Comscore Tracker

5 Pebasket Berkebangsaan Spanyol yang Saat Ini Bermain untuk Tim NBA

Bakat besar dari Negeri Matador

Selain sepak bola, Spanyol juga dikenal sangat hebat dalam olahraga bola basket. Hingga Spanyol menjadi salah satu negara penyumbang pebasket terbanyak dari negara non-Amerika Serikat. Hal itulah yang bisa menjadi bukti kehebatan negara yang dijuluki sebagai Negeri Matador ini dalam hal olahraga bola basket.

Di musim ini saja, setidaknya ada 5 pemain berkebangsaan Spanyol yang berlaga di NBA. Penasaran siapa sajakah mereka? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Marc Gasol

5 Pebasket Berkebangsaan Spanyol yang Saat Ini Bermain untuk Tim NBAMarc Gasol (marca.com)

Marc Gasol menjadi pebasket berkebangsaan Spanyol tertua yang saat ini masih berlaga di NBA. Musim ini menjadi musim ke-13 nya berlaga di NBA, sejak pertama kali bermain untuk Memphis Grizzlies di tahun 2008.

Sebelum di-draft oleh LA Lakers pada NBA Draft tahun 2007, Marc Gasol merupakan bagian dari skuad Club Basquet Sant Josep Girona yang berada di Liga Spanyol. Dalam kurun waktu tersebut, Gasol telah berhasil mencatatkan banyak prestasi, baik prestasi individu maupun tim.

Di tahun 2019, Marc Gasol berhasil meraih gelar juara NBA pertamanya bersama Toronto Raptors dan berhasil menyamai prestasi sang kakak, Pau Gasol dalam raihan tersebut. Tidak hanya itu, di prestasi individu, Marc Gasol telah berhasil meraih gelar NBA Defensive Player of the Year di tahun 2013, 3 kali ikut serta dalam NBA All-Star Game dan menjadi bagian dari All-NBA First Team di tahun 2015.

2. Serge Ibaka

5 Pebasket Berkebangsaan Spanyol yang Saat Ini Bermain untuk Tim NBASerge Ibaka (bleacherreport.com)

Sejatinya, Serge Ibaka bukanlah pemain yang lahir di Spanyol. Serge Ibaka merupakan imigran asal Republik Demokratik Kongo yang mengungsi pada tahun 1998. Serge Ibaka pertama kali datang ke Spanyol kala ia masih berumur 9 tahun. Hingga kini, Ibaka mempunyai kewarganegaraan Spanyol dan ikut membela timnas Spanyol.

Serge Ibaka merupakan pemain yang di-draft oleh Oklahoma City Thunders pada tahun 2008. Namun, Ibaka baru pertama kali mencicipi NBA di tahun 2009, lantaran ia harus menyelesaikan kontraknya bersama tim Ricoh Mansera di Spanyol terlebih dahulu.

Soal prestasi, Ibaka tidak kalah jauh dari Marc Gasol. Ibaka juga merupakan bagian dari tim Toronto Raptors pada saat menjuarai NBA di tahun 2019. Walaupun tidak pernah masuk jajaran All-Star, tapi Ibaka telah berhasil menjadi NBA Blocks Leader di tahun 2012 dan 2013, sekaligus menjadikannya sebagai pemain aktif dengan jumlah blok terbanyak kedua di NBA.

Baca Juga: 5 Pebasket Eropa dengan Penampilan Terbanyak di NBA All-Star Game 

3. Ricky Rubio

5 Pebasket Berkebangsaan Spanyol yang Saat Ini Bermain untuk Tim NBARicky Rubio (basketusa.com)

Hingga saat ini, Ricky Rubio masih menjadi pemain dengan nomor draft tertinggi di antara seluruh pebasket Spanyol yang pernah berlaga di NBA. Ricky Rubio di-draft di urutan ke-5 oleh Minnesota Timberwolves pada gelaran NBA Draft tahun 2009.

Ricky Rubio juga merupakan pemain kelahiran tahun 90-an pertama yang di-draft di NBA. Sama seperti nama-nama sebelumnya, Ricky Rubio juga harus menyelesaikan kontraknya dengan tim Barcelona Baloncesto sebelum bermain di NBA.

Alhasil, ia baru menjalani debut di tahun 2011. Di tahun rookie-nya, Rubio berhasil menjadi bagain dari NBA All-Rookie First Team di tahun 2012. Hal itulah yang menjadi prestasi tertinggi yang berhasil diraih Rubio selama berkarier di NBA hingga saat ini.

4. Willy Hernangomez

5 Pebasket Berkebangsaan Spanyol yang Saat Ini Bermain untuk Tim NBAWilly Hernangomez (blogdebasket.com)

Jika Ricky Rubio bermain untuk Barcelona Baloncesto, maka Willy Hernangomez merupakan bagian dari tim Real Madrid Baloncesto sebelum pindah ke NBA. Willy Hernangomez di-draft oleh New York Knicks pada gelaran NBA Draft tahun 2015.

Namun, ia baru menjalani debutnya di NBA pada tahun 2016. Selama berseragam New York Knicks, pemain yang berposisi sebagai center ini berhasil tampil gemilang dan menjadi bagian dari NBA All-Rookie First Team di tahun 2017.

Namun sayang, penampilan Willy selalu menurun dari tahun ke tahun. Saat ini, Willy merupakan bagian dari tim New Orleans Pelicans. Secara statistik, permainan Willy terus meningkat bersama tim asal negara bagian Louisiana ini.

5. Juan Hernangomez

5 Pebasket Berkebangsaan Spanyol yang Saat Ini Bermain untuk Tim NBAJuan Hernangomez (blogdebasket.com)

Nama yang terakhir ialah adik dari Willy Hernangomez, yakni Juan Hernangomez. Berbeda dengan pemain lain yang harus menghabiskan kontraknya terlebih dahulu bersama tim sebelumnya, Juan justru langsung bisa menjalani debutnya di tahun yang sama dengan tahun draftnya.

Juan Hernangomez di-draft oleh Denver Nuggets di urutan ke-15 pada gelaran NBA Draft 2016. Namun sayang, Juan masih belum berhasil menorehkan satu pun prestasi selama Ia berkarier di NBA. Menarik untuk ditunggu, apakah Minnesota Timberwolves yang menjadi timnya kini dapat meningkatkan performa dan prestasinya di NBA.

 

Itulah 5 pebasket berkebangsaan Spanyol yang saat ini berlaga dan membela tim-tim di NBA. Hingga saat ini, Pau Gasol dan Jose Calderon masih disebut sebagai pemain berkebangsaan Spanyol terbaik yang pernah berlaga di NBA. Menurutmu, akankah nama-nama di atas akan dikenang seperti Pau dan Calderon di masa yang akan datang?

Baca Juga: 5 Pebasket Non-Amerika Serikat yang Pernah Raih Penghargaan NBA MVP

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya