Comscore Tracker

5 First Pick Terburuk di Ajang NBA Draft dalam 20 Edisi Terakhir

First Pick bukan jaminan!

NBA Draft 2021 atau edisi ke-75 dijadwalkan akan diselenggarakan pada 29 Juli mendatang. Beberapa calon bintang NBA tentu telah mengantre untuk bisa masuk dan berlaga di liga bola basket terbaik dunia ini. Pada edisi kali ini, first pick atau kesempatan ambil pertama menjadi miliki Detroit Pistons.

Kesempatan besar ini jelas harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh manajemen Pistons untuk bisa mendapatkan pemain terbaik di class draft ini. Jangan sampai Detroit Pistons melakukan pilihan yang salah, seperti beberapa tim yang menyia-nyiakan kesempatan emas ini dengan memilih pemain yang tidak bisa perform dan tak bisa tampil bersinar.

Siapa sajakah first pick terburuk di ajang NBA Draft dalam 20 edisi terakhir? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Kwame Brown

5 First Pick Terburuk di Ajang NBA Draft dalam 20 Edisi TerakhirKwame Brown (washingtoninformer.com)

Tepat 20 tahun lalu atau pada gelaran NBA Draft tahun 2001, first pick menjadi millik tim Washington Wizards. Pada tahun tersebut, Wizards memutuskan untuk mengambil seorang Kwame Brown dan melewatkan Tyson Chandler serta Pau Gasol yang juga berada di kelas yang sama.

Sebelum masuk NBA, reputasi Kwame Brown sebagai seorang center memang cukup baik. Ia termasuk ke dalam first team Parade All-America 2001 dan menjadi pemain terbaik di negara bagian Georgia di tahun yang sama. Namun, saat berada di NBA, penampilannya jauh dari kata memuaskan.

Selama berkarier di NBA, Kwame Brown bisa dikatakan sebagai pemain medioker dan tidak pernah sama sekali mencatatkan prestasi. Dengan rataan 6,6 PPG, 5,5 RPG, dan 0,9 APG dalam kurun waktu 13 tahun, Kwame Brown sangat layak masuk dalam daftar ini.

2. Andrea Bargnani 

5 First Pick Terburuk di Ajang NBA Draft dalam 20 Edisi TerakhirAndrea Bargnani (sportsnet.ca)

Secara prestasi, Andrea Bargnani masih lebih baik ketimbang Kwame Brown. Di tahun pertamanya sebagai rookie, power forward berkebangsaan Italia ini berhasil masuk sebagai NBA All-Rookie First Team. Namun, setelah catatan prestasi tersebut, ia tak pernah lagi mencatatkan prestasi yang cukup baik.

Penampilan dan prestasi hebatnya kala masih bermain di Benetton Trevisio menjadi alasan Toronto Raptors berani memilih Bargnani di posisi pertama pada gelaran NBA Draft 2006. Namun, ia hanya tumbuh sebagai pemain yang biasa saja dengan rataan 14,3 PPG, 4,6 RPG, dan 1,2 APG dalam 10 tahun kariernya di NBA.

Baca Juga: 5 Pemain Asing yang Berhasil Raih Gelar NBA Sixth Man of the Year

3. Greg Oden

5 First Pick Terburuk di Ajang NBA Draft dalam 20 Edisi TerakhirGreg Oden (nypost.com)

Cedera benar-benar menghancurkan karier seorang Greg Oden sebagai seorang pebasket profesional. Selama kurun waktu 7 tahun berada di NBA, ia hanya memainkan 3 musim sebagai pemain aktif dan hanya mencatatkan 8 PPG, 6,2 RPG, dan 0,5 APG dengan total 105 pertandingan saja.

Padahal, saat masih menjadi bagian dari Ohio State University di ajang NCAA, prestasi Oden sangatlah mentereng sebagai calon pemain hebat. Bahkan, pada NBA Draft 2007, Oden terpilih oleh Portland Trail Blazers sebagai first pick dan melewati Kevin Durant serta Al Horford yang saat ini dikategorikan sebagai pebasket top NBA.

4. Anthony Bennett 

5 First Pick Terburuk di Ajang NBA Draft dalam 20 Edisi TerakhirAnthony Bennett (fearthesword.com)

Pada gelaran NBA Draft tahun 2013, first pick menjadi milik tim Cleveland Cavaliers. Namun, kesempatan terbuang percuma karena mereka memilih pemain yang tidak bisa perform dengan baik di NBA dalam diri seorang Anthony Bennett.

Padahal, di class draft tersebut, beberapa pemain bintang bisa saja dipilih oleh Cleveland Cavaliers, termasuk Victor Oladipo, CJ McCollum, Giannis Antetokounmpo, dan Rudy Gobert. Total ada 4 tim berbeda yang pernah Bennett bela selama 4 tahun kariernya di NBA, yakni Minnesota Timberwolves, Cleveland Cavaliers, Brooklyn Nets, dan Toronto Raptors.

Namun, dari keempat tim tersebut, Bennett tidak bisa tampil hebat. Ia tidak pernah sama sekali meraih penghargaan di NBA dan hanya mampu mengoleksi 4,4 PPG, 3,4 RPG, dan 0,5 APG.

5. Markelle Fultz 

5 First Pick Terburuk di Ajang NBA Draft dalam 20 Edisi TerakhirMarkelle Fultz (sixerswire.usatoday.com)

Philadelphia 76ers membuang kesempatan emas kala mereka seharusnya bisa mendapatkan Jayson Tatum, Bam Adebayo, atau Donovan Mitchell di ajang NBA Draft tahun 2017. Mereka justru menjatuhkan pilihan kepada seorang Markelle Fultz yang saat itu memiliki reputasi baik sebagai point guard cepat dan memiliki teknik handling di atas rata-rata.

Namun, saat bermain di musim pertamanya, Markelle Fultz mengalami beberapa masalah dan sulit untuk bangkit. Belum lagi urusan cedera yang menghantui dirinya juga menjadi alasan Ia sulit bersinar di NBA.

Alhasil, pada tahun 2019 Fultz di-trade ke Orlando Magic untuk bisa mendapatkan kesempatan yang lebih baik. Kini ia perlahan mulai bangkit walaupun cedera tetap menjadi masalah utamanya.

 

Itulah 5 first pick terburuk di ajang NBA Draft dalam kurun waktu 20 edisi terakhir. Walapun bukan sebuah jaminan, semoga saja kesempatan besar yang didapatkan Detroit Pistons tahun ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 7 Pemain Undrafted Terbaik dalam 5 Edisi NBA Draft Terakhir

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya