5 Alumnus Stanford University yang Bermain di NBA saat Ini

Brook Lopez paling menonjol

Stanford University merupakan salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat dari segi pendidikan. Banyak sumber mengatakan jika universitas yang berlokasi di negara bagian California ini masuk dalam lima besar universitas top Amerika Serikat.

Di samping itu, Stanford University juga memiliki tim bola basket yang cukup baik. Banyak alumnus dari tim Stanford Cardinals yang sukses menembus NBA. Saat ini, terhitung ada lima alumnus Stanford University yang bermain di NBA. Siapa saja?

1. Robin Lopez

5 Alumnus Stanford University yang Bermain di NBA saat IniRobin Lopez (nba.com)

Nama pertama sekaligus salah satu angkatan tertua Stanford Cardinals yang berlaga di NBA saat ini adalah Robin Lopez. Center yang pada musim depan bergabung dengan Cleveland Cavaliers ini menghabiskan dua tahun di tim Stanford Cardinals, sebelum ikut NBA Draft 2008.

Pemain berusia 34 tahun ini terpilih di urutan ke-15 oleh Phoenix Suns, tim yang ia bela selama 4 tahun (2008—2012). Robin Lopez tak begitu bersinar di NBA. Perannya lebih sering menjadi pemain pelapis atau pelengkap tim.

2. Brook Lopez

5 Alumnus Stanford University yang Bermain di NBA saat IniBrook Lopez (nba.com)

Saudara kembar Robin Lopez, yakni Brook Lopez juga menghabiskan dua tahun bersama Stamford Cardinals sebelum berkarier di NBA. Brook terpilih di urutan ke-10 oleh New Jersey Nets yang saat ini berubah nama menjadi Brooklyn Nets.

Dibanding saudara kembarnya, Brook Lopez lebih unggul secara prestasi. Dari tiga tim yang pernah ia bela (Brooklyn Nets, LA Lakers dan Milwaukee Bucks), Brook Lopez pernah ikut serta dalam NBA All-Star Game (2013), masuk NBA All-Defensive Team (2020) dan jadi juara NBA bersama Milwaukee Bucks (2021).

Baca Juga: 5 Alumnus University of Washington Terbaik yang Main di NBA Saat Ini

3. Dwight Powell

5 Alumnus Stanford University yang Bermain di NBA saat IniDwight Powell (nba.com)

Dwight Powell terpilih di urutan ke-45 oleh Charlotte Hornets pada NBA Draft 2014. Sempat membela Boston Celtics, kini Powell bermain untuk Dallas Mavericks. Musim depan akan jadi musim kesembilan baginya bersama Dallas Mavericks.

Ia cukup solid untuk posisi power forward Dallas Mavericks, meski tak sering jadi pilihan utama. Sebelum menembus NBA, pria asal Kanada ini pernah empat tahun membela Stanford Cardinals (2010—2014).

4. KZ Okpala

5 Alumnus Stanford University yang Bermain di NBA saat IniKZ Okpala (nba.com)

Chizkezie Jake Okpala atau yang biasa dikenal dengan nama KZ Okpala menghabiskan dua tahun membela Stanford Cardinals. Momen tersebut terjadi dari tahun 2017 hingga akhirnya ia mengikuti NBA Draft 2019 dan terpilih di urutan ke-32 oleh Pheonix Suns.

Namun, ia langsung ditukar ke Miami Heat yang menjadi satu-satunya tim yang pernah ia bela di NBA. KZ Okpala tak begitu bersinar di NBA. Pada musim lalu, Okpala hanya mampu mencatat 3,7 poin, 2 rebound dan 0,7 assist per game dari 21 pertandingan.

5. Ziaire Williams

5 Alumnus Stanford University yang Bermain di NBA saat IniZiaire Williams (sportingnews.com)

Satu-satunya rookie NBA pada musim 2021/2022 dari Stanford Cardinals adalah Ziaire Williams. Pemain yang berposisi sebagai small forward ini terpilih di urutan ke-10 oleh New Orleans Pelicans, sebelum akhirnya ditukar ke Memphis Grizzlies yang jadi timnya sekarang.

Sebelumnya, Ziaire Williams pernah berada di tim Stanford Cardinals selama setahun. Pada musim pertamanya, Williams berperan sebagai pemain pelapis. Ia hanya mampu mencetak 8,1 poin, 2,1 rebound dan 1 assist per game.

 

Secara keseluruhan, total ada 34 pemain alumnus Stanford Cardinals yang pernah berlaga di NBA. Selain mentereng dari sisi pendidikan, Stanford University juga terbukti hebat dalam hal olahraga. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Alumnus Alabama University yang Bermain di NBA Saat Ini

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya