5 Alumnus Georgetown University yang Bermain di NBA Saat Ini

Banyak alumnus Hoyas yang terpilih di urutan atas NBA Draft

Georgetown University merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki kekuatan besar di dunia basket. Meski hanya sekali menjadi juara NCAA Divisi I, tim Georgetown Hoyas sukses melahirkan banyak pemain NBA.

Beberapa pemain itu bahkan termasuk legendaris. Sebut saja Patrick Ewing, Alonzo Mourning, Allen Iverson, dan Dikembe Mutombo. Namun, mereka semua telah pensiun.

Saat ini, terdapat lima alumnus Georgetown University yang bermain di NBA. Siapa saja mereka?

1. Jeff Green

5 Alumnus Georgetown University yang Bermain di NBA Saat IniJeff Green (nba.com)

Alumnus Georgetown tertua yang masih aktif bermain di NBA adalah Jeff Green. Pemain yang berposisi sebagai power forward ini terpilih pada urutan kelima pada NBA Draft 2007. Ia dikenal sebagai pemain senior yang sering berganti tim.

Total sebelas tim pernah ia bela. Pada 2022/2023, Jeff Green masih tetap berseragam Denver Nuggets, tim yang ia bela sejak 2021. Sebelum berkarier di NBA, Green pernah 3 tahun (2004—2007) membela tim Georgetown Hoyas.

2. Greg Monroe

5 Alumnus Georgetown University yang Bermain di NBA Saat IniGreg Monroe (nba.com)

Tak jauh berbeda dengan Jeff Green, Greg Monroe juga terpilih di urutan atas ketika gelaran NBA Draft. Pemain yang berposisi sebagai center ini terpilih di urutan ketujuh pada NBA Draft 2010 oleh Detroit Pistons.

Greg Monroe juga banyak membela  tim berbeda di NBA. Bahkan, ia pernah berlaga di Eropa bersama Bayern Munich dan Khimki Moscow. Pemain yang 2 tahun (2008—2010) bermain di tim Hoyas ini terakhir kali bermain untuk Minnesota Timberwolves pada 2022.

Baca Juga: 5 Alumnus Baylor University yang Main di NBA Saat Ini

3. Otto Porter Jr

5 Alumnus Georgetown University yang Bermain di NBA Saat IniOtto Porter Jr. (nba.com)

Otto Porter Jr menjadi satu-satunya pemain aktif alumnus Georgetown Hoyas yang sukses menjadi juara NBA. Ia memenanginya pada 2022 bersama Golden State Warriors. Untuk musim depan, Otto akan bermain untuk Toronto Raptors.

Saat masih muda, Otto Porter Jr pernah menjadi bagian dari Georgetown Hoyas. Momen tersebut terjadi selama 2 tahun, tepatnya dari 2011 hingga akhirnya terpilih pada urutan ketiga pada NBA Draft 2013 oleh Washington Wizards.

4. Mac McClung

5 Alumnus Georgetown University yang Bermain di NBA Saat IniMac McClung (nba.com)

Nama yang selanjutnya ialah Mac McClung, point guard kelahiran Tennessee yang ikut serta pada NBA Draft 2021. Sayangnya, ia gagal terpilih kala itu, sehingga sempat bermain di G League bersama South Bay Lakers.

Sebelum berkarier di NBA, McClung pernah membela dua tim berbeda. Salah satunya ialah Georgetown (2018—2020). Setelah sukses bermain apik pada SummerLeague 2022, McClung sukses mendapatkan kontrak untuk bermain di Golden State Warriors musim depan.

5. Omer Yurtseven

5 Alumnus Georgetown University yang Bermain di NBA Saat IniOmer Yurtseven (nba.com)

Satu-satunya pemain non-Amerika Serikat dalam daftar ini adalah Omer Yurtseven. Pemain yang berposisi sebagai center ini lahir di Uzbekistan, tetapi membela Turki sebagai tanah kedua orangtuanya.

Meski bukan berasal dari Amerika Serikat, Yurtseven pernah menimba ilmu di Georgetown University selama setahun (2019—2020). Namun, pada NBA Draft 2020, ia gagal terpilih. Untuk musim depan, Yurtseven akan tetap membela Miami Heat, tim yang ia bela sejak 2021.

Georgetown Hoyas menjadi salah satu tim NCAA yang banyak menjadikan pemainnya terpilih di urutan sepuluh besar NBA Draft. Dari 49 alumnus Hoyas yang berlaga di NBA, 9 di antaranya sukses terpilih di urutan atas.

Baca Juga: 5 Alumnus Marquette University yang Bermain di NBA Saat Ini

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya