5 Pemenang NBA Summer League MVP dalam 5 Edisi Terakhir

Lonzo Ball menang pada 2017

NBA Summer League merupakan ajang pemanasan menjelang NBA musim reguler. Turnamen ini biasanya ditujukan bagi pemain muda berstatus rookie dan sophomore. Begitu pun bagi mereka yang ingin mencari suaka di tim NBA.

Meski sering dianggap sebelah mata, turnamen ini terbukti jadi pembangkit semangat para pemain muda. Beberapa pemain yang tampil impresif pada turnamen ini terkadang juga tampil hebat di kompetisi NBA yang sesungguhnya, terutama mereka yang pernah meraih gelar Most Valuable Player (MVP) di turnamen musim panas.

Berikut 5 pemain NBA yang mendapat gelar MVP NBA Summer League dalam 5 musim terakhir.

1. Davion Mitchell dan Cameron Thomas (2021)

5 Pemenang NBA Summer League MVP dalam 5 Edisi TerakhirCameron Thomas (nba.com)

Sempat absen karena pandemik COVID-19, NBA Summer League kembali digelar pada 2021. Untuk edisi kali ini, terpilih dua MVP, yakni Davion Mitchell (Sacramento Kings) dan Cameron Thomas (Brooklyn Nets).

Terpilihnya dua MVP pada NBA Summer League bukan pertama kalinya terjadi. Pada edisi 2012, Damian Lillard (Portland Trail Blazers) dan Josh Shelby (Memphis Grizzlies) juga dinobatkan sebagai MVP bersama.

2. Brandon Clarke (2019)

5 Pemenang NBA Summer League MVP dalam 5 Edisi TerakhirBrandon Clarke (nba.com)

Pada edisi 2019, Memphis Grizzlies benar-benar membangun fondasi tim yang dihuni para pemain muda. Hasilnya bisa terlihat saat ini. Tim asal Tennesse tersebut punya kekuatan yang didominasi pemain muda berbakat, seperti Jaren Jackson Jr, Desmond Bane, dan Ja Morant.

Memphis Grizzlies sukses merengkuh gelar juara NBA Summer League 2019. Dalam turnamen tersebut, Brandon Clarke akhirnya terpilih sebagai MVP.

Kesuksesan tersebut juga jadi sebuah motivasi bagi Clarke untuk tampil hebat pada tahun pertamanya di NBA. Ia sukses masuk NBA All-Rookie First Team 2020.

Baca Juga: 12 Pemenang Terakhir MVP NBA Summer League

3. Josh Hart (2018)

5 Pemenang NBA Summer League MVP dalam 5 Edisi TerakhirJosh Hart (nba.com)

Berstatus sebagai sophomore pada NBA Summer League 2018, Josh Hart sukses meraih gelar MVP NBA Summer League. Saat itu, Hart masih membela Los Angeles Lakers. Sayangnya, ia gagal membawa Lakers jadi juara pada tahun tersebut.

Penampilan impresif Josh Hart di NBA Summer League juga tak terlalu banyak mengangkat nama dan prestasinya di NBA. Statusnya masih sering menjadi pemain pelengkap.

4. Lonzo Ball (2017)

5 Pemenang NBA Summer League MVP dalam 5 Edisi TerakhirLonzo Ball (nba.com)

Kakak LaMelo Ball, Lonzo, sukses jadi pemenang MVP NBA Summer League 2017. Sama seperti Josh Hart, Lonzo juga membela Los Angeles Lakers pada gelaran NBA Summer League kala itu.

Meski prestasinya saat ini baru masuk NBA All-Rookie Second Team 2018, Lonzo Ball cukup punya nama sebagai salah satu point guard elite di NBA. Sejak 2021/2022 lalu, Lonzo jadi andalan Chicago Bulls. Ia juga pernah membela Los Angeles Lakers dan New Orleans Pelicans.

5. Tyus Jones (2016)

5 Pemenang NBA Summer League MVP dalam 5 Edisi TerakhirTyus Jones (nba.com)

Saat masih membela Duke University di NCAA, Tyus Jones termasuk sebagai point guard yang hebat. Ia akhirnya terpilih di urutan ke-24 pada NBA Draft 2015 sebelum ditukar ke Minnesota Timberwolves.

Pada tahun keduanya di NBA, Tyus Jones ikut serta dalam NBA Summer League 2016. Saat itu, ia sukses terpilih jadi MVP meski gagal membawa Minnesota Timberwolves juara.

Pemenang MVP NBA Summer League tak selalu bisa menampilkan performa hebat saat di NBA. Kendati demikian, raihan penghargaan itu bisa jadi pembangkit semangat para pemain muda.

Baca Juga: 10 Pemain NBA yang Sandingkan Gelar MVP dan Finals MVP

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya