5 Power Forward Non-Amerika Serikat Terbaik di NBA Saat Ini

Ada Domantas Sabonis dan Giannis Antetokounmpo

Sejak lama, bigman di dunia bola basket NBA telah menjadi sosok dan pemegang peran penting. Bahkan, sebelum milenium baru, pebasket dengan postur tinggi dan besar lebih diminati ketimbang pemain lincah yang jago dalam melakukan shoot ataupun passing.

Walaupun bigman lebih lekat kepada seorang center, tetapi bigman juga punya kaitan erat dengan posisi power forward. Selain punya tanggung jawab dalam keamanan rim dan rebound, seorang power forward juga dituntut untuk bisa mencetak angka, baik lewat lay up, dunk, ataupun shoot three point.

Sejak lama pula, pebasket non-Amerika Serikat datang ke NBA untuk mencicipi kerasnya kompetisi basket terbaik dunia ini. Lantas siapa sajakah power forward terbaik di NBA saat ini? Berikut daftar dan ulasannya. Check this out!

1. Giannis Antetokounmpo

5 Power Forward Non-Amerika Serikat Terbaik di NBA Saat IniGiannis Antetokounmpo (nba.com)

Tak akan ada yang mendebatkan Giannis Antetokounmpo sebagai power forward asing terbaik di NBA. Bahkan, Giannis juga layak disebut sebagai pemain asing terbaik di NBA saat ini. Performa, prestasi, dan peran vitalnya bersama Milwaukee Bucks menjadi alasan ia pantas menyandang gelar tersebut.

Sejak mulai berkarier di NBA pada 2013, pemain berkebangsaan Yunani ini telah berhasil mendapatkan hampir seluruh gelar yang tersedia di NBA. Gelar NBA MVP, NBA Finals MVP, NBA Defensive Player of the Year, NBA Most Improved Player, dan gelar juara NBA telah Giannis dapatkan.

Belum lagi torehan statistiknya dalam lima tahun terakhir membuat Giannis juga sangat layak disebut sebagai pebasket terbaik NBA saat ini.

2. Domantas Sabonis

5 Power Forward Non-Amerika Serikat Terbaik di NBA Saat IniDomantas Sabonis (dknation.draftkings.com)

Pada awal kariernya di NBA, Domantas Sabonis hanya bisa disebut sebagai pemain pelengkap tim. Bahkan, ada juga pihak yang menilai jika Domantas tidak akan sehebat dan melegenda seperti ayahnya, Arvydas Sabonis.

Namun, kini Sabonis telah menjelma sebagai salah satu power forward hebat. Performanya sebagai tulang punggung Indiana Pacers dalam tiga tahun terakhir memang sangat menarik perhatian. Berkat torehan tersebut, bigman asal Lithuania ini berhasil masuk dalam tim NBA All-Star dalam dua tahun terakhir.

Baca Juga: 10 Potret Russell Westbrook, Bintang NBA Bergaya Modis

3. Kristaps Porzingis

5 Power Forward Non-Amerika Serikat Terbaik di NBA Saat IniKristaps Porzingis (nypost.com)

Walaupun performanya dianggap menurun dan sering mengalami cedera, faktanya Kristaps Porzingis masih memiliki rataan statistik yang cukup gemilang. Musim lalu, Porzingis mampu menorehkan rataan 20,1 poin per game, 8,1 rebound per game dan 1,5 assist per game sebagai power forward utama Dallas Mavericks.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan pria asal Latvia ini masuk ke dalam daftar power forward asing terbaik di NBA saat ini. Sejak bermain di NBA pada 2015, Porzingis berhasil masuk dalam NBA All-Rookie First Team dan menjadi bagian dari NBA All-Star Game pada 2018.

Dengan usianya yang baru menginjak 26 tahun, Porzingis sebetulnya punya opsi dan peluang besar untuk meningkatkan performanya sebagai pemain bintang di NBA.

4. Pascal Siakam

5 Power Forward Non-Amerika Serikat Terbaik di NBA Saat IniPascal Siakam (bleacherreport.com)

Sama seperti Domantas Sabonis, Pascal Siakam juga mengalami peningkatan performa yang signifikan sejak tiga tahun terakhir. Bahkan, pada 2019, power forward kelahiran Kamerun ini berhasil menyabet gelar NBA Most Improved Player.

Selepas kepergian Kawhi Leonard, Marc Gasol, dan yang terbaru Kyle Lowry, jelas Pascal Siakan menjadi pemain yang paling diandalkan oleh Toronto Raptors. Walaupun kini terganggu dengan cedera, Pascal Siakam diyakni akan mampu menjadi pemain terhebat di Raptors dan mendapat rataan poin di atas 20 poin seperti dua tahun terakhir.

5. Lauri Markkanen

5 Power Forward Non-Amerika Serikat Terbaik di NBA Saat IniLauri Markkanen (nbcsports.com)

Nama yang terakhir ialah Lauri Markkanen. Ia baru pindah ke Cleveland Cavaliers dari Chiacago Bulls pada awal musim ini. Pria asal Finlandia ini digolongkan sebagai salah satu power forward asing terbaik di NBA saat ini.

Walaupun prestasi terbesarnya di NBA hanya baru menjadi bagian dari NBA All-Rookie First Team, Markkanen punya potensi besar untuk menjadi pemain hebat. Di samping umurnya yang masih muda, Markkanen punya kemampuan three point shoot di atas rata-rata bigman pada umumnya.

Itulah lima power forward non-Amerika Serikat terbaik yang saat ini bermain di NBA. Sejak lama, power forward asing memang punya reputasi baik di NBA. Pertanyaannya, apakah nama-nama di atas akan bisa melanjutkan reputasi baik tersebut?

Baca Juga: 5 Mantan Pemain NBA yang Sukses Berkarier sebagai General Manager

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya