Comscore Tracker

5 Pemain Terbaik yang di-Draft Philadelphia 76ers 25 Tahun Terakhir  

Sejatinya draft Philadelphia 76ers selalu bertabur bintang

Philadelphia 76ers merupakan salah satu tim paling legendaris di NBA. Bahkan, Sixers bisa disebut sebagai pendiri dari kompetisi bola basket terbesar di dunia ini. Dengan nama awal Syracuse Nationals, Sixers berdiri di tahun 1946 dan masih bertahan hingga sekarang.

Dalam perjalanannya, 3 gelar juara dari 9 kesempatan telah mereka dapatkan. Selain itu, Sixers juga dikenal dengan pemain-pemainnya yang melegenda, terutama yang berasal dari hasil pick melalui ajang NBA Draft.

Lantas siapa sajakah pemain terbaik yang di-draft Philadelphia 76ers dalam 25 tahun terakhir? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya!

1. Allen Iverson

5 Pemain Terbaik yang di-Draft Philadelphia 76ers 25 Tahun Terakhir  potret Allen Iverson (sixerswire.usatoday.com)

NBA Draft 1996 dikenal sebagai kelas draft terbaik dalam sepanjang sejarah NBA. Pada tahun tersebut, Philadelphia 76ers berhasil mendapatkan kesempatan men-draft pemain di urutan pertama dan menjatuhkan pilihannya kepada seorang Allen Iverson.

Shooting guard asal Virginia ini memang sangat melegenda bersama Sixers. Bahkan, nomor punggung 3 yang Iverson gunakan di Sixers juga telah dipensiunkan. Total 12 musim ia habiskan bersama Sixers dengan catatan 26.7 PPG, 3,7 RPG dan 6,2 APG. Di masa-masa tersebut juga Iverson berhasil meraih penghargaan NBA MVP di tahun 2001.

Selepas hengkang dari Sixers di tahun 2006, Iverson tercatat pernah membela Denver Nuggets, Detroit Pistons dan Memphis Grizzlies di NBA. Selain NBA MVP, AI juga mencatatkan 11 kali penampilan di NBA All-Star game, 4 kali NBA Scoring Champions dan 3 kali masuk NBA All-First Team.

2. Andre Iguodala

5 Pemain Terbaik yang di-Draft Philadelphia 76ers 25 Tahun Terakhir  potret Andre Iguola (hothothoops.com/USA Today)

Sebelum mendapatkan tiga gelar juara NBA bersama Golden State Warriors, Andre Iguodala pernah berkarier bersama Philadelphia 76ers. Tim asal Pennsylvania ini merupakan tim pertama yang Iguodala bela di NBA, sejak di-draft di urutan ke-4 pada gelaran NBA Draft 2004.

Walaupun menjadi tulang punggung tim, semasa berseragam Sixers Iguodala hanya mampu menjadi bagian dari NBA All-Rookie First Team saja. Sedangkan gelar lain seperti NBA Finals MVP, NBA All-Defensive First Team dan NBA All-Star, berhasil Ia dapatkan kala membela Golden State Warriors dan Denver Nuggets.

Baca Juga: Ini 6 Divisi Wilayah yang Ada di Kompetisi NBA

3. Nikola Vucevic

5 Pemain Terbaik yang di-Draft Philadelphia 76ers 25 Tahun Terakhir  potret Nikola Vucevic (sports.yahoo.com)

Nama Nikola Vucevic mulai dikenal publik kala ia berhasil tampil gemilang dan menjadi kekuatan utama Orlando Magic selama bertahun-tahun. Pemain berkebangsaan Montenegro ini memang memiliki skill komplit walaupun tidak terlalu dominan sebagai seorang center.

Sejauh ini, Vucevic telah dua kali berpartisipasi dalam NBA All-Star Game dan saat ini telah berseragam Chicago Bulls. Namun, tak banyak orang yang menyadari jika Sixers-lah yang men-draftnya di urutan ke-16 pada gelaran NBA Draft 2011. Tetapi saat membela Sixers, Vucevic tidak tampil bersinar sehingga membuatnya harus di-trade ke Orlando Magic di tahun 2012.

4. Joel Embiid

5 Pemain Terbaik yang di-Draft Philadelphia 76ers 25 Tahun Terakhir  potret Joel Embiid (instagram.com/joelembiid)

Pada gelaran NBA Draft 2014, Philadelphia 76ers berhasil mendapatkan seorang Joel Embiid di urutan ke-3. Proses draft Embiid ini sebetulnya merupakan sebuah perjudian yang besar bagi Sixers. Pasalnya, Sixers harus menunggu selama dua tahun untuk bisa melihat Embiid debut di NBA.

Padahal, di tahun yang sama, Sixers sebetulnya bisa mendapatkan Aaron Gordon ataupun Zach LaVine yang menjadi potensi terdekat. Namun, penantian tersebut terbayar tuntas dengan performa Embiid saat ini dengan labelnya sebagai pemain bintang dan menjadi andalan Philadephia 76ers saat ini.

Sejak memulai debut di tahun 2016, total empat kali NBA All-Star telah Embiid ikuti. Selain itu, ia pernah menjadi runner-up NBA MVP musim 2020/2021 serta tiga kali tergabung dalam All-NBA Second Team dan tiga kali masuk dalam NBA All-Defensive Second Team yang kian menjadi bukti kehebatan center asal Kamerun selama ini.

5. Ben Simmons

5 Pemain Terbaik yang di-Draft Philadelphia 76ers 25 Tahun Terakhir  potret Ben Simmons (sport.sky.it)

Nama yang terakhir ialah Ben Simmons yang di-draft oleh Sixers di urutan pertama pada gelaran NBA Draft 2016. Bersama Embiid, Simmons juga merupakan pemain terpenting di Sixers selama beberapa tahun terakhir. Kemampuan Simmons dalam bertahan dan bermain di banyak posisi menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi Sixers.

Sejauh ini, point guard asal Australia ini telah berhasil tiga kali ikut serta dalam NBA All-Star Game dan dua kali masuk dalam NBA All-Defensive First Team. Selain itu, Simmons juga merupakan pemenang NBA Rookie of the Year dan pemuncak NBA Steal Leader di tahun 2020.

Itulah 5 pemain terbaik yang di-draft oleh Philadelphia 76ers dalam 25 edisi NBA Draft terakhir. Siapakah yang menjadi favoritmu di tim Philadelphia 76ers?

Baca Juga: Gak Disangka, Ini 5 Rookie Tertua Sepanjang Sejarah NBA

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya