Comscore Tracker

5 Pebasket dengan Gelar NBA MVP Awards Terbanyak Sepanjang Masa

Deretan pebasket legendaris

NBA Most Valuable Player atau yang biasa disebut NBA MVP Awards merupakan penghargaan yang diberikan oleh NBA kepada pemain dengan performa terbaik dalam satu regular season NBA.

Gelar ini menjadi sangat bergengsi bagi para pebasket NBA, karena gelar ini merupakan raihan individu terbesar yang bisa diterima oleh pebasket yang didasarkan terhadap performa individunya setiap musim.

Sejak pertama kali diberikan di musim 1956, tercatat ada puluhan pemain berbeda yang pernah memenangkan gelar ini dari ribuan pebasket yang pernah berlaga di NBA. Namun hanya ada 5 pebasket yang sanggup memenangi gelar ini lebih dari 3 kali.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut kami sajikan 5 daftar pebasket dengan raihan NBA MVP Awards terbanyak dalam sepanjang sejarah NBA, check this out!

1. Kareem Abdul-Jabbar

5 Pebasket dengan Gelar NBA MVP Awards Terbanyak Sepanjang Masanba.com

Kareem Abdul-Jabbar menjadi pemain dengan raihan NBA MVP Awards terbanyak dalam sepanjang sejarah. Total 6 kali gelar NBA MVP berhasil Ia dapatkan di dua tim berbeda, yakni di Milwaukee Bucks pada musim 1971, 1972, dan 1974, serta di LA Lakers di musim 1976, 1977 dan 1980.

Secara statistik, Kareem selalu berhasil melampaui rataan pemain yang ada pada masanya. Tidak mengherankan memang karena di sepanjang kariernya, Kareem berhasil menjadi salah satu pemain terbaik yang pernah berlaga di NBA dengan raihan 6 kali menjadi juara NBA.

2. Bill Russel

5 Pebasket dengan Gelar NBA MVP Awards Terbanyak Sepanjang Masavault.si.com

Bila ditanya siapa pebasket NBA dengan gelar juara terbanyak, maka Bill Russel adalah jawabannya. Selama 13 tahun kariernya di NBA, Russel berhasil meraih 10 kali gelar juara NBA bersama Boston Celtics.

Tidak hanya sekedar numpang gelar, Bill Russel juga mempunyai peran penting dalam masa kejayaan Boston Celtics ini. 5 gelar MVP di musim 1958, 1961, 1962, 1963 dan 1965 adalah bukti kedigdayaan Russel kala masih aktif bermain sebagai center hebat pada masanya.

Baca Juga: Fakta Giannis, Peraih MVP di NBA yang Pernah Menjadi Pedagang Asongan

3. Michael Jordan

5 Pebasket dengan Gelar NBA MVP Awards Terbanyak Sepanjang Masaessentiallysports.com

Banyak masyarakat telah mengetahui bahwa Michael Jordan merupakan salah satu greatest of all time dalam olahraga bola basket, terutama di kompetisi NBA. Maklum saja, karena Michael Jordan dianggap sebagai sosok yang memperkenalkan dan membuat NBA semakin tersohor di mata dunia.

Selama kariernya, Jordan hanya membela dua tim yakni Washington Wizards dan Chicago Bulls yang menjadi tim di masa keemasannya. Total 6 gelar juara dan 5 NBA MVP Awards di tahun 1988, 1991, 1992, 1996 dan 1998 berhasil Jordan raih selama kariernya di NBA.

4. Wilt Chamberlain

5 Pebasket dengan Gelar NBA MVP Awards Terbanyak Sepanjang Masableacherreport.com

Selanjutnya ialah Wilt Chamberlain yang dikenal sebagai satu-satunya pemain NBA yang pernah mencetak 100 poin dalam satu pertandingan. Wilt yang berposisi sebagai center, menghabiskan waktu 14 tahun untuk berkarir di NBA.

Total ada 3 tim yang pernah Ia bela yakni, San Fransisco Warriors (Golden State Warriors), Philadelphia 76ers, dan LA Lakers. Sepanjang kariernya, Ia berhasil meraih 4 kali gelar NBA MVP yang Ia dapatkan kala membela San Fransisco Warriors di tahun 1960 dan 3 lagi kala Ia membela Philadelphia 76ers pada musim 1966, 1967 dan 1968.

5. LeBron James

5 Pebasket dengan Gelar NBA MVP Awards Terbanyak Sepanjang Masaskysports.com

Satu satunya pemain yang masih aktif bermain di dalam daftar ini ialah LeBron James. Sejak pertama kali di draft di tahun 2003, total 3 tim sudah pernah dibela oleh LeBron.  Dan total 4 gelar juara NBA pernah diberikan kepada setiap tim yang pernah ia bela.

Selama 18 tahun kariernya, 4 gelar NBA MVP telah berhasil LeBron raih, yakni pada musim 2009 dan 2010 bersama Cleveland Cavaliers serta musim 2012 & 2013 bersama Miami Heat.

Dengan karier cemerlangnya ini, tak heran bila LeBron James dianggap sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah ada dalam sejarah NBA.  

 

Itulah 5 pebasket NBA dengan gelar NBA MVP terbanyak dalam sepanjang sejarah. Mungkin saja beberapa tahun ke depan akan ada nama baru dalam daftar ini, mengingat banyaknya pemain berbakat nan potensial yang sewaktu-waktu bisa menggeser nama-nama tersebut. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Atlet NBA dengan Gaji Tertinggi, Ada Nama LeBron James 

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya