5 Pebasket AS yang Baru Bergabung Tim EuroLeague pada 2022/2023

Didominasi pemain muda

Tak hanya para pemain basket dari Eropa ataupun Amerika Latin, kompetisi EuroLeague juga sering menjadi batu loncatan para pemain Amerika Serikat untuk membuktikan diri. Jika mereka mampu berprestasi, bukan tak mungkin bila mereka bisa kembali ke NBA.

Hal ini sering dilakukan pada setiap musimnya. Pada musim 2022/2023, terdapat lima pemain NBA berkebangsaan Amerika Serikat yang memutuskan memulai karier di EuroLeague. Siapa sajakah mereka dan tim apa yang mereka tuju?

1. Freddie Gillespie

5 Pebasket AS yang Baru Bergabung Tim EuroLeague pada 2022/2023Freddie Gillespie (nba.com)

Pada NBA Draft 2020, Freddie Gillespie gagal terpilih. Beruntung baginya karena Memphis Grizzlies kemudian menyelamatkan kariernya di NBA dengan memberikan kontrak jangka pendek.

Selain bersama Memphis Grizzlies, Gillespie juga pernah bermain untuk Orlando Magic dan Toronto Raptors. Namun sayang, ia lebih sering bermain di G-League ketimbang NBA. Untuk memperbaiki karier, center berusia 25 tahun ini memilih untuk bergabung bersama Bayern Munich.

2. Markus Howard

5 Pebasket AS yang Baru Bergabung Tim EuroLeague pada 2022/2023Markus Howard (nba.com)

Markus Howard juga gagal terpilih pada NBA Draft 2020. Setelah itu, ia mendapatkan kontrak dari Denver Nuggets dengan durasi dua tahun. Keberadaan Jamal Murray dan Facundo Campazzo membuat ia jarang bermain di NBA.

Dari dua musimnya di NBA, Markus Howard tak pernah bermain lebih dari 40 laga dengan rata-rata menit bermain sebanyak 5,6 menit. Pada 17 Juli 2022, Markus Howard memutuskan untuk pindah ke EuroLeague dengan bergabung bersama Saski Baskonia.

Baca Juga: 5 Tim dengan Trofi EuroLeague Terbanyak, Real Madrid Mendominasi!

3. Jared Harper

5 Pebasket AS yang Baru Bergabung Tim EuroLeague pada 2022/2023Jared Harper (nba.com)

Nama selanjutnya juga gagal terpilih pada ajang NBA Draft. Dia adalah Jared Harper, point guard yang ikut serta pada NBA Draft 2019. Pria berusia 25 tahun ini pernah bermain di Pheonix Suns, New York Knicks, dan New Orleans Pelicans selama di NBA.

Namun sayang, catatan penampilannya tak pernah memuaskan. Ia tak pernah bermain lebih dari sepuluh laga pada setiap musimnya. Untuk menyelamatkan kariernya di dunia bola basket, Jared Harper akhirnya bergabung dengan Valencia pada 7 September 2022.

4. Cassius Winston

5 Pebasket AS yang Baru Bergabung Tim EuroLeague pada 2022/2023Cassius Winston (nba.com)

Sama seperti Freddie Gillespie, Cassius Winston juga bergabung dengan Bayern Munich. Ia resmi menanda tangani kontrak berdurasi dua tahun pada 28 Juli 2022. Tak jauh berbeda dengan nama-nama dalam daftar ini, penampilan Cassius Winston di NBA juga kurang memuaskan.

Ia selalu mendapatkan menit bermain yang sedikit sejak bergabung dengan Washington Wizards setelah terpilih di urutan ke-53 pada NBA Draft 2020. Hal serupa juga ia tunjukkan kala bermain di G-League.

5. Carsen Edwards

5 Pebasket AS yang Baru Bergabung Tim EuroLeague pada 2022/2023Carsen Edward (nba.com)

Nama yang terakhir adalah Carsen Edwards, point guard berusia 24 tahun yang terpilih di urutan ke-33 pada NBA Draft 2019. Dalam kariernya di NBA, Edwards pernah dua musim bermain untuk Boston Celtics dan semusim untuk Detroit Pistons.

Namun, penampilannya tak begitu memuaskan. Meski begitu, penampilan Edwards kala berlaga di G-League cukup ciamik. Ia sukses menjadi G-League Scoring Champion 2022. Pada 31 Juli 2022, Edwards akhirnya pindah ke Fenerbahce.

 

EuroLeague terbukti bisa menjadi batu loncatan para pemain berkebangsaan Amerika Serikat untuk memperbaiki karier. Danny Green, P.J Tucker, Greg Monroe, dan Udonis Haslem menjadi buktinya.

Baca Juga: 6 Pebasket Eropa yang Pindah dari NBA ke Tim EuroLeague pada 2022/2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya