Faktor Pendukung Indonesia Merebut Juara pada Indonesia Masters 2023

Dua emas di Indonesia Masters 2023 berhasil diraih

Setelah berlangsung selama 6 hari, mulai 24 Januari hingga 29 Januari 2023, Indonesia Masters 2023 kelar diselenggarakan. Turnamen yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, itu pun telah melahirkan para juara.

Sebagai tuan rumah, Indonesia telah memberikan yang terbaik dengan berhasil meraih gelar juara di sektor ganda putra dan tunggal putra. Kira-kira, apa saja faktor yang mendukung kemenangan wakil tuan rumah di Indonesia Masters 2023?

1. Bertanding di negara sendiri

Faktor Pendukung Indonesia Merebut Juara pada Indonesia Masters 2023Para pecinta bulu tangkis Indonesia saat mendukung tim merah putih (pbsi.id)

Kembali diselenggarakan di Istora Senayan, DKI Jakarta, kejuaraan Indonesia Masters 2023 tentunya cukup menguntungkan wakil Indonesia yang berstatus sebagai tim tuan rumah. Kembali hadirnya penonton pasca pandemik COVID-19 tampaknya menambah suntikkan semangat dan rasa percaya diri atlet bulu tangkis Indonesia.

Hal tersebut tentu jadi advantage tak tertandingi bagi tim Merah Putih. Apalagi, pendukung Indonesia dikenal militan dalam memberikan dukungan.

2. Kuantitas atlet yang terlibat cukup banyak

Faktor Pendukung Indonesia Merebut Juara pada Indonesia Masters 2023Pramudya/Yeremia dengan Fajar/Rian Indonesia Masters 2023 (pbsi.id)

Sebagai tuan rumah, tim Merah Putih berusaha memberikan hasil terbaik di hadapan publik sendiri. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 30 wakil Indonesia berjuang untuk meraih gelar di turnamen BWF Super 500 ini.

Menurut catatan, Indonesia menurunkan para atletnya dengan pembagian, 7 atlet di sektor tunggal putra,  2 atlet di sektor tunggal putri, 8 pasangan di sektor ganda putra, 6 pasangan di sektor ganda putri, dan 7 pasangan di sektor ganda campuran. Angka tersebut jelas tak sedikit bagi satu tim dalam satu turnamen.

Baca Juga: Road to Glory Leo/Daniel di Indonesia Masters 2023, Gelar S500 Kedua!

3. Absennya para pemain unggulan dunia

Faktor Pendukung Indonesia Merebut Juara pada Indonesia Masters 2023Victor Axelsen juara tunggal putra Indonesia Masters 2022 (pbsi.id)

Faktor lain yang menambah kepercayaan diri tim Merah Putih dalam meraih gelar juara ialah absennya para pemain unggulan. Sebut saja Viktor Axelsen, Rasmus Gemke, Chen Yu Fei, Lu Ching Yao/Yang Po Han, Gabriel Stoeva/Stevani Stoeva, dan Mikel Mikkelsen/Rikke Soby tak turun bertanding di ajang ini.

Lantaran jadwal kejuaraan BWF yang padat, ada beberapa pebulu tangkis kelas dunia yang urung berpartisipasi dalam ajang Indonesia Masters 2023. Faktor ini pun bisa dimanfaatkan dengan baik oleh sederet wakil Indonesia di beberapa sektor.

4. Memiliki rekam jejak yang apik

Faktor Pendukung Indonesia Merebut Juara pada Indonesia Masters 2023Fajar dan Rian saat juara pada Indonesia Masters 2022 (pbsi.id)

Indonesia patut percaya diri dalam menatap turnamen Indonesia Masters 2023. Pasalnya, Indonesia merupakan negara paling berprestasi di turnamen yang telah dihelat sejak 2010 ini.

Jumlah gelar Indonesia unggul jauh dari China di tempat kedua yang baru meraih 15 gelar. Indonesia sendiri telah mengumpulkan 26 gelar dari kelima nomor yang dipertandingkan dalam ajang ini.

5. Tim Merah Putih juara di Indonesia Master 2023

Faktor Pendukung Indonesia Merebut Juara pada Indonesia Masters 2023Jonathan Christie (pbsi.id)

Perjuangan para pebulu tangkis Indonesia akhirnya berakhir setelah 6 hari Indonesia Masters 2023 diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta. Tim tuan rumah berhasil membawa dua medali emas dari sektor ganda putra dan tunggal putra. 

Dua raihan juara tersebut masing-masing diraih oleh Jonathan Christie di sektor tunggal putra setelah mengalahkan rekan senegaranya, Chico Dwi Wardoyo. Di sisi lain, pasangan Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin berhasil juara di sektor ganda putra setelah mengalahkan pasangan He Ji Ting/ZHOU Hao Dong asal Cina.

Kemenangan menakjubkan mereka dapatkan setelah melewati lawan-lawan tangguh pada Indonesia Masters 2023. Perjuangan mereka patut diapresiasi. Maju terus bulu tangkis Indonesia!

Baca Juga: Rekap Final Indonesia Masters 2023: Indonesia Borong 2 Gelar

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya