Mengenal Willy Hernangomez, MVP EuroBasket 2022

Kariernya penuh lika-liku

FIBA EuroBasket 2022 resmi berakhir dengan kemenangan Spanyol pada babak final. Dalam laga yang diselenggarakan di Berlin Arena, Senin (19/9/2022) ini, Spanyol berhasil menaklukkan Prancis dengan skor 88-76.

Willy Hernangomez tampaknya menjadi orang yang paling bahagia pada momen tersebut. Selain membawa Spanyol menjadi juara, Willy juga sukses terpilih sebagai MVP EuroBasket 2022.

Tak ada yang menyangka jika pemain New Orleans Pelicans ini akan mendapatkan gelar tersebut. Terlebih jika melihat performa yang ditampilkan Luka Doncic, Giannis Antetokounmpo, dan Lauri Markkanen selama turnamen.

Meski begitu, jika dilihat secara objektif, Willy memang layak untuk mendapatkan gelar MVP. Dalam beberapa laga, ia selalu menjadi pahlawan kemenangan Timnas Spanyol di EuroBasket 2022.

1. Terlahir di keluarga atlet basket

Mengenal Willy Hernangomez, MVP EuroBasket 2022Juancho Hernangomez dan Willy Hernangomez (fiba.basketball)

Guillermo Gustavo Hernangomez Geuer atau yang biasa dikenal dengan nama Willy Hernangomez lahir di Madrid, 27 Mei 1994. Meski budaya sepak bola lebih kuat di Spanyol, Willy lebih memilih jalan bola basket sebagai olahraga yang ia tekuni.

Hal tersebut sangat dipengaruhi oleh keluarga, khususnya kedua orangtuanya yang dahulu menjadi pemain basket profesional. Ayah Willy Hernangomez, Guillermo Hernangomez Heredero, merupakan mantan pemain basket yang tak begitu mentereng di Spanyol.

Sementara itu, ibunya, Margarita Ivonne “Wonny” Geuer, merupakan juara EuroBasket pada 1993. Baik ayah maupun ibunya berposisi sama dengan Willy Hernangomez, yakni seorang center.

Willy Hernangomez juga memiliki dua adik yang ikut berkecimpung di dunia basket. Pertama ialah Juancho Hernangomez, pemain Toronto Raptors yang ikut membawa Spanyol menjadi juara EuroBasket 2022.

Adiknya yang kedua, Andrea Hernangomez, merupakan pemain basket yang masih berlaga di NCAA Women bersama Fairfield Stags. Tak heran jika darah basket sangat erat dengan Willy dan keluarganya.

2. Willy Hernangomez sebelum menembus NBA

Mengenal Willy Hernangomez, MVP EuroBasket 2022Willy Hernangomez saat membela Real Madrid Baloncesto. (nba.com)

Lahir dari keluarga pemain basket profesional tampaknya menjadi privilese bagi Willy Hernangomez saat memulai karier profesionalnya. Willy mampu bergabung dengan Real Madrid Baloncesto, tim bola basket paling populer dan terbaik di Eropa.

Meski begitu, Willy tetap harus berjuang untuk mendapatkan tempat terbaik. Pada 2 musim pertamanya di Real Madrid, ia hanya berstatus sebagai reserve. Ia baru promosi ke tim utama pada 2013 ketika usianya menginjak 19 tahun.

Sayang, Willy Hernangomez dipinjamkan pada 2 musim setelahnya. Pada 2014, ia bermain untuk Real Betis. Sedangkan, pada 2015, Willy bermain untuk Sevilla Baloncesto.

Willy baru kembali ke Real Madrid pada 2016. Secara keseluruhan, ia tampil cukup apik di Spanyol meski tak begitu mentereng. Willy sukses menjadi juara Liga ACB 2013 dan 2016 serta sukses meraih ACB All-Young Players Team pada 2015 dan 2016.

Baca Juga: Spanyol Juara EuroBasket 2022, Willy Hernangomez MVP!

3. Satu-satunya penghargaan di NBA

Mengenal Willy Hernangomez, MVP EuroBasket 2022Willy Hernangomez saat membela New York Knicks. (twitter.com/nbacom)

Willy Hernangomez masuk ke NBA setelah dipilih di urutan ke-35 oleh Philadelphia 76ers pada NBA Draft 2015. Namun, ia ditukar ke New York Knicks. Meski ikut serta pada NBA Draft 2015, Willy terlebih dahulu menyelesaikan kontraknya di Real Madrid hingga 2016.

Tahun pertamanya di NBA berlangsung pada 2016 bersama New York Knicks. Willy sukses mengemas rata-rata 8,2 poin, 7 rebound, dan 1,3 assist per game pada tahun pertamanya. Pada musim tersebut, Willy Hernangomez sukses terpilih sebagai Rookie of the Month untuk bulan April di wilayah Eastern Conference.

Torehan tersebut sukses membawa Willy menjadi salah satu bagian dari NBA All-Rookie First Team (2017). Penghargaan tersebut menjadi satu-satunya penghargaan yang diraih Willy Hernangomez selama berkarier di NBA.

4. Karier yang berjalan monoton

Mengenal Willy Hernangomez, MVP EuroBasket 2022Willy Hernangomez saat membela New Orleans Pelicans. (nba.com)

Satu kata yang bisa mendeskripsikan karier Willy Hernangomez di NBA setelah 2017 adalah “monoton”. Willy bukanlah seorang pemain bintang di NBA. Selama 7 tahun kariernya, ia lebih sering berperan sebagai pelengkap tim atau pemain pelapis.

Hal tersebut berlaku kala ia membela New York Knicks, Charlotte Hornets, dan New Orleans Pelicans, tim yang ia bela saat ini. Namun, musim terbaiknya di NBA ia jalani pada 2021/2022 bersama New Orleans Pelicans.

Willy sukses mengemas 9,1 poin, 6,8 rebound, dan 1,3 assist per game. Jika dilihat rata-rata statistiknya di NBA, ia hanya membukukan 7,4 poin, 5,9 rebound, dan 1,1 assist per game. Tak ada peran dan statistik yang begitu menonjol dari center asal Spanyol ini ketika berkarier di NBA.

5. Punya potensi jadi penerus Gasol bersaudara

Mengenal Willy Hernangomez, MVP EuroBasket 2022Willy Hernangomez tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Kariernya yang tak begitu menonjol di NBA juga tak jauh berbeda kala membela Timnas Spanyol dalam beberapa tahun. Meski mendapatkan banyak gelar, Willy Hernangomez selalu berada di bawah bayang-bayang Gasol bersaudara (Pau dan Marc Gasol) yang mengisi posisi utama center Timnas Spanyol.

Hal tersebut berubah ketika Gasol bersaudara memutuskan pensiun dan tak lagi membela timnas. Sergio Scariolo sebagai pelatih Timnas Spanyol tampaknya mempertaruhkan seluruh kepercayaan kepada Willy Hernangomez.

Kepercayaan bak perjudian ini akhirnya dimenangi Scariolo. Permainan Willy Hernangomez di EuroBasket 2022 luar biasa. Menggantikan posisi center yang ditinggalkan Gasol bersaudara, Willy sukses mencetak rata-rata 17,2 poin, 6,9 rebound, dan 1 assist per game.

Catatan tersebut berhasil membawa Willy Hernangomez menjadi EuroBasket MVP 2022 sekaligus membawa Timnas Spanyol menjuarai kompetisi bola basket terbesar di Eropa. Banyak pihak menilai jika Willy sudah layak menggantikan peran Gasol bersaudara.

Dilihat dari apa yang dilakukan Willy Hernangomez bersama Timnas Spanyol, pemain tersebut hanya membutuhkan kepercayaan dan waktu bermain lebih. Willy bisa menjadi pemain besar dan sangat leluasa jika dua hal tersebut ia dapatkan.

Baca Juga: 5 Pemain NBA yang Main di Film Hustle, Juan Hernangomez Debut

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya