5 Alumnus Duke University yang Terpilih di Urutan Pertama NBA Draft

Duke sukses catatkan sejarah!

NBA Draft 2022 telah dilaksanakan pada 24 Juni 2022. Orlando Magic menjadi tim yang berkesempatan mengambil pilihan pertama pada kelas ini, disusul oleh Oklahoma City Thunder dan Houston Rockets di posisi kedua dan ketiga.

NBA Draft 2022 jadi sebuah pencapaian istimewa bagi tim Duke Blue Devils dari Duke University. Pasalnya, Duke University sukses menjadi universitas yang paling banyak menempatkan alumnusnya sebagai overall pick pertama dalam sejarah NBA Draft. Total telah ada lima pebasket alumnus Duke University yang jadi pick pertama NBA Draft. Siapa saja mereka dan bagaimana kiprahnya? Berikut ulasannya.

1. Art Heyman

5 Alumnus Duke University yang Terpilih di Urutan Pertama NBA DraftArt Heyman (nba.nbcsports.com)

Alumnus Duke University pertama yang terpilih di urutan pertama pada gelaran NBA Draft adalah Art Heyman. Pemain yang menghabiskan 3 tahun (1960—1963) membela tim Duke Blue Devils ini terpilih oleh New York Knicks pada NBA Draft 1963.

Saat itu, Art Heyman masih bermain di era ABA. Selama tujuh tahun berkarier di ABA, Art Heyman pernah membela delapan tim berbeda. Dalam kurun waktu tersebut, Heyman sukses jadi juara ABA pada 1968 bersama Minnesota Pipers.

2. Elton Brand

5 Alumnus Duke University yang Terpilih di Urutan Pertama NBA DraftElton Brand (sportingnews.com)

Berjangka waktu lebih dari 20 tahun, Duke University kembali sukses mengirimkan alumnusnya di urutan pertama NBA Draft. Kali ini, seorang center bernama Elton Brand terpilih oleh Chicago Bulls di urutan pertama pada NBA Draft 1999.

Meski tak sukses jadi superstar NBA, performa Elton selama berkarier di NBA tak begitu mengecewakan. Selama 17 tahun berkarier di NBA, Brand pernah mengikuti NBA All-Star Game sebanya 2 kali (2002 dan 2006), masuk All-NBA Second Team (2006), dan jadi runner-up NBA Rookie of the Year (2000).

Baca Juga: 5 Pemain non-Amerika Serikat yang Terpilih di NBA Draft 2022

3. Kyrie Irving

5 Alumnus Duke University yang Terpilih di Urutan Pertama NBA DraftKyrie Irving (nba.com)

Pernah membela Duke Blue Devils selama setahun, Kyrie Irving sukses terpilih di urutan pertama NBA Draft 2011. Point guard yang lahir di Australia ini dipilih oleh Cleveland Cavaliers, tim yang ia pernah bela selama enam tahun.

Meski sering membuat sensasi, Irving tetap salah satu pemain bintang. Hingga tahun 2022, Irving telah sukses 7 kali masuk NBA All-Star Game, 3 kali masuk All-NBA Team dan berhasil jadi juara NBA Pada 2016 bersama Cleveland Cavaliers. Saat ini ia bermain untuk Brooklyn Nets.

4. Zion Williamson

5 Alumnus Duke University yang Terpilih di Urutan Pertama NBA DraftZion Williamson (nba.com)

Dianggap sebagai LeBron James baru, Zion Williamson sempat jadi perbincangan panas sebelum gelaran NBA Draft 2019. Zion yang pernah membela Duke Blue Devils selama setahun ini dipilih pada urutan pertama oleh New Orleans Pelicans yang jadi timnya saat ini.

Permainan Zion sangatlah menghibur dengan kemampuan dunk-nya yang begitu eksplosif. Sayangnya, cedera kerap kali jadi masalah bagi karier Zion di NBA. Hingga musim ketiga, Zion pernah sekali ikut serta dalam NBA All-Star Game (2021) dan masuk NBA All-Rookie First Team (2020).

5. Paolo Banchero

5 Alumnus Duke University yang Terpilih di Urutan Pertama NBA DraftPaolo Banchero (sportingnews.com)

Pemain terbaru yang terpilih di urutan pertama gelaran NBA Draft ialah Paolo Banchero. Pemain yang berposisi sebagai power forward ini akhirnya dipilih oleh Orlando Magic yang punya hak pilih urutan pertama pada NBA Draft 2022.

Dengan kemampuan yang ia tunjukkan selama setahun membela Duke Blue Devils, bukan tak mungkin Banchero akan jadi pemain besar di NBA. Gaya mainnya kerap disejajarkan dengan legenda NBA, Chris Webber.

 

Menempatkan lima alumnusnya di urutan pertama dalam gelaran NBA Draft merupakan sebuah kebanggan besar bagi Duke University. Tak mengherankan karena Duke University memang punya kualitas dalam hal ini. Bagaimana prediksimu terhadap performa Banchero di NBA nanti?

Baca Juga: 5 Jebolan Duke University Terbaik yang Saat Ini Bermain di NBA

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya