5 Alumnus USC Terbaik yang Bermain di NBA Saat Ini

Dari DeMar DeRozan hingga Evan Mobley

UCLA Bruins dari University of California, Los Angeles dikenal sebagai tim bola basket universitas dengan gelar juara terbanyak sepanjang sejarah NCAA Divisi I. Namun, mereka bukan satu-satunya tim bola basket universitas di California. Negara bagian itu juga memiliki tim bola basket universitas lain bernama USC Trojans dari University of Southern California.

USC Trojans menjadi salah satu tim bola basket yang alumnusnya paling banyak bermain di NBA saat ini. Ada total sepuluh nama alumnus Trojans yang berkarier untuk tim NBA 2021/2022.

1 DeMar DeRozan

5 Alumnus USC Terbaik yang Bermain di NBA Saat IniDeMar DeRozan (nba.com)

Nama yang pertama ialah DeMar DeRozan. Pada musim ini, ia membela Chicago Bulls. Musim 2021/2022 bisa disebut sebagai musim terbaik DeRozan selama berkarier di NBA. Pasalnya, ia mampu tampil hebat dengan menorehkan rata-rata 28 poin, 5,2 rebound, dan 4,9 assist per game.

Jika bicara soal prestasi selama berkarier profesional, alumnus USC tahun 2009 ini juga tidak kalah mentereng. Sejak bermain di NBA pada 2009, DeRozan telah 5 kali ikut serta dalam NBA All-Star Game dan 2 kali masuk All-NBA Team.

2. Nikola Vucevic

5 Alumnus USC Terbaik yang Bermain di NBA Saat IniNikola Vucevic (nba.com)

Dengan kemampuan dan keikutsertaannya dalam dua edisi NBA All-Star Game, Nikola Vucevic layak untuk masuk dalam daftar ini. Sama seperti DeRozan, saat ini Vucevic juga sedang membela Chicago Bulls.

Vucevic dan DeRozan juga pernah pernah berada dalam satu tim saat masih di USC Trojans. Akan tetapi, Nikola Vucevic berada lebih lama di tim tersebut. Pasalnya, Vucevic menghabiskan 3 tahun di USC Trojans, sedangkan DeRozan hanya 1 musim.

Terpilih pada NBA Draft 2011, center asal Montenegro ini juga sangat mentereng ketika di NBA, khususnya saat masih membela Orlando Magic. Kini ia menjadi andalan Bulls di posisi yang sama.

Baca Juga: 5 Alumnus University of Texas Terbaik yang Kini Bermain di NBA

3. Kevin Porter Jr

5 Alumnus USC Terbaik yang Bermain di NBA Saat IniKevin Porter Jr (usatoday.com)

Keluar dari Cleveland Cavaliers untuk bergabung bersama Houston Rockets pada 2020 seolah membuat karier Kevin Porter Jr meningkat. Saat ini, ia adalah salah satu pemain terpenting yang ada di tim asal Texas tersebut.

Sebelumnya, pemain yang kerap disapa KPJ ini terpilih pada NBA Draft 2019 oleh Milwaukee Bucks di urutan ke-30. Penampilan hebatnya di NCAA membuat KPJ menjadi satu-satunya pemain di tim USC 2018/2019 yang berhasil menembus NBA.

4. Evan Mobley

5 Alumnus USC Terbaik yang Bermain di NBA Saat IniEvan Mobley (nba.com)

Walaupun masih berstatus rookie pada 2021/2022, Evan Mobley juga layak masuk dalam daftar ini. Pasalnya, Mobley tampil sangat hebat sepanjang musim ini bersama Cleveland Cavaliers, tim yang memilihnya di urutan ketiga pada NBA Draft 2021.

Dengan catatan rata-rata 14,9 poin, 8,2 rebound, dan 2,5 assist per game, Evan Mobley menjadi salah satu calon terkuat untuk meraih penghargaan NBA Rookie of the Year. Sebelum kariernya di NBA, Evan Mobley pernah menghabiskan setahun di tim USC Trojans.

5.  DeAnthony Melton

5 Alumnus USC Terbaik yang Bermain di NBA Saat IniDeAnthony Melton (nba.com)

Seiring meningkatnya performa Memphis Grizzlies yang didominasi pemain muda, DeAnthony Melton juga merasakan dampaknya. Musim ini merupakan musim terbaiknya selama 4 musim berada di NBA. Ia mampu mencetak rata-rata 10,7 poin, 4,5 rebound, dan 2,6 assist per game.

Hal ini cukup berbeda ketika ia masih membela Phoenix Suns pada musim pertamanya. Sebelum terjun di NBA, Melton pernah berada di tim USC Trojans selama semusim pada 2016/2017 bersama Chimezie Metu dan Jordan McLaughin. Ia terpilih di urutan ke-46 pada NBA Draft 2018.

USC Trojans memang masih kalah pamor dengan UCLA Bruins yang telah sangat terkenal. Kendati demikian, alumnus dari University of Southern California ini mampu tampil hebat di NBA. Selain kelima nama di atas, terdapat juga Taj Gibson, Onyeka Okungwu, Chimezie Metu, Jordan McLaughin, dan Dewayne Dedmon.

Baca Juga: 5 Alumnus UNC Terbaik yang Kini Bermain di NBA

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya