperti dua nama sebelumnya, setelah ajang NBA Draft, Bogdan tidak langsung bermain di NBA.

Dipilih di urutan ke-27 oleh Phoenix Suns pada NBA Draft 2014, Bogdan baru bermain di NBA pada 2017 bersama Sacramento Kings. Selama di NBA, ia baru mendapatkan dua penghargaan individu, yakni NBA Rising Star Challenge MVP dan NBA All-Rookie Second Team 2018.

4. Nikola Jokic

5 Pebasket Serbia yang Bermain di NBA 2021/2022Nikola Jokic (nba.com)

Nikola Jokic jelas menjadi pemain berkebangsaan Serbia paling menonjol saat ini. Statusnya sebagai pemain bintang dan menjadi NBA MVP 2021 merupakan alasan ia layak disebut yang paling menonjol. Musim ini, Jokic telah masuk kepada musim ke-6 bersama Denver Nuggets di NBA.

Dilihat dari gaya bermain, Nikola Jokic merupakan sosok center dominan dengan kemampuan  yang cukup langka. Pria berumur 26 tahun ini memiliki kemampuan hebat dalam urusan mengoper layaknya seorang point guard. Selain itu, tembakan tiga poinnya juga cukup baik sehingga membantu timnya dalam torehan poin.

5. Aleksej Pokusevski

5 Pebasket Serbia yang Bermain di NBA 2021/2022Aleksej Pokusevski (ca.nba.com)

Nama yang terakhir ialah Aleksej Pokusevski. Ia menjadi pebasket asal Serbia termuda di NBA. Power forward berusia 19 tahun ini berhasil terpilih di urutan ke-17 pada gelaran NBA Draft 2020 oleh Minnesota Timberwolves.

Namun, Pokusevski akhirnya ditukar ke Oklahoma City Thunder yang menjadi timnya saat ini. Dengan penampakan fisik yang tinggi kurus dan kemampuan tiga poin yang apik, Pokusevski sering kali disamakan dengan Kristaps Porzingis yang saat ini bermain untuk Dallas Mavericks.

Itulah lima pebasket berkebangsaan Serbia yang saat ini bermain untuk tim NBA. Pada musim lalu, terdapat dua pemain Serbia lain yang menjajal NBA, yakni Marko Guduric dan Alen Smailagic. Namun, kedua nama tersebut akhirnya kembali lagi ke Eropa untuk melanjutkan kariernya di sana.

Baca Juga: 6 Pemain Asing yang Berhasil Meraih Gelar NBA Most Improved Player

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya