5 Pemain Naturalisasi Terbaik di Ajang EuroBasket 2022

Seluruhnya dari Amerika Serikat

Tak jauh berbeda dengan sepak bola, tim nasional bola basket juga memanfaatkan naturalisasi untuk menambah kekuatan tim. Terdapat banyak pemain naturalisasi yang berlaga dalam sejarah penyelenggaraan EuroBasket.

Begitu pula yang terjadi pada EuroBasket 2022. Namun, tak semuanya mampu bermain impresif bahkan disebut yang terbaik. Berikut ini kami merangkum lima pemain naturalisasi terbaik yang berlaga di ajang EuroBasket 2022.

1. Mike Tobey

5 Pemain Naturalisasi Terbaik di Ajang EuroBasket 2022Mike Tobey tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Dikelilingi pemain hebat semacam Luka Doncic, Goran Dragic, dan Vlatko Cancar, Slovenia tetap memiliki kelemahan untuk posisi center. Untuk mengisi kelemahan tersebut, Slovenia memutuskan untuk menaturalisasi Mike Tobey menjeleng gelaran Olimpiade Tokyo 2020.

Tobey lahir dan besar di Amerika Serikat. Ia juga pernah berlaga di NBA bersama Charlotte Hornets. Seiring permainan hebatnya di Eropa, Tobey pun dinaturalisasi. Pada gelaran EuroBasket 2022, ia sukses mencatat 11,2 poin, 7 rebound, dan 1,2 assist per game.

2. Tyler Dorsey

5 Pemain Naturalisasi Terbaik di Ajang EuroBasket 2022Tyler Dorsey tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Jika Slovenia kerap memiliki kelemahan di posisi center, Yunani memiliki kelemahan dalam peran shooter. Pada tahun 2016, Yunani memutuskan untuk menaturalisasi Tyler Dorsey yang saat itu masih berusia 20 tahun.

Saat masih muda berada di Virginia, Dorsey pernah menjadi bagian dari tim muda Timnas Amerika Serikat. Namun, ia dicoret dari skuad sehingga akhirnya terbuang. Pada EuroBasket 2022, Dorsey sukses mencatat 13,6 poin, 2,3 rebound, dan 1,1 assist per game.

Baca Juga: EuroBasket 2022: Giannis Antetokounmpo Suram, Yunani Tumbang

3. Lorenzo Brown

5 Pemain Naturalisasi Terbaik di Ajang EuroBasket 2022Lorenzo Brown tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Luis Scariola cukup kebingungan untuk mencari pengganti Ricky Rubio yang cedera panjang dan tak akan berlaga pada EuroBasket 2022. Namun, hal tersebut akhirnya teratasi ketika Spanyol menaturalisasi Lorenzo Brown menjelang EuroBasket 2022 dimulai.

Uniknya, Brown tak pernah sekali pun membela tim asal Spanyol ataupun memiliki darah Spanyol. Point guard kelahiran Georgia, Amerika Serikat ini sukses tampil apik pada gelaran EuroBasket 2022 dengan torahan 13,4 poin, 2 rebound, dan 7,3 assist per game.

4. A.J Slaughter

5 Pemain Naturalisasi Terbaik di Ajang EuroBasket 2022A.J Slaughter tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Penampilan Polandia di ajang EuroBasket 2022 cukup mengejutkan. Mereka sukses mengalahkan Slovenia hingga akhirnya bisa lolos ke semifinal untuk pertama kalinya dalam 25 tahun terakhir. Salah satu orang yang berperan dalam keberhasilan tersebut adalah A.J. Slaughter.

Point guard kelahiran Kentucky, Amerika Serikat, ini merupakan pemain yang dinaturalisasi Polandia pada tahun 2015. Di usianya yang kini telah menginjak 35 tahun, Slaughter sukses membukukan 14,3 poin, 2,4 rebound, dan 3,1 assist per game di ajang EuroBasket 2022.

5. Shane Larkin

5 Pemain Naturalisasi Terbaik di Ajang EuroBasket 2022Shane Larkin tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Bermain sangat impresif bersama Anadolu Efes sejak tahun 2018, Shane Larkin akhirnya dinaturalisasi oleh Turki pada 2020. Shane Larkin merupakan point guard kelahiran Iowa, Amerika Serikat, yang pernah empat tahun berkarier di NBA.

Sejak dinaturalisasi, Larkin selalu menjadi andalan Timnas Turki sebagai seorang playmaker. Pada gelaran EuroBasket 2022, Larkin sukses mencatat 9,2 poin, 3,6 rebound, dan 7 assist per game.

 

Seluruh pemain naturalisasi dalam daftar ini berasal dari Amerika Serikat. Hal ini cukup membuktikan bahwa Amerika Serikat sangatlah dipenuhi oleh talenta berbakat dalam olahraga bola basket. Setuju?

Baca Juga: Juara Bertahan EuroBasket Tumbang, Prancis Menangi Duel Bersejarah

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya