Comscore Tracker

5 'Steal Draft' Terbaik di 5 Edisi Terakhir Gelaran NBA Draft

Karir yang meningkat perlahan #IDNTimesSport

NBA Draft 2021 telah usai digelar, Jumat (30/7/2021). Sesuai prediksi, nama-nama top seperti Cade Cunningham, Jalen Green, Jalen Suggs dan Evan Mobley mengisi slot top pick tahun ini. Meskipun begitu, sejarah NBA menunjukan jika top pick bukanlah jaminan para rookie ini bisa bersinar di NBA.

Karena usaha, konsistensi dan keberuntungan juga akan berpengaruh besar jika mereka terjun di NBA. Sehingga tak heran jika pemain-pemain first pick seperti Anthony Bennett, Kwame Brown hingga Greg Oden akhirnya tidak dapat bersinar di NBA.

Sebaliknya, para pemain first rounder yang tidak masuk ke daftar 10 besar pick juga masih berpeluang untuk memiliki karir yang gemilang di liga basket tertinggi Amerika Serikat itu. Giannis Antetokounmpo, Nikola Jokic dan Kawhi Leonard sudah membuktikan hal tersebut. Pemain-pemain dengan kisah seperti ini biasa disebut dengan pemain steal draft.

Selain ketiga nama tersebut, dalam 5 edisi terakhir gelaran NBA Draft beberapa nama bintang yang berasal dari pick jauh di luar 10 besar hingga masuk kategori pemain steal draft. Siapa sajakah nama-nama tersebut? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya. 

1. Pascal Siakam 

5 'Steal Draft' Terbaik di 5 Edisi Terakhir Gelaran NBA Draftpotret Pascal Siakam (sportsnet.ca)

Pada gelaran NBA Draft 2016, Toronto Raptors benar-benar mendapatkan seorang pemain hebat dengan hanya bermodal urutan first round pick ke-27 pada diri Pascal Siakam. Namun, awal karir Siakam memang tak segemilang apa yang ia tunjukan sekarang.

Pebasket berkebangsaan Kamerun ini sempat tersingkir dari roster utama dan harus bermain di G-League selama setahun. Dengan semangat dan usahanya yang luar biasa, Siakam akhirnya bisa kembali ke tim utama dan memegang peran penting saat Toronto Raptors berhasil juara dua tahun lalu.

Kini, Siakam telah mencapai level seorang pemain bintang dengan membuktikan dirinya bisa menjadi tulang punggung Toronto Raptors di dua tahun terakhir. Selain itu, Ia juga pernah tergabung ke dalam NBA All-Star Team 2020 dan mendapatkan penghargaan All-NBA Second Team di tahun yang sama.  

2. Malcom Brogdon

5 'Steal Draft' Terbaik di 5 Edisi Terakhir Gelaran NBA Draftpotret Malcolm Brogdon (behindthebuckpass.com)

Walaupun performanya tak sebaik di tahun pertama, namun Malcom Brogdon memang sangat layak disebut sebagai seorang steal draft. Pasalnya, saat ia masih berstatus sebagai rookie, Brogdon mampu menjadi tulang punggung tim dan meraih gelar NBA Rookie of the Year 2017.

Faktanya, Malcolm Brogdon merupakan satu-satunya pemain yang di-draft pada secound round picks yang mampu meraih gelar NBA Rookie of the Year di era modern. Hal ini jelas menjadi sebuah keuntungan bagi Milwaukee Buck yang menmilihnya di urutan ke-36 pada NBA Draft 2016.

Baca Juga: Detroit Pistons Gaet Cade Cunningham di NBA Draft 2021

3. Donovan Mitchell

5 'Steal Draft' Terbaik di 5 Edisi Terakhir Gelaran NBA Draftpotret Donovan Mitchell (deseret.com)

Performa hebatnya membawa Utah Jazz bersinar dalam beberapa tahun ke belakang. Bersama Rudy Gobert, Donovan Mitchell berhasil menjadikan Utah Jazz pemuncak Western Conferences musim lalu.

Pemain yang di-draft di urutan ke-13 pada gelaran NBA Draft 2017 ini telah berstatus sebagai pemain bintang dengan gaji yang telah mencapai titik maksimal. Tergabung dalam NBA All-First Rookie Team 2018, Juara NBA Slam Dunk Contest 2018 dan 2 kali masuk NBA All-Star adalah alasan mengapa Donovan Mitchell layak disebut sebagai seorang steal draft.

4. Bam Adebayo 

5 'Steal Draft' Terbaik di 5 Edisi Terakhir Gelaran NBA Draftpotret Bam Adebayo (newsone.com)

Terpaut satu urutan dari Donovan Mitchell, Bam Adebayo juga tergolong sebagai pemain steal draft. Di umurnya yang baru menginjak 24 tahun, Bam Adebayo telah berhasil 2 kali meraih All-NBA Defensive Second Team dan menjadi bagian dari tim NBA All-Star 2020.

Bam Adebayo yang di-draft oleh tim Miami Heat tumbuh sebagai center yang kokoh. Bahkan, pada tahun 2020, Bam Adebayo berhasil membawa Miami Heat mencapai babak final NBA sebelum akhirnya dikalahkan oleh LA Lakers.

5. Matisse Thybulle

5 'Steal Draft' Terbaik di 5 Edisi Terakhir Gelaran NBA Draftpotret Mattise Thybulle (thesixersense.com)

Philadelphia 76ers berhasil mendapatkan seorang steal draft dalam diri Matisse Thybulle. Pemain berkebangsaan Australia ini di-draft oleh Sixers pada gelaran NBA Draft 2019 di urutan ke-20. Usai melakoni sophomore year, Thybulle telah menunjukan potensinya sebagai calon defender NBA yang hebat.

Sebagai seorang small forward, Thybulle bisa mengumpulkan rataan 1,5 SPG dan 0,9 BPG di 2 musim pertamanya. Hebatnya, musim ini Thybulle telah tergabung di deretan NBA All-Defensive Second Team walaupun ia jarang sekali tampil sebagai starter.

Itulah 5 steal draft terbaik dalam 5 edisi terakhir NBA Draft. Urutan ambil dalam NBA Draft memang tidak selalu menentukan prestasi pemain di NBA. Namun, urutan di awal karir bisa menjadi pemacu motivasi bagi para pemain-pemain tersebut.

Mampukah pemain di luar 10 besar NBA Draft Class of 2021 yang baru terpilih kemarin merangsek menjadi seorang pemain kategori steal draft ini?

Baca Juga: NBA Gaet Eks Presiden Amerika Serikat Barack Obama

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya