Comscore Tracker

5 Tim NBA yang Paling Banyak Memensiunkan Nomor Punggung

Deretan tim legendaris dengan sejarah panjang

Banyak sekali hal yang bisa diberikan oleh sebuah tim dan fans untuk menghormati jasa para legendanya. Memensiunkan nomor punggung merupakan salah satu caranya. Memensiunkan nomor punggung di NBA telah dianggap sebagai penghargaan tertinggi terhadap jasa seorang pemain.

Para pemain legenda yang setia, atau bisa memberikan dampak signifikan terhadap tim, sering kali menjadi sosok yang nomor punggungnya dipensiunkan. Hampir semua tim NBA pernah memensiunkan nomor punggung, kecuali LA Clippers dan Toronto Raptors.

Jika ada tim yang sama sekali tidak memensiunkan nomor punggung, maka ada juga tim yang paling banyak memensiunkan nomor punggung. Lantas, tim mana sajakah yang paling banyak memensiunkan nomor punggung di NBA?

1. Boston Celtics

5 Tim NBA yang Paling Banyak Memensiunkan Nomor PunggungLarry Bird, penggawa Boston Celtics (nba.com)

Tim yang paling banyak memensiunkan nomor punggung di kompetisi NBA ialah Boston Celtics. Total ada 22 nomor punggung dari 22 tokoh berbeda yang dipensiunkan oleh tim asal Massachusetts ini. Salah satunya ialah nomor punggung 1 yang dipensiunkan untuk menghormati pendiri Boston Celtics, Walter Brown.

Banyaknya nomor punggung yang dipensiunkan memang berbanding lurus dengan sejarah dan prestasi yang dimiliki Celtics. Hingga saat ini, Boston Celtics masih menjadi pemegang gelar NBA terbanyak dengan jumlah 17 gelar. Celtics terbentuk pada 1946, sebelum musim pertama NBA diselenggarakan.

2. Portland Trail Blazers

5 Tim NBA yang Paling Banyak Memensiunkan Nomor PunggungClyde Drexler, penggawa Portland Trail Blazers (newarena.com)

Walaupun baru berdiri pada 1970, Portland Trail Blazers telah memensiunkan 12 nomor punggung dalam timnya. Sama seperti Boston Celtics, Portland Trail Blazers juga memensiunkan nomor punggung 1 untuk pemilik pertama tim tersebut, yakni Larry Weinberg.

Selain itu, nomor punggung 77 juga mereka pensiunkan untuk mengenang jasa Jack Ramsay, pelatih yang membawa Blazers juara NBA pertama kali. Nomor punggung 77 diartikan sebagai tahun di mana Portland Trail Blazers merengkuh juara NBA.

Baca Juga: Peluang Juara Golden State Warriors jika Klay Thompson Kembali

3. Los Angeles Lakers

5 Tim NBA yang Paling Banyak Memensiunkan Nomor PunggungKobe Bryant, penggawa LA Lakers (nba.com)

Selain Boston Celtics, LA Lakers juga menjadi tim dengan jumlah gelar juara NBA terbanyak dengan torehan 17 gelar juara. LA Lakers memiliki sejarah yang panjang di NBA. Lakers pertama kali berdiri pada 1947 di Minneapolis.

Pada 1960, mereka pindah ke California dan menetap di Los Angeles hingga sekarang. Sejarah yang panjang dan segudang prestasi membuat Lakers banyak memensiunkan nomor sepanjang kiprahnya sebagai sebuah tim. Total 11 nomor punggung telah mereka pensiunkan hingga saat ini. Salah satunya nomor mendiang Kobe Bryant (8 dan 24).

4. Sacramento Kings

5 Tim NBA yang Paling Banyak Memensiunkan Nomor PunggungVlade Divac, penggawa Sacramento Kings (nba.com)

Sacramento Kings merupakan tim tua NBA yang saat ini masih tersisa. Tim yang kini bermarkas di Sacramento, California, tersebut pertama kali didirikan pada 1923 dengan nama Rochester Seagrams. Sempat beberapa kali berganti nama dan berpindah kota, sejak 1985, mereka tak pernah beranjak dari Sacramento.

Sebagai tim legendaris, tentu mereka telah banyak memensiunkan nomor punggung. Sama seperti Lakers, mereka juga telah memensiunkan 11 nomor punggung. Istimewanya, Sacramento Kings sengaja memensiunkan nomor punggung 6 sebagai bentuk penghargaan untuk dedikasi fans yang sering disebut sebagai sixth man.

5. Detroit Pistons

5 Tim NBA yang Paling Banyak Memensiunkan Nomor PunggungIsiah Thomas, penggawa Detroit Pistons (nba.nbcsports.com)

Sama seperti dua tim sebelumnya, Detroit Pistons juga telah 11 kali memensiunkan nomor punggung. Detroit Pistons yang berdiri pada 1937 telah tiga kali menjadi juara NBA pada 1989, 1990, dan 2004.

Banyaknya pemain yang berperan penting pada masa-masa itu menjadi alasan Detroit Pistons memensiunkan 11 nomor punggung.  Namun, dari 11 nomor tersebut, terdapat satu nomor punggung, yakni nomor punggung 2, yang dipensiunkan untuk Chuck Daly, pelatih yang membawa Pistons juara pada 1989 dan 1990.

Deretan tim ini merupakan tim-tim legendaris yang tersohor karena prestasi dan sejarah mereka. Dalam beberapa masa ke depan, urutan ini mungkin saja berubah, mengingat banyaknya pemain hebat yang membawa kejayaan bagi beberapa tim NBA saat ini. Kemungkinan nomor punggungnya dipensiunkan cukup besar.

Baca Juga: Timnas AS dan Jalan Isaiah Thomas untuk Kembali ke NBA

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Penulis udah lulus kuliah nih, IDN Media ga minat hire gitu?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya