Comscore Tracker

6 Pebasket Eropa yang Pindah dari NBA ke Tim EuroLeague pada 2022/2023

Banyak yang bereuni dengan mantan timnya

Tim EuroLeague sering menjadi tempat bagi para pemain NBA untuk melanjutkan karier. EuroLeague dinilai tak jauh berbeda dari NBA dilihat dari segi kualitas, gaji, dan popularitas. Tak heran jika EuroLeague disebut sebagai kompetisi terbaik kedua di dunia setelah NBA.

Pada musim baru 2022/2023, terdapat enam pemain basket NBA asal Eropa yang pulang kampung untuk melanjutkan karier di EuroLeague. Siapa sajakah mereka? Inilah daftar dan ulasannya.

1. Isaac Bonga

6 Pebasket Eropa yang Pindah dari NBA ke Tim EuroLeague pada 2022/2023Isaac Bonga (nba.com)

Nama yang pertama ialah Isaac Bonga, point guard asal Jerman yang terakhir kali bermain untuk Toronto Raptors. Bonga tak pernah memiliki catatan statistik yang istimewa sejak berkarier di NBA pada 2018.

Bonga kerap kali menjadi pemain pelapis, baik saat membela Los Angeles Lakers, Washington Wizards, maupun Toronto Raptors. Pada 19 Agustus 2022, Bonga secara resmi pulang ke negaranya untuk bergabung dengan Bayern Munich.

2. Nemanja Bjelica

6 Pebasket Eropa yang Pindah dari NBA ke Tim EuroLeague pada 2022/2023Nemanja Bjelica (nba.com)

Nemanja Bjelica masuk ke NBA melalui NBA Draft 2010. Namun, ia baru berkarier di NBA pada tahun 2015 setelah menyelesaikan kontraknya bersama Saski Baskonia dan Fenerbahce. 

Selama di NBA, Bjelica pernah beberapa kali berganti tim. Setelah bermain selama tujuh musim dan mendapatkan satu gelar juara NBA bersama Golden State Warriors, Bjelica kembali pulang ke Eropa.

Power forward asal Serbia ini kembali bereuni dengan Fenerbahce, tim yang membawanya meraih EuroLeague MVP 2015. Meski mendapatkan beberapa tawaran dari tim NBA, Bjelica tetap lebih memilih untuk pulang ke Eropa.

3. Tomas Satoransky

6 Pebasket Eropa yang Pindah dari NBA ke Tim EuroLeague pada 2022/2023Tomas Satoransky (nba.com)

Sama seperti Nemanja Bjelica, Tomas Satoransky juga menunda kariernya di NBA demi kontrak bersama tim EuroLeague. Point guard asal Republik Ceko ini terpilih pada NBA Draft 2012. Namun, ia baru bermain bersama Washington Wizards pada 2016.

Selain Washington Wizards, Satoransky juga pernah membela Chicago Bulls, New Orleans Pelicans, dan San Antonio Spurs di NBA. Pada 4 Juli 2022, Satoransky memilih bergabung dengan Barcelona, tim terakhirnya di EuroLeague sebelum berkarier di NBA.

Baca Juga: 9 Potret Nemanja Bjelica, Satu-satunya EuroLeague MVP yang Juara NBA

4. Georgios Kalaitzakis

6 Pebasket Eropa yang Pindah dari NBA ke Tim EuroLeague pada 2022/2023Georgios Kalaitzakis (euroleaguebasketball.net)

Georgios Kalaitzakis merupakan pemain yang terpilih pada urutan terakhir pada NBA Draft 2021. Meski secara statistik lumayan baik, Kalaitzakis terhitung jarang berlaga untuk Milwaukee Bucks maupun Oklahoma City Thunder di NBA. 

Karena alasan tersebut, small forward asal Yunani ini memutuskan untuk pulang ke negaranya pada 25 Juli 2022. Kalaitzakis kembali bergabung dengan Panathinaikos, tim terakhirnya sebelum berkarier di NBA.

5. Iffe Lundberg

6 Pebasket Eropa yang Pindah dari NBA ke Tim EuroLeague pada 2022/2023Iffe Lundberg (eurohoops.net)

Dalam sejarah, hanya ada satu pebasket berkebangsaan Denmark yang pernah berlaga di NBA. Dia adalah Iffe Lundberg, shooting guard yang hanya empat bulan membela Phoenix Suns.

Lundberg sendiri gagal terpilih pada NBA Draft 2016. Namun, ia mendapatkan two way contract dari Phoenix Suns pada 12 Maret 2022. Pada 22 Juli 2022, Iffe Lundberg memilih untuk bergabung dengan Virtus Bologna, salah satu tim Italia yang berlaga di EuroLeague.

6. Ignas Brazdeikis

6 Pebasket Eropa yang Pindah dari NBA ke Tim EuroLeague pada 2022/2023Ignas Brazdeikis (nba.com)

Ignas Brazdeikis lahir di kota Kaunas, Lithuania. Sejak kecil ia bersama keluarganya telah pindah ke Ontorio dan sempat memiliki kewarga negaraan Kanada. Oleh karena itu, ia memulai kariernya di NCAA.

Seiring waktu, Ignas pun kembali ke negara kelahirannya dan membela Lithuania di ajang internasional. Setelah tiga musim berkarier di NBA untuk New York Knicks, Philadelphia 76ers, dan Orlando Magic, Ignas pun memilih pulang ke negara asalnya.

Ia memutuskan untuk bergabung dengan Zalgiris Kaunas, satu-satunya tim Lithuania yang berlaga di ajang EuroLeague.

 

Sebagai bentuk perbandingan, kompetisi EuroLeague merupakan kompetisi bola basket terbesar di Eropa. Kelasnya menyamai UEFA Champions League di sepak bola yang mengumpulkan tim-tim terbaik Eropa dalam satu kompetisi.

Baca Juga: 5 Tim dengan Trofi EuroLeague Terbanyak, Real Madrid Mendominasi!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya