Ini 6 Divisi Wilayah yang Ada di Kompetisi NBA

Dibagi berdasarkan geografis untuk meningkatkan gengsi

Perlu diakui jika NBA merupakan kompetisi bola basket paling tersohor di dunia. Kompetisi olahraga terbesar di Amerika Serikat ini memiliki 30 tim peserta yang terbagi ke dalam 2 wilayah dan 6 divisi. Pembagian wilayah jelas sudah terbagi menjadi wilayah barat dan timur yang menjadi patokan sejauh mana tim-tim NBA melangkah.

Namun tak banyak orang tahu jika ada 6 divisi yang membagi 30 tim ini. Walaupun tidak berpengaruh kepada peringkat musiman, namun peringkat di tiap divisi selalu memberikan gengsi tertentu kepada tiap tim. Untukmu yang belum tau, mari simak ulasan berikut ini, check this out!

1. Pacific division

Ini 6 Divisi Wilayah yang Ada di Kompetisi NBAStephen Curry - LeBron James

Divisi yang pertama berasal dari wilayah paling barat di negara Amerika Serikat, yakni Pacific division. Sehingga tak heran jika tim-tim dari divisi ini juga berlaga di Western Coferences NBA. Namun uniknya, wilayah ini hanya terbagi dari 2 negara bagian saja, yakni California dan Arizona.

Pheonix Suns menjadi satu-satunya perwakilan tim dari wilayah Arizona. Sedangkan 4 tim lain, Los Angeles Lakers, Los Angeles Clippers, Golden State Warriors dan Sacramento Kings berasal dari negara bagian California.

Pacific division bisa disebut sebagai divisi yang paling berprestasi. Karena 3 tim dari divisi ini telah berhasil meraih gelar juara dengan total 24 gelar yang berasal dari LA Lakers, Golden State Warriors dan Sacramento Kings.

2. Northwest division

Ini 6 Divisi Wilayah yang Ada di Kompetisi NBADonovan Mitchell - Jamal Murray

Agak sedikit ke timur dari wilayah Pacific division, terdapat sebuah divisi bernama Northwest division. Divisi ini terdiri dari tim-tim di Western Conferences semacam Utah Jazz, Denver Nuggets, Portland Trail Blazers, Oklahoma City Thunder dan Minnesota Timberwolves.

Dibandingkan dengan wilayah Pacific division, tim tim dari Northwest division lokasinya relatif berjauhan. Karena tim Portland Trail Blazers berasal dari Oregon yang berada di wilayah paling barat Amerika Serikat dan berjarak cukup jauh dari Minnesota yang lokasinya berbatasan dengan wilayah Kanada.

Sedangkan 3 tim lain berlokasi di tengah-tengah negara Amerika Serikat. Dalam divisi ini, hanya Portland Trail Blazers dan Oklahoma City Thunder sajalah yang pernah meraih masing-masing 1 gelar juara.

Baca Juga: Gak Disangka, Ini 5 Rookie Tertua Sepanjang Sejarah NBA

3. Southwest division

Ini 6 Divisi Wilayah yang Ada di Kompetisi NBALuka Doncic - DeJounte Murray (mavsmoneyball.com)

Divisi terakhir dari Western Conferences ialah Southwest division. Jika wilayah Northwest berbatasan dengan Kanada, maka Southwest division berbatasan langsung dengan negara Mexico. Dalam divisi ini, 3 tim berasal dari wilayah Texas, yakni Dallas Mavericks, San Antonio Spurs dan Houston Rockets.

Sedangkan Memphis Grizzlies berasal dari wilayah Tennesse dan New Orleans Pelicans berasal dari negara bagian Louisiana. Namun dalam wilayah ini, hanya tim-tim dari wilayah Texas sajalah yang pernah merasakan gelar juara NBA.

Hingga saat ini San Antonio Spurs telah memiliki 5 gelar juara, sedangkan Houston Rockets telah mempunyai 2 gelar juara dan Dallas Mavericks baru mendapatkan 1 gelar saja.

4. Southeast division

Ini 6 Divisi Wilayah yang Ada di Kompetisi NBATrae Young - Kendrick Nunn (thegamehaus.com)

Beralih ke Eastern Conferences, divisi yang pertama ialah Southeast division yang berlokasi tenggara Amerika Serikat. Atlanta Hawks, Miami Heat, Orlando Magic, Charlotte Hornets, dan Washington Wizards merupakan tim-tim yang berasal dari divisi ini.

Dari tim-tim ini hanya Washington Wizards sajalah yang berlokasi agak cukup jauh dari yang lainnya. Untuk urusan gelar juara Miami Heat merupakan pemegang gelar juara terbanyak di divisi ini dengan koleksi 3 gelar juara. Sedangkan Atlanta Hawks dan Washington Wizards telah mendapatkan masing-masing 1 gelar juara NBA.

5. Central division

Ini 6 Divisi Wilayah yang Ada di Kompetisi NBADomantas Sabonis - Giannis Antetokounmpo (indycornrows.com)

Sesuai dengan namanya, penghuni Central division merupakan tim-tim yang bermarkas di tengah-tengah negara Amerika Serikat. Milwaukee Bucks dari Wincosin, Indiana Pacers dari Indiana, Chicago Bulls dari Illinois, Cleveland Cavaliers dari Ohio dan Detroit Pistons dari Michigan merupakan 5 tim anggota tim ini.

Dilihat dari lokasi pun tim-tim ini memiliki jarak yang relatif berdekatan dan saling menempel antar negara bagiannya. Untuk urusan gelar juara hanya Indiana Pacers sajalah yang belum pernah meraih gelar juara.

6. Atlantic division

Ini 6 Divisi Wilayah yang Ada di Kompetisi NBAKyrie Irving - Ben Simmons (si.com)

Divisi terakhir ialah Atlantic division yang dikenal sebagai big market di kompetisi NBA. Sebutan tersebut cukup beralasan karena 2 tim dari Atlantic division, New York Knicks dan Brooklyn Nets berasal dari wilayah New York yang terkenal sebagai pusat ekonomi Amerika Serikat. Dan 1 tim lagi, Toronto Raptor menjadi satu-satunya tim basket NBA yang berasal dari wilayah Kanada.

Selain 3 nama tersebut, Atlantic division juga dihuni oleh 2 tim legendaris yakni Boston Celtics dari Massachusetts dan Philadelphia 76ers dari negara bagian Pennsylvania. Bicara soal prestasi, seluruh tim disini telah berhasil mencapai final. Namun hanya Brooklyn Nets sajalah yang belum merasakan menjadi juara.

Dalam pertandingan NBA diberlakukan pembagian wilayah menjadi 6 divisi. Walaupun tidak berpengaruh terhadap jalannya kompetisi, namun adanya divisi ini bisa menambah persaingan dan gengsi antar tim. Menurutmu siapa yang terbaik?

Baca Juga: 6 Pebasket NBA yang Dinobatkan sebagai Basketball Hall of Fame 2021

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya