6 Kandidat Kuat Pemenang FIBA EuroBasket 2022, Ada Serbia dan Prancis!

Siapa yang kamu jagokan?

Kurang dari seminggu, kompetisi bola basket antarnegara terbesar di Benua Eropa akan diselenggarakan. Tepatnya pada tanggal 1 September 2022, FIBA EuroBasket 2022 akan menggelar laga pertama.

Pemain-pemain hebat Eropa berkumpul untuk membela negaranya masing-masing, termasuk para pemain yang berkarier di kancah NBA. Dengan demikian, negara-negara ini sudah siap untuk bertempur di ajang ini.

Lantas, negara mana sajakah yang paling dijagokan akan meraih gelar juara pada gelaran FIBA EuroBasket 2022? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya.

1. Prancis

6 Kandidat Kuat Pemenang FIBA EuroBasket 2022, Ada Serbia dan Prancis!Timnas Basket Prancis (fiba.basketball)

Hanya puas dengan perolehan medali perak yang didapat pada gelaran Olimpiade Tokyo 2020, Timnas Prancis memiliki motivasi besar untuk jadi juara di FIBA EuroBasket 2022. Prancis menjadi salah satu negara yang saat ini memiliki generasi terbaik.

Nama-nama besar seperti Evan Fournier, Guerschon Yabusele, dan Rudy Gobert akan menjadi pilar utama Timnas Prancis. Namun, untuk gelaran kali ini, Prancis tak akan diperkuat oleh dua guard andalan mereka, yakni Frank Ntilikina dan Nando de Colo. Secara ranking FIBA, kini Prancis bertengger di posisi keempat.

2. Serbia

6 Kandidat Kuat Pemenang FIBA EuroBasket 2022, Ada Serbia dan Prancis!Timnas Basket Serbia (fiba.basketball)

Meski saat ini berada di ranking keenam FIBA Basket, Serbia akan selalu menjadi raksasa di dunia bola basket. Serbia jelas sangat diunggulkan dengan materi pemain yang mereka miliki saat ini. Bogdan Bogdanovic, Vladimir Lucic, dan Nikola Jokic akan menjadi kekuatan Serbia kali ini.

Namun sayang, pada kesempatan kali ini Serbia kehilangan banyak pemain kunci. Nemanja Bjelica dan Vasilije Micic harus absen akibat cedera. Sementara itu, dua pemain senior, Boban Marjanovic dan Milos Teodosic, kemungkinan tak akan dibawa.

3. Spanyol

6 Kandidat Kuat Pemenang FIBA EuroBasket 2022, Ada Serbia dan Prancis!Timnas Basket Spanyol (nba.com)

Spanyol merupakan negara dengan ranking FIBA tertinggi di antara negara lain di Benua Eropa. Saat ini Spanyol menduduki ranking kedua FIBA setelah Amerika Serikat. Untuk gelaran EuroBasket 2022, Spanyol banyak melakukan perubahan roster.

Regenerasi nampaknya dilakukan oleh Spanyol dan Sergio Scariola. Pasalnya beberapa nama besar, seperti Marc Gasol, Sergio Llull, dan Ricky Rubio tak akan ikut serta. Nama-nama pemain muda, seperti Juan Hernangomez, Usman Garuba, dan Willy Hernangomez akan menjadi andalan.

Baca Juga: 10 Fakta Juan Hernangomez, Pebasket yang Jadi Tokoh Utama Film Hustle

4. Slovenia

6 Kandidat Kuat Pemenang FIBA EuroBasket 2022, Ada Serbia dan Prancis!Timnas Basket Slovenia (fiba.basketball)

Semakin matangnya Luka Doncic yang disokong beberapa pemain hebat, seperti Goran Dragic, Zoran Dragic, dan Vlatko Cancar akan jadi kekuatan bagi Slovenia pada gelaran kali ini. Slovenia juga tak kehilangan pemain inti mereka.

Selain itu, semangat untuk mempertahankan gelar juara akan menjadi motivasi lebih untuk Slovenia. Pasalnya, negara yang kini bertengger di posisi kelima di ranking FIBA ini merupakan juara EuroBasket 2017.

5. Lithuania

6 Kandidat Kuat Pemenang FIBA EuroBasket 2022, Ada Serbia dan Prancis!Timnas Basket Lithuania (fiba.basketball)

Lithuania memiliki kekuatan yang sangat besar di kancah bola basket Eropa. Selepas Uni Soviet pecah pada 1991, Lithuania menjadi negara terkuat dan paling sering menjadi juara FIBA EuroBasket di antara negara pecahan Uni Soviet lain.

Untuk gelaran tahun ini, Lithuania mempercayakan kekuatan kepada dua bigman mereka, Domantas Sabonis dan Jonas Valanciunas. Selain itu, mereka juga memiliki tambahan tenaga dari Ignas Brazdeikis yang baru dinaturalisasi dari Kanada.

6. Yunani

6 Kandidat Kuat Pemenang FIBA EuroBasket 2022, Ada Serbia dan Prancis!Timnas Basket Yunani (fiba.basketball)

Antetokounmpo bersaudara akan menjadi kekuatan utama bagi Timnas Yunani pada gelaran EuroBasket 2022. Gelaran ini menjadi kali pertama 4 pemain dari Antetokounmpo bersaudara bermain bersama untuk Timnas Yunani.

Namun, Kostas Antetokounmpo nampaknya harus absen untuk kali ini. Pasalnya, ia dan Kostas Sloukas mengalami cedera kala bermain di laga kualifikasi FIBA World Cup kontra Serbia (26/8/2022). Selain itu, Yunani juga kehilangan center utama mereka, Georgios Papagiannis yang juga mengalami cedera.

 

Tanpa mengecilkan peluang tim lain untuk menjadi juara, keenam negara di atas tentu punya lebih banyak keunggulan. Pasalnya, FIBA EuroBasket kerap memunculkan kejutan dari tim kuda hitam yang awalnya tak diunggulkan.

Baca Juga: Australia Juara FIBA Asia Cup 2022, Indonesia Sukses Jadi Tuan Rumah

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya